wisata

√ 5 Gunung di Riau dan Kepulauan Riau yang Paling Indah

Riau tidak hanya memiliki keindahan alamnya yang menarik dan menakjubkan untuk dijelajahi. Namun bagi kamu yang menyukai wisata pendakian gunung dan penjelajahan maka patut untuk mencoba kunjungi beberapa rekomendasi gunung dan bukit seperti di bawah ini.

Berikut ini rekomendasi dari 5 Gunung di Riau dan Kepulauan Riau yang Paling Indah yang bisa kamu coba sambangi.

1. Bukit Permata

Bukit Permata

Tepatnya berada di desa kecil Panggak Darat, Kecamatan Lingga. Berdiri sebuah Gunung yang diberi nama dengan Gunung Sepincan. Namun, nama tersebut kurang begitu dikenal, karena warga dan masyarakat setempat lebih sering menyebutnya dengan nama Bukit Permata.

Memiliki ketinggian 1001 mdl merupakan gunung tertinggi kedua di Provinsi Kepri, rute untuk sampai ke puncak Bukit Permata cukup memacu adrenalin. Dengan keindahan hutan hujan dan hamparan tanaman bongsai Mentigi, menjamu pecinta petualangan untuk menikmati Hutan Lumut di sepanjang perjalanan menuju puncak.

Mulai dari ketinggian 700 Mdpl, suguhan Hutan Lumut yang menempel pada dahan dan batang kayu cukup memukau. Bulir embun dan sesekali di bias oleh cahaya matahari.

Pada musim tertentu, Hutan Lumut akan berubah warna tergantung dari curah hujan yang turun. Di akhir tahun, menjadi waktu cukup baik menikmati pemandangan menakjubkan ini.

Sebelum sampai ke puncak Bukit Permata yang memiliki hamparan luas, masih banyak lagi sajian yang ada dijalur pendakian. Ada Goa Kelelawar (Goa Saleh), Goa Batu Balai, Goa Sempit, Goa Meran, Air Terjun Ayu, Batu Belah, serta Batu Takok Kime.

Di puncaknya terdapat aliran sungai yang tidak pernah kering saat musim panas, yang diberi nama Danau Kembang Manaun.

Keindahan yang ditemukan di puncak tersebut, menjadi gambaran bahwa keindahan alam Lingga sangat kaya. Dari Desa Panggak Darat, menuju sampai ke puncak Bukit Permata memakan waktu sekitar 7-8 jam.

Baca juga : Gunung di Sumatera

2. Gunung Daik

Gunung Daik

Siapa yang tidak mengenal Gunung Daik yang berada di Kecamatan Lingga. Memiliki tiga cabang yang unik, menjadikan gunung ini terkenal sampai ke negeri jiran Malaysia.

Gunung yang dapat dikunjungi sebagai objek wisata alam selain pantai dan air terjun. Tempat wisata satu ini memiliki pesona yang tidak kalah indah dengan tempat-tempat wisata lainnya.

Masyarakat mengenal Gunung Daik sebagai objek wisata pendakian yang memiliki daya tarik tersendiri. Gunung yang merupakan gunung tertinggi yang terdapat di Kepulauan Riau dengan ketinggian 1165 Mdpl.

Meski jalurnya terkenal terjal dan berliku, namun hal ini akan terbayarkan dengan keindahan alam di sekitar gunung yang sangat hijau dan asri.

Sepanjang jalur pendakian, para pendaki akan disuguhkan dengan suasana hutan yang masih alami. Di kaki gunung, terdapat sungai-sungai yang memiliki air sangat jernih. Air dari sungai ini pula menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat Lingga.

Untuk menuju ke pangkal cabang Gunung Daik, pendaki harus menghabiskan waktu sekitar 8-9 jam. Sesampainya di pangkal cabang gunung, pendaki akan disuguhkan dengan pesona keindahan Kota Daik dan sekitarnya. Jika bermalam di gunung ini, maka pendaki juga dapat menyaksikan indahnya sunrise di pagi hari.

Selain memiliki keindahan yang mempesona, Gunung Daik juga memiliki legenda yang cukup dipercaya oleh masyarakat setempat. Zaman dahulu konon, gunung ini dihuni oleh makhluk halus yang disebut dengan orang bunian.

Orang bunian sangat akrab dengan manusia, bahkan tidak jarang manusia yang meminjam alat perkakas atau bahkan perabot bunian saat manusia memiliki acara hajatan.

Namun suatu ketika, terdapat seseorang yang tidak mengembalikan perabot yang telah dipinjamnya dari orang bunian tersebut sehingga membuat bunian murka. Hal ini telah menjadi mitos gunung Daik yang dipercaya oleh masyarakat sekitarnya.

Baca juga : Wisata di Kota Langsa

3. Puncak Aliantan

Puncak Aliantan

Hutan lindung Bukit Suligi yang berada di Desa Aliantan, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Provinsi Riau menetapkan sebagai kawasan destinasi wisata baru dan dirancang bagi pengunjung minat khusus. Mereka yang siap melintasi jalan menanjak, menerabas semak belukar, dan perkebunan karet.

Pada pertengahan bukit terdapat area yang cukup datar, yaitu tempat yang bisa dipakai berkemah.

Pendaki bisa melanjutkan perjalanan menjelang matahari terbit. Kali ini perjalanan cukup menantang, karena pengunjung dapat menempuh medan dengan kemiringan 85 derajat. Memang tantangan terberat untuk mencapai puncak karena dibutuhkan ekstra tenaga dan perjalanan yang terjal.

Namun, begitu sampai di puncak tertinggi, akan terlihat panorama menakjubkan dan menarik. Keindahan awan bagai kipas halus yang tersuguhkan sejauh mata memandang. Menikmati pemandangan, rasa kelelahan akibat perjalanan terbayar sudah.

Wisata alam puncak Aliantan mulai diperkenalkan sejak tahun 2016.  Pemuda setempat bersama aparatur desa mengeksplorasi kawasan perbukitan tersebut.  Mereka berupaya menggarap potensi wisata, dan membentuk komunitas sadar wisata seperti

The Care Taker.

Baca juga : Wisata di Kota Lhokseumawe

4. Gunung Ranai

Gunung Ranai

Ketinggian Gunung Ranai mencapai 1.035 meter di atas permukaan laut. Meski termasuk kategori gunung dataran rendah, sejak awal pendakian kita akan disajikan fenomena gradasi berbagai jenis tanaman dari hutan dataran rendah sampai hutan dataran.

Ketinggian pendaki gunung akan bertemu tanaman yang biasanya tumbuh di pegunungan di atas 2.000 meter dpl. Di Gunung Ranai, tumbuh berbagai jenis tanaman seperti meranti (dipterocarpaceae), rasamala (altingia excelsa), keruing (dipterocarpus spp) dan turi (quercus spp). Ada juga pohon durian, biasanya berbuah bulan Juli atau Agustus. Membutuhkan kurang dari 50 menit berjalan kaki. Jalan setapak yang terbentuk dari undakan akar pohon dan bebatuan, menjadi bumbu perjalanan lintas alam yang harus dilewati oleh pendaki.

Baca juga : Wisata di Kota Sigli

5. Gunung Sepincan

Gunung Sepincan

Gunung yang merupakan satu dari dua gunung yang telah dikenal masyarakat Kepulauan Riau (Kepri). Gunung Sepincan berlokasi di Desa Panggak Darat, Daik, Lingga.

Walaupun tidak terkenal dari gunung Daik yang sejarahnya telah melekat dengan masyarakat Melayu Kepri, Gunung Sepincan tetap memiliki warna tersendiri yang menjadikannya istimewa.

Gunung dengan ketinggian 1001 meter di atas permukaan laut ini mewajibkan setiap pendaki yang ingin merasakan jalur pendakian Sepincan menggunakan jasa pemandu pendakian. Kamu bisa menyewa pemandu wisata yang disediakan yang berada di sekitar gunung.

Baca juga : Wisata di Kota Sidikalang

Semoga dari rekomendasi gunung di atas menjadi pilihan saat kamu melakukan pendakian. Sekian 5 Gunung di Riau dan Kepulauan Riau yang Paling Indah.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close