wisata

√ 8 Gunung di Sumatera yang Menjadi Surga Bagi Pendaki

Kamu yang menyukai kegiatan hiking atau mendaki gunung tentu ingin sekali mencoba beberapa gunung yang ada di Sumatra, khususnya di Sumatra Utara. Banyaknya pendaki yang memilih berwisata alam saat liburan menjadikan beberapa gunung sebagai destinasi pilihan terbaik dan menantang.

Di Sumatera Utara ada beberapa gunung yang hits bagi kalangan pendaki di Sumut. Berikut ini rekomendasi dari 8 Gunung Yang Bisa Didaki Di Sumatera Utara.

1. Gunung Sipiso-Piso

Gunung Sipiso-Piso

Gunung Sipiso-Piso atau lebih dikenal dengan nama Bukit Gundul di kalangan komunitas pencinta alam Sumatera Utara yaitu sebuah gunung cantik dengan ketinggian mencapai 1.900 meter di atas permukaan laut yang berada di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Gunung yang mempunyai keunikan sendiri dibandingkan gunung lainnya. Pepohonan yang hanya tumbuh di bagian puncaknya saja. Untuk mencapai puncak gunung ini tidak membutuhkan tenaga yang banyak, karena bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor. Tempat yang selalu penuh saat hari libur. Pendaki yang ingin melihat keindahan Danau Toba dan perbukitan sekitar Samosir bisa memilih gunung ini sebagai destinasi penghilang penat.

Baca juga : Wisata di Dumai

2. Gunung Sibuatan

Gunung Sibuatan

Gunung Sibuatan sering disebut dengan Deleng Sibuatan. Gunung yang merupakan gunung tertinggi di Sumatera Utara, dengan ketinggian mencapai 2.457 meter di atas permukaan laut. Terletak di Desa Nagalingga, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, menjadikan gunung ini sebagai pilihan bagi pendaki yang memiliki adrenalin tinggi.

Untuk mencapai ke atas puncak gunung dibutuhkan waktu sampai 8 jam. Pendaki yang datang harus memiliki stamina yang berlapis, ditambah dengan trek lumpur membuat pengunjungnya dipaksa mengeluarkan tenaga lebih.

Gunung yang dikenal dengan hutan lumutnya dan suasana dingin. Memiliki curah hujan yang tinggi, membuat pendaki harus bermandikan lumpur saat bajinr tiba. Pemandangan yang disajikan gunung Sibuatan juga tak kalah menarik, Gunung Sinabung, Gunung Sibayak, dan bukit lainnya sangat terlihat jelas dari atas Deleng Sibuatan ini. Tanaman kantung semar juga menjadi penghuni tetap gunung ini.

Baca juga : Wisata di Tembilahan

3. Gunung Pusuk Buhit

Gunung Pusuk Buhit

Gunung Pusuk Buhit merupakan gunung tinggi sisa dari letusan gunung api Toba Purba yang maha dahsyat. Letusan gunung yang tercatat paling besar sepanjang sejarah dunia. Gunung Pusuk Buhit memiliki ketinggian 1.972 meter di atas permukaan laut dan mencakup beberapa desa di Kecamatan Sianjur Mula-mula dan Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

Gunung juga dikenal keramat, dan bagi suku Batak mempercayai jika dari gunung inilah Raja Batak atau nenek moyang suku Batak berasal. Gunung yang memanjakan mata para pendaki dengan hamparan luas Danau Toba terlihat jelas dari atas puncak gunung. Aroma mistis sangat tercium kental di gunung ini dengan masih adanya tempat persaktian dari Si Raja Batak disana.

Baca juga : Wisata di Kota Binjai

4. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak yang berlokasi di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Ketinggian Gunung yang kerap menjadi objek pendakian mencapai 2.094 meter di atas permukaan laut.

Gunung Sibayak merupakan gunung berapi aktif yang memiliki uap panas. Selain itu, terdapat semburan uap belerang yang terdapat pada salah satu dinding tebing di gunung Sibayak. Jaraknya yang tidak jauh dari Gunung Sinabung membuat para pendaki kerap disuguhkan dengan pemandangan yang takjub yaitu bisa melihat jelas erupsi gunung Sinabung.

Gunung Sibayak merupakan gunung berapi aktif dan meletus terakhir tahun 1881.

Berada sekitar 50 kilometer dari barat daya Kota Medan, tidak gunung ini banyak dijadikan pilihan untuk mengisi waktu libur, ditambah akses pendakiannya yang mudah.

Setiap 17 Agustus di Gunung Sibayak diadakan upacara rutin di puncak gunung, serta lomba panjat pinang bagi seluruh pencinta alam dari berbagai wilayah bisa mengikuti acara tersebut.

Baca juga : Wisata di Balige

5. Gunung Sorik Marapi

Gunung Sorik Marapi

Gunung Sorik Marapi yang berada di kawasan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Sorik Marapi layak menjadi destinasi pecinta wisata menantang atau pendaki bagi pecintanya.

Dengan ketinggian 2.145, gunung ini menawarkan pemandangan kawah biru nan memukau serta alam dan pemukiman di kaki gunung yang bisa dinikmati pendaki.

Disepanjang perjalanan, akan terlihat semak belukar adalah hal yang pasti ditemukan oleh pendaki. Belum lagi, kondisi medannya yang terbilang cukup ekstrem, maka hanya beberapa pendaki yang tertarik untuk menaklukkannya.

Baca juga : Wisata di Simalungun

6. Gunung Sibual-buali

Gunung Sibual-buali

Gunung Sibual-buali yang berlokasi di Sipirok, Tapanuli Selatan yang memiliki ketinggian sekitar 1861 mdpl.

Untuk mencapai lokasi gunung ini, kamu harus melakukan perjalanan sekitar 20 jam dari Medan menuju Sipirok, dilanjutkan perjalanan 2 jam menuju Sibual-buali. Gunung yang patut untuk kamu coba karena cukup menantang.

7. Gunung Lubukraya

Gunung Lubukraya

Adalah gunung berkategori andesit stratovolcano di Pulau Sumatra, Indonesia. Gunung ini secara administratif terletak di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara. Gunung Lubukraya. Dan menjadi gunung api yang sudah tidak aktif yang tidak diketahui kapan letusan terakhirnya. Tidak ada aktivitas vulkanik di permukaan gunung ini namun jejak letusannya tampak berupa bekas dinding kawah yang sobek memanjang ke arah barat daya. Pendakian Gunung Lubukraya umumnya dimulai dari Desa Lembah Lubuk Raya, Kecamatan Angkola Barat. Kamu yang memiliki jiwa petualang bisa mencoba pendakian di gunung ini.

8. Gunung Pangulubao

Gunung Pangulubao

Yaitu sebuah Gunung yang terletak di Indonesia, Provinsi Sumatera Utara yang memiliki ketinggian 2151 meter, atau setara dengan 7057 kaki.  Dataran tinggi yang berbentuk Gunung yang bernama Gunung Pangulubao ini berada di wilayah Asia.  Apabila kamu memiliki uang serta keberanian yang cukup maka bisa mengunjungi Gunung Pangulubao di Indonesia, Provinsi Sumatera Utara, Asia untuk melakukan pendakian maupun sekedar menikmati pemandangan alamnya yang indah (selama diijinkan oleh pemerintah setempat).  Gunung Pangulubao merupakan ciptaan Tuhan yang sempurna, berdiri kokoh dan indah yang harus disyukuri dan dipelihara agar tetap lestari.

Demikian rekomendasi dari 8 Gunung Yang Bisa Didaki Di Sumatera Utara, semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close