Teknologi

Usung Kamera Pop-Up, Honor 9X dan 9X Pro Resmi Dirilis

Sukses bersaing di pasar middle-end lewat Honor 8X dan Honor 8X Max yang diluncurkan tahun 2018, Honor yang merupakan anak perusahaan dari Huawei ini ingin melanjutkan penetrasinya di pasar ponsel kelas menengah dengan merilis dua produk sekaligus, yaitu Honor 9X dan 9X Pro.

Kedua produk tersebut resmi diluncurkan di China pada 27 Juli 2019 yang lalu, sehingga tinggal menunggu waktu untuk dapat dinikmati oleh konsumen yang ada di Indonesia. Honor 9X dibuat dengan 3 versi, yaitu versi RAM/ROM 4GB/64GB seharga 1,399 Yuan/Rp.2,8 juta,  RAM/ROM 6GB/64GB seharga 1,599 Yuan/Rp.3,2 juta dan RAM/ROM 6GB/128GB seharga 1,899 Yuan/Rp.3,8 juta.

Sedangkan untuk Honor 9X Pro yang dijual dengan harga lebih mahal hanya terdiri dari dua versi, yaitu versi RAM/ROM 6GB/128GB seharga 2,199 Yuan/Rp.4,4 juta dan RAM/ROM 8GB/256GB seharga 2,399 Yuan/Rp.4,8 juta.

Baca juga : Galaxy M30

Selain kapasitas RAM dan internal storage yang berbeda, terdapat pula perbedaan pada konfigurasi kamera serta sedikit perbedaan pada desain bodi bagian belakang yang berupa gradien warna berbentuk huruf X.

Usung Kamera Pop-Up, Honor 9X dan 9X Pro Resmi Dirilis

Usung Kamera Pop-Up, Honor 9X dan 9X Pro Resmi Dirilis
Usung Kamera Pop-Up, Honor 9X dan 9X Pro Resmi Dirilis

Pada Honor 9X bentuk huruf X terlihat lebih besar dengan garis-garis yang rapat sementara gradasi warna pada 9X Pro membentuk huruf X yang lebih kecil dengan tingkat kerapatan gradasinya hampir mirip dengan Honor 20 View.

Baca juga : Dell G7

Diluar ketiga unsur tersebut, Honor 9X dan 9X Pro praktis memiliki tampilan sekaligus spesifikasi yang sama. Berikut detail dari spesifikasi yang diusung oleh kedua ponsel tersebut.

Spesifikasi Honor 9X dan 9X Pro

Spesifikasi Honor 9X dan 9X Pro
Spesifikasi Honor 9X dan 9X Pro

Sebagaimana disebutkan di atas, terdapat perbedaan pada spesifikasi Honor 9X dan 9X Pro yaitu pada konfigurasi kamera utama yang melekat pada punggung ponsel. Pada Honor 9X Pro terpasang 3 buah kamera dengan kapasitas yang istimewa karena resolusi kamera intinya sebesar 48 megapiksel dengan aperture f/1.8, kamera kedua bertipe ultrawide dengan resolusi 8 megapiksel sedang kamera ketiga bertipe depth sensing dengan resolusi 2 megapiksel untuk memberikan efek bokeh.

Meski memiliki konfigurasi yang berbeda, namun kamera yang diusung Honor 9X dan 9X Pro menggunakan desain yang sama yaitu desain pop-up. Artinya, smartphone ini sengaja tidak dipasangi lubang kamera maupun ‘notch’ atau semacam poni pada bagian atas layar yang menjadi rumah bagi kamera depan, karena lokasi kamera depan tersembunyi di balik kamera utama.

Baca juga : Acer Nitro 7

Pada saat difungsikan dengan mengklik tombol yang ada di layar, kamera depan tersebut akan terdorong ke atas dan siap digunakan untuk selfie, wefie maupun video call. Kualitas kamera depan yang dimiliki kedua ponsel ini tidak perlu diragukan karena memiliki resolusi 16 megapiksel dengan bukaan f/2.2.

9X dan 9X pro
9X dan 9X pro

Desain pop-up yang digunakan untuk kamera depan tersebut, menjadikan layar ponsel yang memiliki diagonal 6.59 inch dengan aspek rasio 19,5:9 ini terlihat lebih lapang dan bersih dari lubang maupun notch. Layar itu sendiri menyuguhkan gambar yang jernih dan detail karena karena menggunakan teknologi Low Temperature PolySilicon In-Plane Switching atau LTPS IPS dengan resolusi 1080 x 2340 piksel yang memiliki tingkat kerapatan ~391 ppi density. Layar tersebut telah mengantongi sertifikat TUV Rheinland yang menjadi bukti legal terhadap perlindungan pengguna terhadap emisi cahaya biru.

Baca juga : Samsung galaxy a80

Pada sektor dapur pacu, Honor 9X dan 9X Pro menggunakan chipset buatan Huawei terbaru yaitu Kirin 810 fabrikasi 7nm dengan prossesor Octa-core (2 x 2.27 GHz Cortex-A76 dan 6 x 1.88 GHz Cortex-A56). Pada sektor grafis tertanam GPU Mali G-52 yang sangat responsif saat digunakan bermain game serta mendukung tampilan gambar yang jernih dan detail.

Honor 9X dan 9X Pr0
Honor 9X dan 9X Pr0

Pada sektor penyedia daya, ponsel ini bisa dibilang kalah dari para kompetitornya seperti Samsung Galaxy M30 maupun vivo S1 karena baterai non-removable dari jenis Li-Po yang digunakan hanya berkapasitas 4.000 mAh. Sementara fitur fast chaging yang menyertai berupa battery charging 10W yang kalah cepat dibandingkan galaxy M30.Honor 9X dan 9X Pro menawarkan tiga pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera, yaitu Charm Red, Charm Sea Blue dan Magic Night Black. Ketiganya menyuguhkan tampilan yang menawan, elegan dan cocok untuk dibawa di berbagai aktifitas.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close