bisnis

Mengenal Investasi Emas Digital | Solusi Untuk Milenial

Seiring dengan perkembangan teknologi investasi emas tidak perlu lagi ke bank untuk menyimpan emas. Sudah ada tabungan emas digital yang bisa dilakukan hanya melalui ponselmu. Buat kamu yang berminat melakukan investasi pada program menabung emas dgital hanya tinggal mendownload terlebih dahulu aplikasi tertentu. Tujuan dari berinvestasi tentunya untuk mendapatkan keuntungan. Dulu untuk berinvestasi emas seseorang harus menyediakan dana sekitar 3,5 juta = 5gram emas batang. Sehingga modal awal investasi emas cukup besar.

Bagaimana Investasi Emas Digital Bekerja

Bagaimana Investasi Emas Digital Bekerja

Sekarang Masyarakat dapat membeli emas secara bertahap dan menyimpannya ke dalam progam tabungan emas digital. Sama halnya seperti kepemilikan emas konvensional. Masyarakat dapat mencairkan saldo emas yang dimiliki secara online. Dengan adanya tabungan emas digital, berinvestasi emas menjadi lebih aman.

Pasalnya saat berinvestasi emas dengan cara lama, harus dihadapkan dengan bahaya pencurian. Karenanya masih ada biaya safety box guna menyimpan emas. Di Indonesia ada banyak perusahaan yang menawarkan progam nabung emas digital. Diantaranya Pegadaian, Unit Bisnis Antam, BNI, Mandiri, Tokopedia, Tamasia dan masih banyak lagi.

Baca juga : Panduan Investasi Saham Bagi Pemula

Aplikasi Tabungan Emas Digital yang Mudah Digunakan

PT.Pegadaian, Persero

PT.Pegadaian, Persero

Menjadi pelopor program tabungan emas yang dibuka untuk masyarakat umum. Kamu bisa mengajukan pendaftaran di kantor pegadaian terdekat. Kemudian pada tahap awal pendaftaran akan diminta biaya administrasi sebesar 100.000 (30.000- biaya fasilitas titipan/1tahun) dan (70.000 sebagai saldo awal). Barang tentu kamu akan mengisi formulir pendaftaran yang berisi data pribadi calon nasabah.Setelahnya kamu bisa memilih jenis emas yang ingin kamu beli secara mencicil. Misalkan kamu ingin membeli emas sebesar 100 gram. Maka kamu bisa membeli emas tersebut dengan mencicil dalam periode maksimal 12 bulan.

Cara pembayarannya mirip nabung saham. Kamu harus menambah saldo di akun tabungan emas secara berkala minimal setiap bulan dengan nilai nominal minimal 50.000. Untuk top up saldo, bisa dilakukan melalui internet banking, transfer melalui ATM, atau langsung membayar di kantor cabang terdekat. Emas yang nantinya diterima oleh nasabah adalah emas batangan bersetifikasi. Sejauh ini baru di pegadaian yang emas digitalnya dapat diambil dalam bentuk fisik.

Setelah lunas kamu bisa menjual kembali emas digital yang kamu sudah beli. Kamu bisa melihat range harga emas setiap harinya dari aplikasi pegadaian. Jika menginginkan emas dalam bentuk fisik. Cukup datang ke kantor pegadaian terdekat dan menukarkan saldo emas digital milikmu. Minimal saldo emas yang kamu miliki adalah 1 gram. Berarti setidaknya sudah ada 700.000, maka sudah bisa dicairkan. Walau demikian rasanya sulit menukar emas kebentuk fisik dalam besaran 1gr. Karena kepingan emas dengan berat kecil mulai langka. Kebanyakan emas antam terkecil diproduksi dengan berat 5 gam.

Disini konsepnya memang sama dengan investasi saham. Mengapa saya mengatakan demikian? Karena sebagai bentuk investasi tentu menginginkan profit sebagai hasil investasi, tabungan emas digital adalah bentuk investasi.  Saat menjual kembali emas yang kamu punya maka nominal limit saldo yang harus tertinggal 0.1 gram. Selain itu harus memperhatikan harga jual-beli, sama seperti memperhatikan nilai saham. Pegadaian setiap harinya selalu memperbaharui informasi tentang harga jual-beli emas.

Baca juga : Investasi Rekasadana

Tokopedia

Tokopedia

Tokopedia memang e-commerce yang sudah wara-wiri di perdagangan online. Sudah sejak beberapa tahun terakhir Tokopedia memiliki ftur membeli investasi. Salah satunya Tokopedia menawarkan investasi emas digital. Dimana kamu dapat membeli dengan harga emas yang lebih murah.  Cara menabung emas di Tokopedia, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memiliki akun Tokopedia. Metode pembayaran di tokopedia ada beberapa macam, diantaranya: Transfer virtual account, Transfer Bank, Instant Payment, Debit, melalui gerai retail yang bekerjasama dengan Tokopedia. Setelah pembayaran terverifikasi by system, maka jumlah emas yang kamu beli akan otomatis terupdate. Pada halaman aplikasi pegadaian akan tertera berapa harga jual-beli emas hari itu. Misalkan harga jual emas 700.000/gr dan dana yang ingin kamu investasikan emas sebesar 100.000 , maka emas digital yang kamu miliki adalah 0.1428 gr.  Untuk pencairan dana kebentuk fisik emas, Tokopedia masih dalam tahap pengembangan. Tokopedia berkerja sama dengan Pegadaian. Setiap gram emas yang sudah dibeli akan dititipkan di Pegadaian. Karenanya membuka rekening tabungan emas harus dilakukan di pegadaian. Tokopedia minimum pembelian emas hanyalah Rp 500,- 

Baca juga : Investasi Emas

Tamasia

Tamasia

Aplikasi Tamasia berada di bawah pengawasan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. Cara kerjanya juga sama, pertama download dahulu aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Semua tahap pendaftaran, registrasi, isi form data diri langsung dilakukan di aplikasi.  Setelahnya kamu bisa membeli emas.

Tamasia memiliki dua produk untuk pembelian emas. Pertama kamu dapat membeli emas dengan cara menabung (seperti konsep pada umumnya). Kepingan emas yang ditawarkan oleh Tamasia bisa mencapai 1kg. Kedua kamu dapat membeli emas secara berkala, dalam artian kami mencicil emas. Berinvestasi di Tamasia berbeda karena Tamasia menawarkan investasi syariah. Bahkan ada financial goals yang bisa direncanakan sebagai tabungan umroh.Pengguna Tamasia bisa mentransfer saldo emas miliknya ke pengguna lainnya.

Baca juga : Investasi Bitcoin

Tabungan Emas Digital Solusi Untuk Milenial

Tabungan Emas Digital Solusi Untuk Milenial

Konsep tabungan emas digital menurut saya sangat cocok bagi milenial. Karena modal awal untuk investasi emas tidaklah besar, disamping itu investasi pun dilakukan dengan cara menabung atau mencicil. Emas yang nilainya cenderung stabil bahkan naik merupakan bentuk investasi yang minim resiko. Sebab emas tahan terhadap arus inflasi dan deflasi. Data investasi global dan lokal pada 2017 hingga 2019 diramaikan oleh generasi milenial yang merupakan investor pemula.

Banyak dari milenial Indonesia menaruh minat yang besar terhadap optimisme investasi tabungan emas. Milenial jangan sampai tertipu dengan tindak kejahatan yang mengatas namakan Tabungan Emas Digital. Be a smart investor! Pilih perusahaan emas digital yang terpercaya. Ada banyak fintech pinjaman online yang mengatas namakan tabungan emas digital. Pinjaman online bukanlah sistem dari tabungan emas digital. Tabungan emas digital yang dicetuskan pegadaian mendapatkan pengawasan dari OJK.

Tabungan Emas Digital Solusi Untuk Milenial

Mudahnya pembelian emas secara digital juga memicu pertumbuhan investor pemula dari milenial. Mostly, milenial memilih investasi berjangka panjang yang sistem investasinya mudah seperti tabungan emas digital dan menabung saham. Keputusan berinvestasi jangka panjang karena rentang usia generasi milenial adalah 18-35 tahun. Milenial yang dihadapkan tantangan mengenai sulitnya membeli properti, tentu melihat point positif dari investasi emas. Karena kecenderungan berpindah kerja dan tidak ingin bekerja terlalu lama, membuat para milenial mempersiapkan sendiri tabungan dana pensiun mereka.

Dalam berinvestasi tidak peduli apa background pendidikan seseorang. Belajar dan berani mengambil resiko adalah kunci penting dalam berinvestasi. Mengambil resiko maksud saya adalah be brave but should be smart. Jadi kamu tidak terjun tanpa mengetahui dimana kamu akan lompat.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close