bisnis

Panduan Investasi Saham Bagi Pemula | Strategi Investasi

Investor pemula yang sedang belajar berinvestasi saham pastikan untuk mau terus belajar dan mencari segala informasi tentang saham. Kamu bisa mengikuti workshop tentang saham. Bisa juga belajar di BEI (Bursa Efek Indonesia) disana mereka menyediakan sekolah pasar modal atau klik alamat website ini www.sekolahpasarmodal.idx.co.id.

Pengetahuan akan saham setidaknya harus dimiliki oleh para calon investor. Tidak lain supaya investor tidak salah dalam berinvestasi. Kemampuan menganalisa memang membutuhkan proses, namun setidaknya sebelum memulai pastikan bahwa kamu paham teknik berinvestasi itu seperti apa.

Panduan Investasi Saham Bagi Pemula | Strategi Investasi

Memulai investasi saham dengan memastikan bahwa perusahaan tempat kamu akan berinvestasi “sehat”. Sangat disarankan untuk kamu menganalisa track record perusahaan minimal lima tahun terakhir. Pilih perusahaan yang sudah perform dan mempunyai profit. Ketahui juga apa long term planning dari perusahaan tersebut. Pastikan kembali dengan siapa kamu berinvestasi, hal tersebut akan membantu kamu mengambil langkah kapan harus “masuk” dan “keluar”.

Bagi investor pemula yang memiliki dana terbatas sangat penting mengatur dan mengelola portofolio saham. Selalu up date perkembangan pasar setiap harinya. Sehingga sebagai investor kamu terbiasa mengetahui seperti apa fluktuasi pasar. Tentunya sebagai investor, kamu ingin membeli saham yang selalu memiliki potensi naik.

Baca juga : Investasi Bitcoin

Saham Buat Kamu yang Sibuk

Saham Buat Kamu yang Sibuk

Buat kamu yang ingin berinvestasi saham tetapi punya mobilitas yang tinggi. Investasi saham baik itu dalam jangka pendek, menengah atau panjang, jika memiliki fundamental yang bagus tentunya memberi keuntungan. Mungkin, Yuk Nabung Saham cocok buat jadi pilihanmu. Teknik investasi saham yang digunakan pada program ini adalah DCA (Dollar Cost Averaging). DCA adalah teknik membeli saham bertahap dengan nominal yang sama.

Apa itu Yuk Nabung Saham?

Apa itu Yuk Nabung Saham?

Investasi di Yuk Nabung Saham merupakan pembelian saham secara reguler. Reguler disini kamu rutin membeli saham di tanggal yang sama setiap bulannya dengan nominal yang sama. Investasi menabung saham kamu lakukan secara rutin dari tahun ke tahun. Di Yuk Nabung Saham, kamu bisa memulai berinvestasi hanya dengan Rp 100.000 .

Lantas apa perbedaan menabung saham dengan tabungan biasa?  Pada tabungan biasa kamu hanya akan menyimpan uang, tidak ada perubahan signifikan. Tetapi dengan menabung saham maka kamu menginvestasikan uangmu. Tabungan saham tentunya akan memberi profit yang bagus jika dibanding dengan tabungan biasa. Yuk Nabung Saham cocok bagi investor pemula yang ingin berinvestasi untuk jangka menengah dan panjang. Berbagai produk dari perusahaan dengan fundamental dan stock bagus bisa kamu beli di Yuk Nabung Saham.

Untuk pembukaan rekeningnya pun terbilang mudah. Kamu bisa membuka rekening efek di perusahaan sekuritas yang terdapat di kotamu. Berikut nama-nama perusahaan sekuritas yang bisa jadi rekomendasimu. Bahana, BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, PT. CGS CIMB Sekuritas Indonesia, Danareksa Sekuritas, Dhanawibawa, Erdikha Sekuritas, FAC Sekuritas Indonesia, HP Financials, Indopremier, PT. Indosurya Bersinar Sekuritas, Inti Teladan Sekuritas, Jasa Utama Capital, KIWOM Sekuritas Indonesia, Kresna Securities, Mandiri Sekuritas, Maybank, MegaCapital Sekuritas, Minna Padi Investama Sekuritas, Mirae Asset, MNC Securities, PT. NH Korindo Sekuritas, NISP Sekuritas, OCBC Sekuritas, OSO Securities, PT. Pasific 2000 Sekuritas, Panin Sekuritas, Paramitra, Phillip Sekuritas Indonesia, Phintraco Sekuritas, Profindo International Securities, Reliance Sekuritas Indonesia, RHB Sekuritas Indonesia, Samuel Sekuritas Indonesia, Sinarmas Sekuritas, Sucor Sekuritas, Trimegah Securities, Universal Broker Sekuritas Indonesia, UOB Kayhian Sekuritas, Valbury Sekuritas Indonesia, Victoria Sekuritas Indonesia, Wanteg Sekuritas, Yuanta Securities Indonesia.

Saya pribadi lebih memilih membuka rekening efek di perusahaan sekuritas bukan bank. Tentukan nominal dana yang ingin kamu investasikan di rekening efek. Kemudian tentukan setiap tanggal berapa kamu akan menabung saham. Kamu bisa menyetorkan dana rutin dengan cara transfer atau autodebit langsung dari rekening pribadi.

Pada program nabung saham boleh diikuti oleh siapapun yang sudah memiliki KTP. Jadi apabila kamu seorang pelajar, mahasiswa atau bahkan seorang ibu rumah tangga, silahkan berinvestasi dengan nabung saham. Jangka waktu supaya rekening efek mulai efektif sekitar 1 minggu, tergantung ketentuan perusahaan sekuritas. Kabar baiknya kamu bisa membeli saham-saham Syariah yang masuk bursa efek Syariah.

Baca juga : Investasi Reksadana

Pertimbangan Menabung Saham

Pertimbangan Menabung Saham

Perlu diingat menabung saham dalam program ini bukan untuk investasi jangka pendek. Karenanya jangka waktu ideal untuk investasi ini minimal 10 tahun. Baru setelahnya kamu bisa merasakan keuntungan dari capital gain. Jika ingin merasakan keuntungan dari program ini, pastikan kamu menganalisa terlebih dahulu mana perusahaan yang memiliki fundamental bagus serta nilai saham yang tergolong stabil atau malah naik.

Jika masih bingung memutuskan coba pilih perusahaan yang memiliki track record bersih. Perusahaan yang merupakan leader dibidangnya. Perusahaan yang terus berinovasi dan diminati oleh masyarakat luas. Kamu bisa googling dan memasukkan nama perusahaan kemudian periksa record pertumbuhan sahamnya. Berinvestasilah pada perusahaan yang dividennya lebih unggul dari competitornya per lima tahun. Perhatikan juga nilai Return of Equity perusahaan, jika laporan dalam 5 tahun terakhir bagus, maka kamu bisa berinvestasi.

Nama-nama Perusahaan yang memiliki track record bagus diantaranya: Astra Internasional Tbk (ASII), Garuda Indonesia juga termasuk perusahaan yang lumayan bagus, Ultra Jaya Milk, Telkom,Unilever Indonesia,Charoen Pokphand Indonesia Tbk PT (CPIN), HM Sampoerna,

Keuntungan Menabung Saham

Keuntungan Menabung Saham

Kamu hanya memerlukan satu kali analisis di awal sebelum memutuskan berinvestasi. Tahap ini harus hati-hati, jangan sampai dapat zonk. Setelahnya melalui program nabung saham kamu membeli saham secara rutin dan bertahap. Menariknya kamu tidak perlu terus manteng di depan komputer untuk memeriksa pergerakan saham. Keuntungan yang kamu peroleh dari menabung saham bisa 10x dari nominal yang kamu investasikan. Ditambah lagi keuntungan dividen (pembagian keuntungan perusahaan pertahunnya). Go get your first stock and this is not the end of anything.

If you never move you never get anything. Jadi mulai langkahmu jangan kelamaan galau. Pengalaman bisa kamu peroleh saat kamu berani memulai hal yang baru. Jika kamu merasa kurang yakin dalam berinvestasi. Ada banyak komunitas investor di Indonesia, kamu bisa bergabung di komunitas itu dan belajar dari para investor senior. Belajar dari mereka yang sudah lebih dahulu sukses. Ingat pola pikir seseorang menentukan akan menjadi apa ia di masa depan.

Baca juga : Investasi Emas

Penting buat diingat investasi di nabung saham tidak bisa menggunakan dana yang dalam waktu dekat ingin kamu gunakan . Jadi harus uang yang memang sengaja kamu alokasikan untuk diinvestasikan. Seluruh orang sukses di dunia maupun Indonesia pasti bermain saham. Komitmen diperlukan untuk investasi jangka panjang. Ada baiknya jika kamu mulai dulu dari nominal yang kecil untuk memulai pengalamanmu. Learning by doing, kalau hanya belajar terus tanpa tindakan rasanya percuma. Apalagi bertindak tanpa mau belajar kedengarannya seperti mau bunuh diri.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close