bisnis

Cara Mudah Investasi Untuk Pemula Dengan Modal Kecil

Banyak orang yang berpendapat bahwa untuk melakukan investasi dibutuhkan modal yang banyak bahkan bisa mencapai jutaan rupiah. Pendapat tersebut tidak semuanya benar, karena kini seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, Anda tidak perlu lagi memikirkan modal sampai jutaan rupiah untuk berinvestasi. Bahkan ada perusahaan fintech yang menawarkan pendanaan dengan nominal dana Rp100.000, masa siih ? betul hanya dengan modal minimal 100 ribu rupiah rutin setiap bulan, Anda sudah bisa memulai investasi. Caranya ?

Cara Mudah Investasi Untuk Pemula Dengan Modal Kecil

Nah, berikut ini kita akan kupas tuntas, berinvestasi dengan modal kecil yang bisa Anda coba !

Baca juga : Tips Bermain Trading Forex

Investasi Jangka Panjang

Investasi Jangka Panjang

Menabung dan berinvestasi memiliki keterkaitan. Anda harus menabung untuk mengumpulkan modal awal investasi. Tapi jangan khawatir, Anda bisa melakukannya dengan cara yang mudah. Istilah cookie jar seringkali disebut dalam bidang akuntansi dan perbankan. Maksudnya yaitu membuat sebuah cadangan dana dan menggunakannya di saat Anda membutuhkannya. Anda bisa memulainya dengan menyisihkan minimal Rp 25.000 setiap minggu. Letakkan uang itu di dalam dompet khusus, amplop, kotak, atau brankas.

Saat uang yang Anda simpan sudah terkumpul dalam jumlah yang lumayan banyak, hitunglah dalam sebulan bisa terkumpul Rp100.000 dan dalam setahun mencapai Rp 1.200.000. Maka Anda bisa langsung mengalokasikan dana sebesar Rp 1.200.000 tersebut ke beberapa instrumen investasi yang Anda percaya. Seperti saham, emas, atau peer-to-peer lending.

Mulai sekarang biasakan untuk menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk ditabung kemudian diinvestasikan. Perlahan-lahan, Anda bisa tingkatkan jumlahnya sesuai dengan penghasilan yang Anda dapat.

Baca juga : Tips Cerdas Trading Emas

Investasi Bukaemas

Investasi Bukaemas

Untuk Anda yang tertarik berinvestasi dalam bentuk emas batangan, produk investasi yang satu ini akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Bukalapak bekerja sama dengan PT Sinar Rezeki Handal dan menghasilkan produk Bukaemas yang secara khusus menjual emas dari Antam (Aneka Tambang).

Investasi ini bisa dimulai dari nominal pembelian minimal Rp 3 ribu, dengan kisaran emas seberat 0,005 gram. Sementara pembelian maksimal yang ditetapkan adalah seberat 850 gram. Kemudian, emas yang dibeli dapat disimpan atau bahkan dicairkan dan dikirimkan ke alamat rumah Anda atau alamat yang dituju dengan ketentuan bila berat emas sudah mencapai minimal 0,5 gram. Caranya yang mudah dan simpel tentu layak untuk dijadikan pertimbangan.

Baca juga : Belajar Cara Berinvestasi

Investasi Pertanian Crowde

Investasi Pertanian Crowde

Investasi yang tidak kalah menantangnya bagi para millenial adalah dibidang pertanian, Anda bisa bergabung dengan Crowde. Perusahaan berbasis start up ini secara khusus memberikan kesempatan untuk berinvestasi pada bidang pertanian. Sistem yang ditawarkan cukup beragam dan Anda bisa memilih yang paling tepat sesuai keinginan, antara lain: sistem syariah, bagi hasil, dan juga pinjaman.

Untuk mengakses produk Crowde, kunjungi situs resmi mereka dan melakukan pendaftaran di sana. Lengkapi semua syarat dan pahami berbagai informasi tentang investasi yang akan dipilih, agar Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Investasi Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI)

Investasi Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI)

Satu lagi produk reksa dana berbasis syariah menjadi salah satu produk unggulan Manulife Syariah Sukuk Indonesia (MSSI). Untuk mulai berinvestasi di reksa dana ini, Anda hanya membutuhkan modal awal mulai dari Rp10 ribu, begitu juga dengan setoran atau pembelian selanjutnya. Banyak sekali keuntungan yang ditawarkan MSSI, yaitu proses pencairan yang lebih mudah dan bisa dilakukan kapan saja, hasil investasi yang bebas pajak, dan sebagainya.

Meski menggunakan sistem syariah, MSSI ini bisa diakses oleh siapa saja, selama yang bersangkutan memenuhi syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh Manulife. Untuk mengakses produk investasi yang satu ini, Anda hanya perlu mengunjungi kantor Manulife yang dekat di sekitar tempat tinggal Anda.

Baca juga : Investasi Jangka Pendek vs Investasi Jangka Panjang

Investasi Bukareksa

Investasi Bukareksa

Bukareksa adalah hasil kerjasama antara situs belanja Bukalapak dengan Bareksa yang merupakan perusahaan fintech yang belakangan ini cukup dikenal. Bareksa menjual produk reksa dana online yang bisa diakses dengan mudah, cepat, kapan saja Anda membutuhkannya. Setoran modal awal mulai Rp10 ribu sudah bisa mengakses reksa dana online ini melalui situs belanja Bukalapak.

Lakukan pendaftaran dan lengkapi semua syarat yang diminta, sehingga proses investasi bisa berjalan dengan lancar. Reksa dana yang terjangkau ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para investor pemula, di mana Anda bisa belajar untuk mengenal dan mengelola investasi secara profesional, sebelum akhirnya berinvestasi dalam jumlah yang besar sekaligus.

Investasi Dengan Aplikasi Canggih

Investasi Dengan Aplikasi Canggih

Sesuai namanya, robot advisor dibuat dengan tujuan mempermudah masyarakat untuk berinvestasi. Fiturnya yang sederhana dan kemudahan akses membuat investasi dengan cara ini banyak diminati. Robo advisor bekerja secara otomatis berdasarkan algoritma khusus untuk membuat portofolio investasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga Anda tidak perlu melakukan konsultasi lagi dengan perencana keuangan.

Anda bisa mendapatkan imbal hasil yang dapat diprediksi karena sudah ditentukan (fixed). Selain itu, risikonya juga cenderung rendah. Katakanlah, Anda mendanai di aplikasi sebesar Rp10.000.000 dengan tenor 3 bulan dan bunga 6% per tahun (yang berarti 1.5% per 3 bulan). Di bulan ke-3, dana pokok yang Anda investasikan akan kembali, ditambah bunga sejumlah Rp150.000, totalnya menjadi Rp10.150.000. Itulah untungnya berinvestasi dengan robo advisor. Minimal investasinya juga ada yang dimulai dari Rp100.000 lho, tergantung instrumen apa yang Anda pilih.

Baca juga : Investasi Emas vs Investasi Saham

Mulai Investasi Properti

Mulai Investasi Properti

Jenis investasi dengan modal kecil yang bisa Anda coba berikutnya yaitu investasi properti atau real estate. Jika Anda berpikir investasi ini hanya cocok dilakukan oleh orang-orang kaya yang memiliki uang melimpah, Anda salah. Justru investasi properti ini bisa menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat hanya dengan modal yang sedikit.

Berbagai variasi properti bisa Anda pilih, mulai dari properti kantor, industri, hingga hunian keluarga. Anda juga dapat memilih metode yang akan digunakan dalam berinvestasi, baik saham maupun crowdfunding (pembelian kolektif). Dalam metode saham, minimal uang yang harus dikeluarkan dihitung per lot yang setara dengan 100 lembar. Nominalnya tergantung dari harga saham yang sudah ditetapkan.

Misal, Anda ingin membeli 2 lot saham (200 lembar) di suatu properti dengan harga saham Rp2.000/lembar, maka uang yang harus Anda keluarkan untuk modal sebesar Rp400.000 untuk 2 lot saham.

Keuntungan yang akan didapatkan yaitu dari dividen perusahaan setiap tahunnya, mengikuti peraturan yang sudah disepakati bersama di awal pembelian saham. Sedangkan jika Anda ingin berinvestasi dengan metode crowdfunding, itu berarti Anda tidak perlu membeli properti secara utuh melainkan dengan patungan (kolektif).

Misalnya, real estate yang ingin Anda beli harganya mencapai Rp 1 miliar, maka Anda hanya perlu mengeluarkan dana minimal sebesar 1% dari harga properti. Jika dihitung yaitu sejumlah Rp 10 juta saja. Anda akan mendapatkan keuntungan dari hasil sewa properti tersebut, baik setiap bulan maupun setiap tahun, tergantung pada kesepakatan bersama.

Ikuti Program Pensiun Pegawai

Ikuti Program Pensiun Pegawai

Anda merasa bingung dan tidak mampu melakukan tiga cara sebelumnya? Coba investasi ini yuk! Caranya adalah dengan mengikuti program pensiun dari perusahaan tempat Anda bekerja. Investasi dana pensiun ini jumlahnya sangat kecil dan Anda pun tidak akan menyadarinya.

Rencanakan persentase investasi Anda setiap bulannya. Misalnya, Anda menetapkan sebesar 10% dari pendapatan Anda untuk diinvestasikan di program pensiun. Anda pun harus berkomitmen akan hal tersebut. Anda bisa meningkatkan jumlah persentase investasi pensiun Anda secara bertahap dari tahun ke tahun. Namun, tetap sesuaikan dengan pendapatan Anda setiap bulannya agar kebutuhan Anda masih bisa terpenuhi seperti biasanya.

Kenali dan Kelola Dengan Cara yang Tepat

Kenali dan Kelola Dengan Cara yang Tepat

Sekarang ini untuk melakukan kegiatan investasi, tidak harus menyiapkan modal yang besar melainkan bisa dimulainya walau hanya Rp10 ribu saja. Sebagai calon investor yang cerdas, pilih jenis investasi yang tepat dan bisa dikelola dengan baik, sehingga aktivitas ini bisa berjalan dengan lancar dan mendatangkan keuntungan maksimal di dalam keuangan. Segera mulai investasi meski hanya memiliki modal terbatas.

Dengan demikian, Anda akan melihat adanya peningkatan jumlah dana pensiun yang Anda investasikan selama beberapa tahun belakangan.

Bagaimana? Cara-cara di atas mudah untuk diterapkan bukan? Anda pun tidak akan perlu khawatir membutuhkan modal yang besar untuk berinvestasi.

Selamat mencoba!

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close