Teknologi

IoT Sebagai The Next Big Thing di Dunia Teknologi Informasi

Internet of Things (IoT) telah diprediksi akan menjadi “The Next Big Thing” di dunia teknologi informasi karena IoT menawarkan banyak potensi yang bisa dikembangkan kembali. Contoh penerapan dari Internet of Things (IoT) salah satunya adalah kulkas pintar yang mampu memberitahukan kepada pemiliknya melalui SMS atau email mengenai makanan dan minuman yang sudah habis dan harus disediakan segera. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menyediakan berbagai macam program untuk mengembangkan produk berbasis Internet of Things (IoT) ini.

IoT Sebagai The Next Big Thing di Dunia Teknologi Informasi

Apa itu Interntet of Things (IoT)? Mengapa Internet of Things (IoT) diperlukan? Bagaiaman cara kerjanya? Berikut ini akan diulas informasi singkat mengenai teknologi IoT.

Baca juga : Apa Itu Bandwidth ?

Apa itu Internet of Things (IoT)?

Apa itu Internet of Things (IoT)?

Meskipun istilah dari IoT selalu menjadi perbincangan, namun masih terdapat kalangan tertentu yang merasa cukup asing dengan istilah tersebut. Internet of Things (IoT) merupakan salah satu teknologi informasi yang dapat menginovasi benda-benda di sekitar dengan internet agar aktivitas sehari-hari menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien.

Dalam Internet of Things (IoT) ini terdapat unsur-unsur yang diperlukan agar sebuah perangkat nantinya dapat berfungsi secara maksimal. Unsur-unsur tersebut antar lain:

  1. Alat Sensor yang berupa perangkat yang sangat canggih untuk mendapatkan informasi tertentu seperti sensor gerak, suhu, udara, panas, dan lainnya.
  2. Alat Konektivitas yang berfungsi sebagai penghubung dan pertukaran informasi yang terjadi pada Internet of Things (IoT).
  3. Perangkat yang Berukuran Kecil yang dapat mendukung dan meningkatkan ketepatan, skalabilitas, dan fleksibel dalam pengembangan IoT tersebut.

Baca juga : Apa Itu Softaculous ?

Mengapa Internet of Things (IoT) diperlukan?

Mengapa Internet of Things (IoT) diperlukan?

Secara umum, Internet of Things (IoT) berfungsi untuk mendukung semua orang agar memiliki kesadaran yang lebih tinggi terhadap lingkungan dan perkembangannya. Prinsipnya, Internet of Things (IoT) dapat memberikan banyak gagasan untuk ikut serta dalam berbagai segi perkembangan mulai dari hal mikro (kecil) hingga makro (besar) di seluruh dunia.

Jadi, Internet of Things (IoT) diperlukan karena banyak hal-hal yang pada akhirnya dapat dicapai dengan adanya IoT tersebut. Hal-hal yang dapat dicapai tersebut meliputi:

Baca juga : Apa Itu CDN ?

1. Deteksi dan Pengelolaan Bencana Alam Secara Lebih Cerdas

Sebagai contoh penerapan IoT dalam hal ini adalah, IoT yang terhubung dengan alat deteksi atau alarm di suatu hutan akan segera memberikan notifikasi saat terjadi potensi kebakaran hutan di kawasan tersebut. Dengan pemberitahuan secara cepat, tentu dampak buruk dari kebakaran tersebut dapat diminimalisir.

2. Mengelola Perkotaan dengan Lebih Cerdas

Dengan sistem Internet of Thing (IoT) yang diterapkan, pemerintah bisa melakukan otomatisasi manajemen dengan lebih cerdas di daerah perkotaan. Misalnya penerapan IoT pada aplikasi lampu lalu lintas, parkir, sistem pengumpulan sampah, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kehidupan masyarakat perkotaan akan menjadi semakin maju, aman, dan tertib.

3. Penanganan Kesehatan dan Medis dengan Lebih Cerdas

Aplikasi IoT pada bidang kesehatan dapat berupa adalah alat kerja pendeteksi detak jantung pasien, dan alat-alat medis lainnya yang bertujuan untuk meminimalisir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan demikian, seorang dokter akan dimudahkan dalam melakukan upaya pencegahan dan pengobatan terhadap pasien.

4. Monitoring Lingkungan dengan Lebih Cerdas

IoT dapat berfungsi untuk mengetahui kondisi perairan secara real time, baik untuk waduk, bendungan, atau irigasi bagi para petani. Di laut IoT sebagai mitigasi bencana ke para pelaut dan nelayan yang akan berangkat bekerja. Dengan monitoring ini pula akan diketahui pergerakan jenis usaha dan grafik naik atau turunnya penghasilan dari suatu usaha.

5. Mengelolaan Infrastruktur dengan Lebih Cerdas

Dalam masalah pengelolaan infrastruktur, dapat dilihat dari ketersediaannya MRT di Jakarta, sebuah sistem transportasi transit cepat menggunakan kereta rel listrik di Jakarta. Dengan demikian, IOT dapat digunakan sebagai alat pendeteksi kondisi keamanan jalur kereta untuk dilintasi. Fungsi lain dapat dilihat pula pada palang pintu kereta yang akan tertutup secara otomatis ketika kereta akan melintas dan terbuka otomatis ketika kereta telah melintas.

6. Sebagai Sensor Peralatan

Untuk masalah sensor peratalan, IoT bagi perusahaan pertambang biasa digunakan sebagai alat ukur (sensor) atas ketersediaan bahan bakar suatu mesin. Tidak hanya di pertambangan saja, namun dapat pula digunakan pada kapal laut dan pesawat terbang.

Baca juga : Apa Itu DNS ?

Bagaiaman Cara Kerjanya?

Bagaiaman Cara Kerjanya?

Cara Kerja Internet of Things (IoT) adalah dengan memanfaatkan sebuah bahasa pemrograman pada tiap-tiap perintah dengan argumen yang dapat menghasilkan sebuah interaksi antara setiap perangkat secara otomatis tanpa campur tangan manusia. Interaksi tersebut dibangun baik melalui jarak dekat maupun jarak jauh.

Baca juga : Apa Itu Cloud Server ?

Internet of Things (IoT) telah banyak membuat permasalah yang kompleks menjadi sederhana dengan proses pengotomatisasi dan juga monitoring secara Real Time. Saat ini sudah banyak Teknologi IoT yang hanya membutuhkan koneksi internet (Wi-Fi) dengan perangkat ponsel. Secara tidak langsung, konsep Internet of Things (IoT) telah merambah pada kegiatan bisnis manusia karena dapat membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close