Teknologiumum

Jalankan Bisnis Anda Menggunakan Whatsapp Business Dengan Mudah

WhatsApp Messenger atau WhatsApp adalah aplikasi pengiriman pesan instan dan lintas-platform pada telepon pintar yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan seperti SMS tanpa menggunakan pulsa, tetapi koneksi Internet. WhatsApp sendiri juga mempunyai dasar-dasar yang mirip dengan BlackBerry Messenger.

WhatsApp diluncurkan pada Januari 2009. Namun, pada 2014, WhatsApp secara resmi menjadi milik Facebook setelah melalui proses akuisisi selama 8 bulan. Di WhatsApp, Anda dapat mengirim teks, foto, audio, file, dan gambar ke pengguna lain, panggilan, panggilan video, dan membuat cerita.

Untuk menggunakan WhatsApp, Anda cukup mendaftar menggunakan nomor ponsel Anda. WhatsApp dapat berjalan di beberapa platform, seperti Android, BlackBerry 10, BlackBerry OS, iOS, Seri 40, Windows Phone, Symbian, dan berbasis Web / whatsapp web. Saat ini juga ada versi baru / fitur yang dikhususkan bagi anda pelaku bisnis.

Berita bagus untuk wirausahawan yang telah menggunakan WhatsApp sebagai tempat untuk berinteraksi dengan konsumen. Karena baru-baru ini, WhatsApp meluncurkan versi baru yang dirancang khusus untuk perusahaan dan merek.

Jalankan Bisnis Anda Menggunakan Whatsapp Business
Jalankan Bisnis Menggunakan Whatsapp Business Ilustrasi Gambar batam.tribunnews.com

Jalankan Bisnis Anda Menggunakan Whatsapp Business Dengan Mudah

WhatsApp Business dan personal adalah dua aplikasi yang berbeda, jadi untuk menggunakan versi komersial/bisnis, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu dari Play Store. Sebagai pengantar, penulis di sini telah menghadirkan 10 tips tentang penggunaan WhatsApp Business sehingga adaptasinya lebih cepat dan layanan pelanggan dapat kembali berjalan dengan sangat normal.

Mendaftar untuk akun Whatsapp bisnis

Seperti versi pribadi/personal, WhatsApp Business juga memerlukan nomor ponsel yang aktif. Untuk pendaftaran, WhatsApp Business tidak dapat menggunakan nomor yang telah digunakan atau sedang digunakan dalam WhatsApp messenger standar. Karena itu, jika Anda ingin menggunakan nomor yang sama, Anda harus memilih satu, tetap dalam versi standar atau beralih ke versi komersial.

  • Langkah pertama, unduh aplikasi WhatsApp Business dari Play Store.
  • Setelah terinstal, jalankan aplikasi seperti biasa dan ketuk Terima dan lanjutkan ke tahap berikutnya. Ketika jendela sembul muncul, sentuh Lanjutkan dan sentuh Izinkan beberapa kali.
  • Kemudian, masukkan nomor telepon yang ingin Anda gunakan.
  • Biasanya, sistem akan secara otomatis mengenali kode verifikasi yang dikirim melalui pesan singkat. Tetapi jika masih diminta, buka pesan SMS yang dikirim, kemudian tulis kode verifikasi yang terkandung dalam pesan tersebut.
  • Pada tahap berikutnya, masukkan nama perusahaan Anda, pastikan itu selesai dengan benar karena nama ini tidak akan diubah nanti. Dan selesai, akun WhatsApp Business Anda telah berhasil dibuat, Anda dapat menggunakannya segera untuk berinteraksi dengan konsumen.

Ubah profil bisnis

Profil bussiness, seperti alamat, kategori bisnis, jam buka, dan alamat web dapat diubah dan ditambahkan dengan mengakses menu settings – business settings.

  • Seperti yang baru-baru ini disebutkan, dalam konfigurasi ini Anda dapat melengkapi data perusahaan, seperti lokasi kantor atau toko, kategori, foto, deskripsi, dan juga situs web. Jika semua data selesai dengan benar, sentuh tombol save di sudut kanan atas untuk menyimpan perubahan.

Lihat statistik pesan

Panel statistik telah disiapkan untuk menyimpan informasi ini, informasi tentang berapa banyak pesan yang diterima dan dikirim ke pelanggan. Caranya, bahkan di menu Pengaturan, sentuh Statistik.

Anda dapat membuat away message

Away Message pada umumnya memang dipergunakan dapat membantu pelaku bisnis tetap terhubung dengan konsumen-konsumen saat mereka sedang tidak berada di tempat atau layanan ditutup. Fungsi ini akan memberikan respons otomatis ketika klien mengirim pesan.

  • Sentuh menu settings-business settings- away message, kemudian tekan untuk mengaktifkan fungsi ini dan mengedit pesan default yang ada, gunakan versi kalimat Anda. Setelah selesai, sentuh Simpan untuk menyimpan perubahan.

Cara membuat pesan greeting

Pesan sambutan juga membantu manajer bisnis menjalin komunikasi yang lebih baik dengan konsumen. Fungsi ini akan secara otomatis dikirim ke pelanggan yang menghubungi Anda setelah 14 hari tanpa komunikasi.

  • Untuk mengaktifkan fungsi ini, buka menu settings – business settings – away message.
  • Atur tombol ke Aktif, lalu edit salam yang Anda anggap paling ramah dan buat klien merasa dihargai. Jangan lupa menyentuh tombol Simpan untuk menyimpan perubahan.

Cara membuat respons cepat (jawaban cepat)

Komunikasi Whatsapp lebih cepat. Kemudian, di WhatsApp Business baik di mobile atau  wa web Anda juga dapat membuat respons cepat yang diaktifkan dengan kata kunci tertentu. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat waktu karena Anda tidak harus menulis satu atau dua kalimat lengkap dari awal.

  • Caranya, buka menu Pengaturan – Pengaturan bisnis – Jawaban cepat.
  • Secara default, respons cepat telah dibuat, yaitu / terima kasih bahwa itu berisi ucapan terima kasih. Anda dapat menambahkan jawaban cepat lainnya, kami menampilkan jawaban cepat untuk permintaan maaf. Tekan ikon lebih banyak di sudut kanan bawah, lalu tulis pesan permintaan maaf sopan dan juga pintasan pilihan Anda. Akhirnya sentuh tombol Simpan. Kemudian, setiap kali Anda mengetikkan kata kunci / maaf, aplikasi akan secara otomatis mengirim versi lengkap dari pesan permintaan maaf yang Anda tulis sebelumnya.

Aktifkan fitur enkripsi

  • Secara default, pesan dan panggilan di WhatsApp massanger Business dilindungi oleh prosedur enkripsi ujung-ke-ujung. Tetapi dengan langkah tambahan, Anda dapat mengetahui perubahan dalam kode kontak yang menghubungi Anda.

Aktifkan keamanan dua langkah (verifikasi dua langkah)

  • WhatsApp Business juga mengimplementasikan sistem keamanan dua langkah jika diinginkan. Caranya adalah dengan anda membuka menu settings – account – two-step verification.
  • Kemudian, ketuk enable dan kemudian masukkan 6 digit angka acak yang akan digunakan sebagai PIN verifikasi. Ulangi kode yang sama saat diminta.
  • Sentuh next dan kali ini masukkan alamat email dua kali dan akhiri. Sentuh Done, maka panel baru akan muncul di mana Anda dapat menonaktifkan fitur ini untuk mengubah PIN atau email Anda.

Cara membuat pesan broadcast yang ada di WhatsApp bisnis

Pesan siaran adalah salah satu cara yang paling sering digunakan untuk menawarkan produk baru, harga promosi, paket program, dll. Karena itu, fitur ini harus dimaksimalkan untuk mendongkrak angka penjualan.

  • Untuk membuat pesan broadcast, mudah. Sentuh tombol menu utama, Siaran baru.
  • Tandai kontak yang ingin Anda tambahkan ke daftar penerima pesan siaran, lalu tandai tombol hijau.
  • Selesai, kumpulan penerima kontak untuk transmisi dibuat, cukup kirimkan kepada mereka konten penawaran. Semua kontak yang berada dalam posisi online akan menerima pesan yang sama.

Cara menghapus akun bisnis WhatsApp

  • Akhirnya, karena alasan tertentu, Anda juga dapat menghapus akun WhatsApp Business Anda. Metodenya hampir sama dengan akun pribadi, buka menu Akun – Akun – Hapus akun saya.
  • Masukkan nomor ponsel yang Anda gunakan untuk mendaftar akun, lalu sentuh Hapus akun saya.

Nah, itu adalah 10 tips untuk menggunakan WhatsApp Business pada mobile atau wa web yang dapat Anda coba praktikkan. Secara umum, ada banyak fitur yang mirip dengan versi pribadi, kecuali menu Pengaturan Bisnis. Jadi, mereka yang terbiasa menggunakan WhatsApp seharusnya tidak mengalami banyak kesulitan baca disini cara menggunakan whatsapp terbaru.

Di garis depan, WhatsApp Business juga menampilkan tiga menu tab utama, yaitu Obrolan, Status, dan Panggilan. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close