Teknologi

Teknologi Terbaru Jaringan Internet 5G | Internet Super Cepat

Pada awalnya, jaringan nirkabel suatu ponsel beroperasi pada pita frekuensi radio yang sama dari spektrum elektromagnetik. Tetapi, karena semakin banyak pengguna jaringan sehingga membutuhkan data lebih banyak, arus gelombang radio ini menjadi semakin padat dengan aktivitas seluler. Maka dari itu, penyedia jaringan seluler ingin memperluas ke frekuensi gelombang milimeter yang lebih tinggi seperti yang digunakan saat ini untuk jaringan 4G dan Wi-Fi.

Teknologi Terbaru Jaringan Internet 5G | Internet Super Cepat

Teknologi seluler generasi kelima, 5G, merupakan lompatan besar untuk perangkat nirkabel dalam hal kecepatan. Hadirnya 5G sangat berguna untuk memberikan kecepatan data sebesar 10 hingga 100 kali lipat lebih cepat dari jaringan 4G. Penggunaan 5G dapat mencpai kecepatan unduhan hingga gigabit per detik (Gb/s) jauh lebih besar dari puluhan megabit per detik (Mb/s) dibandingkan kecepatan 4G. Berikut ini akan diulas mengenai pengertian 5G, cara kerja, kelebihan, dan kekurangannya.

Baca juga : Teknologi 5G

Pengertian dari 5G

Pengertian dari 5G

5G merupakan suatu konektifitas dari internet seluler generasi kelima yang menyuguhkan kecepatan pengunduhan (download) dan pengunggahan (upload) data yang jauh lebih cepat, jangkauan yang lebih luas, dan koneksi yang lebih stabil. Jaringan 5G memanfaatkan spektrum radio secara lebih baik dan kompetabel dengan lebih banyak perangkat untuk mengakses internet seluler pada saat yang bersamaan.

Baca juga : Daftar VPN Terbaik

Cara Kerja dari 5G

Cara Kerja dari 5G

Pita spektrum gelombang milimeter berfrekuensi tinggi antara 30 GHz hingga 300 GHz akan mentransfer data dengan kecepatan sangat tinggi. Gelombang tersebut akan ditangkap dengan antena dalam jaringan yang lebih kecil seperti 4G LTE.

Baca juga : Handphone Termahal di Dunia

Keunggulan dari 5G

Keunggulan dari 5G

Ada beberapa keunggulan dari teknologi seluler 5G, antara lain:

  • Memiliki resolusi yang tinggi dan bi-directional yang dapat membentuk bandwidth yang besar.
  • Dapat mengumpulkan semua jaringan pada satu platform.
  • Lebih efektif dan efisien saat digunakan.
  • Memberikan data penyiaran yang besar dan akan mendukung lebih dari 60.000 koneksi.
  • Mudah dioperasikan dari pada generasi sebelumnya.
  • Konektivitas yang disediakan stabil, tidak mudah terganggu, dan konsisten di seluruh dunia.
  • Memudahkan pendidikan atau belajar secara online
  • Kemungkinan untuk menemukan dan mencari orang yang hilang dan membantu deteksi bencana alam lebih cepat

Kekurangan dari 5G

Kekurangan dari 5G

Pada dasarnya, konseptual dari teknologi 5G ini adalah untuk memecahkan semua masalah sinyal radio dan kesulitan dunia seluler sehingga banyak memberikan keuntungan. Namun, terdapat pula beberapa kekurangan dari teknologi 5G ini, kekurangan tersebut antara lain:

  • Teknologi 5G masih dalam tahap penelitian mengenai viabilitas yang sedang berlangsung.
  • Dukungan teknologi 5G tidak kompeten di sebagian besar belahan dunia.
  • Perangkat lama banyak yang tidak akan kompeten dengan 5G, sehingga harus mengganti dengan gadget yang baru dan relatif mahal harganya.
  • Membutuhkan biaya tinggi dalam pengembangan infrastruktur.

Kecepatan teknologi seluler 5G diperkirakan akan dapat mencapai melebihi dari 1 Gbps, jauh lebih cepat dibandingkan dengan 4G yang rata-rata kecepatannya hanya 45 Mbps. Dengan teknologi yang super cepat ini, maka dipercaya akan datang teknologi-teknologi baru berbasis teknologi 5G.

Namun, mengenai kecepatan teknologi seluler 5G ternyatabertolak belakang dengan hasil penelitian saat ini. Dengan teknologi seluler 5G, pengguna hanya mungkin dapat mengunduh film definisi tinggi dalam waktu lebih kurang satu menit.

Frekuensi yang sangat tinggi diperkirakan hanya untuk jaringan jenis Standalone 5G dengan kecepatan lebih kurang 30GHz. Namun sayangnya jaringan ini belum dapat disediakan untuk masyarakat umum untuk tahun ini.

Baca juga : Daftar Smartphone Gaming Terbaik

Untuk perangkat atau gadget yang sudah memadahi dan kompotabel dengan jaringan 5G ini contohnya Samsung Galaxy S10 5G, Huawei Mate X, LG V50 ThinQ, Xiaomi Mi Mix 3, dan lain sebagainya.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close