umum

Jaringan Komputer dan Fungsinya

Salah satu istilah yang paling sering didengar untuk masalah komputer adalah Jaringan Komputer. Terutama untuk komputer yang memang sudah memiliki sistem ter koneksi antara satu dengan yang lain pasti akan menggunakan istilah Jaringan dalam penggunaannya. Berikut ini berbagai macam jenis jaringan komputer beserta pengertiannya.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan yang ada di Komputer adalah sistem terdiri dari dua atau lebih perangkat komputer. Ditambah dengan perangkat – perangkat lainnya yang dibuat atau dirancang untuk bekerja dengan berbagai tujuan seperti tujuan untuk berkomunikasi, kemudahan untuk mengakses informasi, mendapatkan layanan ataupun service antara komputer satu dengan yang lainnya.

Fungsi Dan Manfaat Jaringan Komputer

Fungsi dan manfaat pada Jaringan yang terdapat pada Komputer terdiri dari begitu banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan. Sebagai fungsi inilah yang membuat banyak personal memilih penggunaan jaringan dengan sistem tertentu untuk digunakan. Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat yang bisa Anda dapatkan.

Dapat untuk menghemat biaya. Penggunaan Jaringan pada Komputer bermanfaat untuk menekan biaya untuk kebutuhan perangkat – perangkat yang Anda gunakan. Sebab, sumber daya bisa digunakan secara bersamaan.

Baca Juga : Manfaat Gadget di Era Milenial

Contohnya jika Anda mempunyai hanya satu buah printer, printer tersebut kemudian bisa digunakan oleh banyak User atau pengguna dengan komputer yang berbeda-beda. Sehingga Anda hanya cukup menyediakan satu printer untuk banyak komputer.

Manfaat yang kedua adalah dapat mempercepat proses berbagi data. Biasanya untuk Salah satu alat yang digunakan untuk berbagi data adalah dengan menggunakan perangkat tambahan seperti flashdisk.

Namun,  dengan menggunakan penggunaan Jaringan pada Komputer, transfer data akan lebih cepat bahkan dapat menjangkau jarak jauh sekalipun. Hal ini dapat memudahkan Anda sebagai pengguna untuk mendapatkan file data yang Anda perlukan.

Menjaga informasi Terbaru. Dengan adanya Jaringan di Komputer ditambah sistem penyimpanan data yang terdapat pada satu komputer dan dikelola dengan baik pada satu komputer. Sehingga Anda dapat untuk mendapatkan akses dari berbagai tempat yang berbeda, dan dapat membatasi akses ke data tertentu sewaktu data tersebut sedang diproses.

Berbagai Jenis Jaringan Komputer

Jaringan Komputer sendiri terbagi menjadi berbagai jenis jaringan komputer. Perbedaan jenis ini terbagi berdasarkan dari tempat, letak geografis, distribusi sumber informasi dan lainnya.

Baca Juga : Jenis Jenis Komputer dan Fungsinya

Jaringan LAN

Jaringan Komputer

Untuk pembagian Jaringan Komputer berdasarkan dari jangkauan geografis nya terbagi menjadi tiga yaitu LAN, MAN dan WAN. Local Area Network atau yang sering disingkat dengan LAN adalah jaringan yang hanya meliputi wilayah kecil saja, contohnya adalah  warnet, kantor, atau sekolah.

Pada umumnya LAN memiliki luas areanya tak lebih dari 1 km persegi. Biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan batas kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s. Tidak hanya menggunakan teknologi Ethernet, jaringan ini juga sudah banyak menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.

Jaringan MAN

Jenis yang kedua adalah MAN.  Metropolitan Area Network atau MAN adalah jaringan yang dapat mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi.

jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangakauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN hanya terbagi dari satu atau dua kabel saja dan bisa ditambahi dengan adanya elemen switching yang difungsikan dengan rancangan menjadi lebih simple.

Jaringan WAN

Yang ketiga adalah jaringan dengan sebutan WAN. Wide Area Network atau WAN adalah jaringan yang memiliki jangkauan mencakup daerah geografis yang luas, contohnya pada sebuah negara bahkan benua. WAN sering difungsikan sebagai penghubung dua atau lebih jaringan yang bersifat lokal. Anda bisa dikomunikasikan dengan pengguna yang lain walaupun Anda tidak dalam satu wilayah yang sama.

Itulah sedikit penjelasan tentang jaringan komputer, selalu i8kuti berita terbaru dari novriadi.com.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close