Kesehatan

Kenali Sejumlah Makanan Meningkatkan Imun Anak

Anak adalah manusia kecil yang tumbuh dengan cepat. Maka dari itu, diperlukan beberapa makanan yang baik bagi tumbuh kembangnya. Salah satu makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak yakni makanan meningkatkan imun anak yang baik dikonsumsi.

Baca Juga : Deretan Jamur Aman Dikonsumsi Berbagai Usia

Namun, seringnya makanan penambah sistem kekebalan tubuh anak ini tidak menarik. Maka pandai-pandai orang tua dalam memvariasikan model makanan anak. Kiranya, apakah anda tahu apa saja makanan yang dapat tingkatkan sistem imun pada anak? Berikut diulas dalam artikel ini!

Berikut Ini Makanan Penambah Sistem Imun Pada Anak

Sayur Bayam

Pernahkah anda menyaksikan serial kartun Popeye? Tidak menutup kemungkinan anda melihat aksi si tokoh alias Popeye mengkonsumsi sekaleng sayur bayam kemudian otot-otot lengannya menjadi besar sehingga mampu mengalahkan musush-musuhnya yang mengganggu, bukan?

Ternyata serial kartun tersebut mewakili dilema para bunda yang sulit menjejali putra-putri mereka dengan sayur bayam. Padahal sayur bayam merupakan jenis sayuran hijau yang baik untuk kesehatan tubuh si anak karena mengandung banyak sekali senyawa antioksidan yang mampu melawan sejumlah virus.

Bukan hanya itu saja, makanan meningkatkan imun anak sekelas bayam juga mengandung sejumlah vitamin seperti, vitamin E. Vitamin E inilah yang berperan untuk melawan virus jahat di dalam tubuh. Anda dapat mengolah bayam menjadi sayur bening untuk dapat dikonsumsi untuk anak.

Wortel

Makanan meningkatkan imun anak yang lainnya adalah wortel. Sayur wortel memiliki ciri khas warna orange terang, sehingga dikenak dengan sayur bervitamin A tinggi. Namun siapa sangka ternyata sayur wortel menjadi salah satu sayur yang baik bagi kesehatan kekebalan tubuh si anak.

Dengan mengkonsumsi wortel, tubuh anak tidak akan mudah terserang penyakit karena sayuran wortel mampu menjaga tubuh si kecil dari macam-macam infeksi. Tubuh anak yang baru berusia lima tahun ke bawah tidak perlu diberi banyak sayur ini melainkan hanya kisaran tiga ratus hingga empat ratus miligram saja.

Olahan Daging

Olahan daging ternyata masuk ke salah satu daftar makanan meningkatkan imun anak. Memang tidak ada salahnya memberi anak konsumsi daging. Namun, ternyata tidk boleh berlebihan. Daging menjadi makanan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak karena kandunan zinc di dalamnya.

Kandungan zinc yang ada pada olahan daging ini sangat baik untuk melawan infeksi kemungkinan terserang adanya sel darah putih yang dominan. Jenis daging yang baik untuk tingkatkan siatem imun bagi anak adalah daging sapi atauoun daging unggas.

Ikan Salmon dan Ikan Tuna

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi anak yakni memperbanyak asupan ikan salmon atau ikan tuna. Olahan ikan salmon atau ikan tuna ternyata menjadi makanan meningkatkan imun anak karena lumayan banyak kandungan vitamin D yang ada di dalamnya.

Bentuk asupan ikan salmon dan ikan tuna ini dapat dikonsumsi langsung dengan diolah menjadi variasi makanan atau dengan konsumsi sejumlah vitamin minyak ikan seperti yang memiliki kandungan DHA dan lainnya. Tentu saja bentuk lain untuk memaksimalkan vitamin D yakni dengan berjemur di bawah sinar matahari.

Yoghurt

Setelah bicara mengenai makanan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kita beralih ke minumannya. Yakni yoghurt. Ini adalah minuman yang mamou meningkatkan sistem kekebalan tubuh terutama pada anak karena mengandung bakteri lactobacilkus yang baik.

Itulah sejumlah makanan meningkatkan imun anak yang bisa dijadikan rekomendasi anda dalam memberi pola asupan makanan pada anak.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close