bisnis

5 Kendala Menjadi Investor Sukses | Seputar Investasi

Selama ini orang sering mengartikan seorang investor itu banyak modalnya dan uangnya berlimpah. Padahal untuk menjadi seorang investor itu adalah pilihan masing-masing orang terutama yang sudah mempersiapkan investasi jangka panjang.Tidak hanya itu seorang investor biasanya memulai investasi dengan uang yang ada terlebih dahulu. Kemudian, uang tersebut diinvestasikan atau diputar. Keuntungan yang ada akan digunakan kembali untuk berinvestasi lagi, jadi tidak langsung dipakai. Begitu seterusnya sampai kemudian dirasa cukup baru menuai hasil.

7 Kendala Menjadi Investor Sukses | Seputar Investasi

Sayangnya, bagi investor pemula, hal ini belum bisa dipahami dengan baik. Ada beberapa hal lain yang membuat seorang investor pemula gagal dalam berinvestasi, berikut penjabarannya untuk Anda :

Baca juga : Kesalahan Trader Forex Pemula

Sering Menunda Berinvestasi

Sering Menunda Berinvestasi

Salah satu penyebabnya kegagalan berinvestasi yaitu menunda berinvestasi yang artinya menghilangkan kesempatan. Ini harus dipahami dengan baik oleh para investor muda atau pemula. Ingat, menunda bukanlah hal yang baik apalagi jika menyangkut dunia investasi dimana situasi pasar bisa sangat cepat berubah tanpa disadari. Menunda berinvestasi berarti menunda kesuksesan di masa yang akan datang.

Memang, agar tidak menunda, perlu banyak belajar dan riset untuk bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi. Pengalaman juga bisa memberikan keyakinan untuk bertindak.

Baca juga : Kesalahan Umum Trading Binary Option

Lebih Senang Berspekulasi Daripada Berinvestasi

Lebih Senang Berspekulasi Daripada Berinvestasi

Kegiatan yang harus dihindari jika ingin sukses berinvestasi adalah berspekulasi, bahkan  harus dihindari. Karena berspekulasi adalah kegiatan buruk yang hanya membuang-buang waktu saja tanpa menghasilkan apa-apa sehingga kesempatan dan kesuksesan akan terlewatkan begitu saja. Memang bukan tanpa alasan jika para investor pemula yang rata-rata berusia muda atau millenial akan sulit memutuskan untuk berinvestasi dalam waktu yang singkat.

Bagi investor pemula, memang keraguanlah yang membuatnya terlalu lama berspekulasi. Padahal, justru para pemula tersebut bisa menuai hasilnya jika fokus dan tidak ragu memutuskan untuk berinvestasi ketimbang menghabiskan waktu berspekulasi.

Baca juga : Kesalahan Fatal Dalam Trading Bitcoin

Lebih Senang Hang Out Daripada Berinvestasi

Lebih Senang Hang Out Daripada Berinvestasi

Gaya hidup juga mempengaruhi pola pikir para investor pemula, misalkan mereka lebih senang hang out bersama teman-teman dari pada memanfaatkan uang yang mereka miliki untuk berinvestasi. Selain itu, investor pemula yang membawa banyak uang juga biasanya tidak bisa mengelola uangnya dengan bijak.

Padahal sebenarnya, jika uang yang dimiliki, yang biasanya dipakai hang out sebagian untuk investasi tentu akan lebih bermanfaat dan menghasilkan untuk jangka panjang. Apalagi jika uang yang ada diinvestasikan dengan jumlah yang rasional, maka jika ada kerugian tidak akan terlalu pusing. Maksudnya, kerugian memang salah satu resiko terbesar yang tidak bisa dihindari dalam dunia investasi. Kalau merasa kurang yakin berinvestasi malah kemudian menghabiskan uang hanya untuk satu investasi saja bisa berujung fatal. Bagilah uang anda untuk dua atau tiga investasi yang berbeda. Jika satu gagal, maka keuntungan dari yang lain yang akan mengembalikan modalnya.

Baca juga : Kesalahan Trader Pemula

Kurangnya Wawasan dan Tidak Mau Bertanya

Kurangnya Wawasan dan Tidak Mau Bertanya

Untuk menjadi investor berpengalaman memang tidak mudah, perlu merasakan jatuh bangun dan gagal berkali-kali sampai akhirnya berhasil memiliki keuntungan dari berinvestasi. Namun mereka juga bukannya tanpa usaha untuk belajar dan banyak bertanya sebelum sukses jadi investor.  Hal ini seharusnya menjadi contoh untuk para calon investor muda atau pemula. Jangan malu untuk bertanya pada orang yang sudah senior atau berpengalaman di bidang investasi.

Selain itu Anda bisa menambah wawasan dengan mengikuti berbagai seminar tentang investasi bagi pemula.

Tidak Mau Mencoba Berinvestasi

Tidak Mau Mencoba Berinvestasi

Hal lain yang menjadi kesalahan investor pemula adalah tidak mau mencoba berinvestasi. Memang tidak bisa dipungkiri dan dihindari bahwa investasi pasti memiliki resiko kerugian, namun perlu diketahui bahwa prospek keuntungan pun sebenarnya bisa didapatkan di bisnis ini, Artinya keduanya tidak bisa dipisahkan. Jadi sebenarnya tidak ada alasan untuk takut mencoba berinvestasi, minimal dengan modal kecil dahulu. Karena jika sudah mulai berani mencoba berinvestasi dengan modal kecil maka resiko kerugian pun bisa diminimalisir.

Oleh sebab itu, jika di usia muda Anda sudah mulai berinvestasi, tentunya Anda akan banyak mendapatkan pengalaman sehingga kedepannya nanti Anda akan menjadi investor sukses dengan bekal pengalaman jatuh bangun dibidang investasi.

Memang tidak mudah untuk menjadi investor di usia muda. Namun, jika tidak dimulai dari usia muda, lalu di usia berapa untuk bisa sukses mengingat investasi adalah tentang keuntungan di masa yang akan datang dan berjangka panjang. Kadang, setelah 5 atau 10 tahun dari pertama investasikan uang ke sebuah perusahaan, kemudian baru terlihat hasilnya. Sabar merupakan salah satu kunci untuk bisa sukses dengan jalan investasi. Kesabaran dan kepercayaan serta kepekaan terhadap berita-berita investasi termasuk juga perkembangan perusahaan dimana Anda menanam modal, menjadi sangat penting untuk selalu diperhatikan.

Ingat, dunia investasi tidak hanya untuk mereka yang memiliki banyak kelebihan uang dan bukan pula milik para bos. Investor pemula juga bisa mendapatkan kesuksesan bahkan semenjak awal ia berinvestasi asal paham cara kerja investasi yang benar bagaimana. Jika Anda belum memahami tentang seluk beluk investasi, bisa saja Anda akan mengalami kerugian secara terus menerus.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close