umum

Kerajinan Tangan Dari Bahan Baku Kardus Bekas

Apabila Anda memiliki sisa atau kardus bekas yang ada di rumah, jangan buru – buru untuk di buang ataukah di jual. Dikarenakan kardus – kardus tersebut bisa Anda gunakan menjadi sebuah kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang Anda buat yang tentu saja Anda gunakan sendiri atau bahkan memiliki nilai jual. Saat ini ada banyak jenis kerajinan tangan dari kardus bekas yang dijual dan dipamerkan dengan bentuk yang unik juga cantik.

Karena itu ada banyak sekali ide kerajinan tangan dari kardus yang tentu saja bisa Anda manfaatkan. Dengan hanya bermodalkan kreatifitas dan juga bahan baku yang tersedia, Anda sudah bisa menyulapnya menjadi suatu kerajinan yang memiliki nilai jual dan nilai fungsi yang ramah lingkungan.

Kerajinan Tangan Dari Kardus Bekas
Kerajinan Tangan Dari Kardus Bekas

Kerajinan Tangan Dari Kardus Bekas

Berikut ini referensi untuk Anda yang tertarik untuk membuat kerajinan tangan dari kardus bekas, ada beberapa cara membuat kerajinan tangan ini seperti panduan di bawah ini:

1. Panduan Membuat Lampu Gantung dari Kardus Bekas

Bahan utamanya yaitu dengan memanfaatkan kardus bekas, Anda bisa membuat kerajinan tangan seperti lampu gantung. Hasil dari kerajinan tersebut bisa Anda jadikan sebagai hiasan yang lebih menarik.

Baca juga : Bisnis Yang Menguntungkan

Cara membuat lampu gantung tidak terlalu sulit cukup Anda mengikuti beberapa langkah dalam membuat lampu gantung ini. Bahan dan peralatan yang dibutuhkan dalam membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk lampu gantung ini cukup mudah didapatkan dan bahkan kamu sudah memiliki bahan juga peralatannya.

Berikut ini langkah dalam membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk lampu gantung, bahan dan peralatan yang dibutuhkan serta cara pembuatannya seperti di bawah ini:

Lampu Gantung dari Kardus Bekas
Lampu Gantung dari Kardus Bekas ilustrasi gambar oddav.com

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan:

  • Kardus bekas
  • Lem tembak
  • Lampu
  • Tempat lampu
  • Kabel
  • Penggaris
  • Pensil
  • Cat semprot

Langkah Membuat Lampu Hias dari Kardus Bekas

  1. Langkah pertama adalah memotong kardus. Kardus yang sudah Anda siapkan sebelumnya dipotong dengan ukuran panjang 60cm dan lebar 21cm. Anda bisa memotong sesuai ukuran Anda sendiri.
  2. Langkah kedua yaitu mengecat kardus. Gunakan cat berwarna putih untuk permukaan kardus. Permukaan kardusnya yang di cat hanya satu sisi saja dan permukaan yang di cat dijadikan warna dalam. Hal ini agar cahaya lampu nantinya bisa bersinar terang.
  3. Langkah ketiga mulailah melipat kardus menjadi segilima. Sisi dalam kardus berwarna putih dan sisi luar warna kardus harus warna asli.
  4. Setelah kardus dilipat lalu potong kardus yang membentuk segilima tersebut menjadi banyak. Cara agar mudah memotongnya yaitu dengan membentangkan lagi kardus tersebut, selanjutnya dipotong. Setelah dipotong, lipat kembali kardusnya yang sudah dipotong tersebut menjadi segilima. Lalu gunakan lem agar lipatan kardus tidak kembali lagi.
  5. Kemudian susun kembali potongan kardus segilima tersebut dengan posisi yang berlawanan dari satu kardus ke kardus lainnya. Gunakan lem agar bisa melekat kuat.
  6. Selanjutnya yaitu membuat lembaran kardus yang berbentuk segilima. Fungsinya untuk tempat meletakkan lampu. Buat lubang di bagian tengah kardus yang berbentuk segilima tersebut, kemudian pasang tempat untuk lampunya beserta juga kabelnya.
  7. Gabungkan lembaran kardus yang berbentuk segilima dengan potongan kardus yang sudah disusun sebelumnya.
  8. Akhirnya proses dalam membuat lampu hias dari kardus bisa Anda pajang atau gunakan. Anda bisa menggunakan lampu hias tersebut dan diletakkan di teras atau di ruang tamu rumah.

2. Panduan Membuat Pigura dari Kardus Bekas

Kerajinan tangan yang kedua yang bisa dibuat dengan memanfaatkan kardus bekas lainnya yaitu pigura foto. Kerajinan ini yang tidak terlalu sulit untuk dibuat.

Selain pembuatannya yang mudah, bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk pigura ini juga terbilang mudah untuk didapatkan.

Baca juga : Bisnis Tanpa Modal

Bagi Anda yang ingin belajar membuat kerajinan tangan dari kardus, maka sangat pas karena membuat kerajinan tangan berbentuk pigura ini untuk tahap pemula. Berikut ini bahan dan peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk pigura serta cara membuatnya.

Pigura dari Kardus Bekas
Pigura dari Kardus Bekas ilustrasi gambar cepotpredator2

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Kardus bekas
  • Gunting
  • Lem
  • Cutter
  • Kertas hias sebagai pelengkap

Langkah Membuat Pigura dari Kardus Bekas

  1. Step pertama dalam membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk pigura yaitu dengan memotong kardus sesuai dengan ukuran foto yang nantinya ingin dipasang pada pigura tersebut.
  2. Kardus dipotong menjadi dua bagian dengan ukuran yang sesuai dengan foto yang akan dipasang.
  3. Untuk tepi kardus bekas potongan yang tidak rapi Anda perlu menghaluskan menggunakan cutter. Namun hati – hati saat menggunakannya.
  4. Setelah kardus bagian pertama dipotong tengahnya lalu disisakan bagian tepinya cukup beberapa centimeter saja dan bagian kedua dibiarkan begitu saja.
  5. Selanjutnya adalah membuat sanggahan supaya pigura bisa berdiri.
  6. Kemudian beri lem double tip untuk kardus pertama di setiap sisinya.
  7. Setelah diberi lem, lalu tempelkan plastik yang ukurannya sesuai dengan ukuran kardus pertama.
  8. Dan gabungkan kardus pertama dengan kardus kedua dengan menggunakan lem kertas.
  9. Setelah keduanya digabungkan, saatnya pigura diberi hiasan atau Anda buat semenarik mungkin.agar terlihat bagus. Bisa dengan kertas kado atau pernak pernik yang lucu.
  10. Supaya pigura dapat berdiri di atas meja, Anda bisa pasang tempat dudukan yang sudah dibuat sebelumnya menggunakan lem kertas.
  11. Dan pigura pun sudah selesai dibuat. Saatnya memasang foto yang ingin dipajang.

3. Panduan Membuat Rak Mini Dari Bahan Kardus Bekas

Seringnya siapapun itu suka sekali sembarangan dalam meletakkan buku, pulpen, dan alat tulis lainnya. Terkadang penyebabnya adalah tidak adanya rak khusus untuk meletakkan alat tulis tersebut. Akhirnya seringkali Anda kehilangan benda – benda tersebut saat dibutuhkan. Karena itu, Anda perlu menyediakan rak khusus untuk meletakkan beberapa alat tulis supaya rapi dan mudah jika dicari.

Baca juga : Peluang Bisnis Digital

Berikut ini beberapa bahan dan juga cara dalam membuat rak mini dari kardus bekas.

Rak Mini Dari Bahan Kardus Bekas
Rak Mini Dari Bahan Kardus Bekas ilustrasi gambar dekoruma.com

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Kardus bekas
  • Gunting/cutter
  • Lem

Langkah Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Berbentuk Rak Mini

  1. Langkah pertama yaitu mengumpulkan bahan – bahan yang dibutuhkan seperti, kardus bekas, lem, cutter, kertas hvs warna / cat, dan bahan pendukung lainnya.
  2. Setelah bahan dan peralatannya lengkap, Anda bisa memotong kardus sesuai bentuk rak sebelum dirangkai. Gunakan cutter atau gunting untuk memotong.
  3. Setelah kardus dipotong sesuai dengan bentuk rak atau ukuran, Anda bisa memberikan warna. Terserah menggunakan kertas hvs warna ataukah menggunakan cat. Setelah di cat, kardus lalu di jemur terlebih dahulu agar cat cepat mengering dan kardus menjadi kuat.
  4. Selanjutnya adalah membuat lubang guna merangkai potongan – potongan kardus menjadi rak sesuai ukuran.
  5. Langkah terakhir yaitu dengan merangkai potongan kardus tersebut menjadi rak. Tidak lupa untuk memeriksa kekuatan rak agar rak tidak mudah rusak.

4. Tas Cantik dari Kardus Bekas

Sebagian wanita pasti suka sekali mengoleksi tas. Berbagai merk dan model tas yang dikoleksi. Namun, tidak salah jika Anda mencoba tas buatan kardus bekas yang unik juga bernilai manfaat ini. Dijamin harganya murah dan bisa dipakai kapan saja.

Baca juga : Daftar Power Bank Terbaik

Untuk membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk tas tidak terlalu sulit. Bahan dan peralatannya juga mudah untuk didapatkan. Bagi Anda yang tertarik ingin mencoba membuat kerajinan tangan dari kardus berbentuk tas, berikut ini bahan dan peralatan yang dibutuhkan serta cara membuatnya secara mudah.

Tas Cantik dari Kardus Bekas
Tas Cantik dari Kardus Bekas

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan:

  • Kardus bekas
  • Tali rafia
  • Lem
  • Gunting
  • Tali untuk pegangan
  • Kertas kado
  • Plastik transparan putih
  • Jarum kasur

Langkah Membuat Kerajinan Tangan dari Kardus Berbentuk Tas

  1. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan menggunting kardus sesuai dengan bentuk tas yang diinginkan.
  2. Agar tas terkesan menarik, maka bungkus bagian dinding luar kardus dengan kertas kado atau kertas berwarna lainnya. Tambahkan dengan bahan untuk mempercantik dinding luar kardus lainnya. Jadi, tidak harus menggunakan kertas kado.
  3. Agar tas yang dibuat awet dan tahan air, lapisi bungkusannya dengan plastik jenis transparan.
  4. Kemudian Anda bisa merangkai potongan kardus tersebut menjadi sebuah tas. Gunakan jarum dan juga tali rafia untuk merangkainya dengan cara dijahit.
  5. Langkah terakhir yaitu dengan memberikan lubang juga tali untuk pegangannya. Dan Anda sudah bisa mencoba tas baru hasil karya Anda untuk menaruh beberapa barang Anda.

Nah, itulah beberapa ilmu mengenai kerajinan tangan yang bisa Anda jadikan referensi untuk membuatnya sendiri dirumah. Kerajinan tangan yang murah, mudah dan juga kaya manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close