bisnis

Kesalahan Fatal dalam Berbisnis Kos-Kosan | Seputar Bisnis

Novriadi.com – Di era sekarang ini peminat untuk menjadi pengusaha muda berkembang begitu pesat. Hal ini terlihat berbagai jenis bisnis yang ada di Indonesia mulai dari kuliner hingga properti. Salah satu bisnis yang dahulu sampai sekarang masih eksis adalah berbisnis Kos–Kosan. Bisnis ini memang tidak pernah surut meskipun ada bisnis lainnya seperti sewa apartemen.  Kebanyakan orang hanya memikirkan keuntungan yang besar, namun tidak semua orang dapat sukses di bisnis ini. Tidak sedikit pengusaha Kos–Kosan melakukan kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja sehingga terjadi ketidakberhasilan dalam usaha Kos–Kosan. Pada artikel ini akan membahas tentang  kesalahan fatal dalam berbisnis Kos–Kosan.

Baca juga : Tips Sukses Bisnis Kos-Kosan

Kesalahan Fatal dalam Berbisnis Kos-Kosan | Seputar Bisnis

Sebelum kita membahas hal-hal terkait kesalahan fatal dalam berbisnis kos-kosan, kita terlebih dahulu harus memahami tips praktis mendapatkan kos-kosan berkualitas. Kosan yang berkualitas merupakan kosan yang terdapat fasilitas yang sesuai dengan promosi, fasilitas yang menunjang aktifitas penghuni kosan serta terjaga akan kebersihan, kenyamanan dan keamanan penghuni kosan. Kosan seperti ini yang dicari banyak orang. Berikut ini 4 tips praktis mendapatkan kosan yang berkualitas, antara lain :

Baca juga : Tips Menggali Ide Bisnis Kreatif

Tips Mendapatkan Kosan yang Berkualitas

Tips Mendapatkan Kosan yang Berkualitas

Perhatikan Fasilitas yang Ditawarkan

Tips yang pertama dan utama adalah anda harus lihat fasiltas yang tersedia di kosan tersebut. Setiap kosan menawarkan fasilitas yang berbeda – beda sehingga anda wajib memperhatikannya. Anda juga harus mengetahui fasilitas apa saja yang anda butuhkan sehingga dapat link and match dengan fasiltas di kosan tersebut. Jika anda mahasiswa maka fasilitas Wifi sangat anda butuhkan untuk membantu anda dalam mengerjakan tugas kuliah. Begitu juga ketika anda membawa kendaraan maka pentingnya mempertimbangkan terkait tampat parkir di kosan untuk menyimpan kendaraan anda. Anda juga perlu tahu bahwa semakin banyak fasiltas yang tersedia di kosan tersebut maka harga sewa kosan tersebut juga semakin mahal sehingga anda juga harus sesuaikan dengan budget anda.

Harga yang Sesuai

Anda juga harus perhatikan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan anda namun perhatikan pula dana yang tersedia. Saat memilih kosan jangan selalu mematok harga murah namun perhatikan harga yang sesuai dengan fasilitasnya. Jika kosan terdapat fasilitas yang lengkap namun harga sewa kosan jauh dari harga pada umumnya maka anda patut untuk curiga. Selain itu, anda juga bisa membandingkan dengan harga di kosan lainnya yang memiliki fasilitas serupa sehingga anda akan mendapatkan harga terbaik.

Perhatikan Lokasi dan Akses Kosan

Salah satu yang wajib anda perhatikan adalah terkait lokasi dan akses menuju ke kosan. Lokasi yang berdekatan dengan area kampusa atau tempat kerja akan menjadi skala prioritas anda dalam memilih kosan. selain itu akses menuju ke tempat kosan juga perlu anda pertimbangkan.  Hal ini dikarenakan dengan akses yang mudah dari dan ke kosan maka anda akan lebih cepat sampai ke lokasi kampus atau tempat kerja anda. selain itu juga tempat kosan harus mudah dalam mengakses fasiitas umum seperti rumah sakit, ATM, tempat makan,  dan sebagainya.

Tingkat Keamanan

Tips terakhir ini sangat penting karena terkait keamana di lokasi kosan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kejahatan lebih rentan terjadi di kawasan kosan. Oleh sebab itu, anda harus perhatikan keamanan di area kosan. Tingkat keamanan kosan juga perlu anda tanyakan terkait adanya CCTV atau kontrol akses pintu masuk. Jika kosan menggunakan kontrol pintu masuk maka hanya orang yang telah diberi akses yang dapat masuk kedalam kosan. Kontrol akses pintu masuk ini biasanya dalam bentuk biometrik seperti sidik jari atau pengenalan wajah.

Baca juga : Tips Sistem Managemen Bisnis Franchise

Kesalahan Fatal Dalam Berbisnis Kos-Kosan

Kesalahan Fatal Dalam Berbisnis Kos-Kosan

Menjadi pengusaha pemula dalam bisnis properti seperti bisnis Kos – Kosan, maka anda harus belajar dari kesalahan yang sering diperbuat oleh pengusaha pemula. Kesalahan – kesalahan tersebut menjadi referensi anda dalam menentukan keputusan dalam berbisnis. Keputusan yang tepat akan menjadi langkah yang baik untuk perkembangan bisnis anda. Berikut ini  kesalahan fatal dalam berbisnis Kos – Kosan, antara lain:

Sering Mengabaikan Perencanaan Bisnis

Perencanaan bisnis memang sangat penting untuk menentukan kebijakan. Perencanaan ini juga berkaitan dengan model kosan,  fasilitas yang tersedia serta target market atau calon penghuni kosan. Dalam membangun kosan diperlukan perecanaan terkait anggaran yang diperlukan untuk membangun kosan tersebut. Jika anda melakukan perencaan finansial terkait dana untuk membangun kosan maka anda dapat menentukan tarif sewa kosan. Hal ini akan mempermudah anda untuk menentukan kapan anda bisa balik modal. Oleh sebab itu, sering mengabaikan perencanaan bisnis ini menjadi kesalahan umum yang dilakukan pengusaha pemula. Jangan sampai anda rugi diawal gara – gara mengabaikan perencanaan bisnis.

Menjalankan Usaha Kosan Sendiri

Dalam berbisnis tidak dapat dikerjakan secara individu karena menjalankan bisnis terdapat beberapa unsur yang tidak dapat dihandle secara individu. Unsur yang pasti ada di setiap bisnis apapun yaitu marketing, keungan, sekretaris, perlengkapan dan lainnya. Hal ini tidak mungkin dikerjakan secara individu sehingga memerlukan bantuan orang lain. Anda dapat mengajak rekan anda, atau saudara anda untuk membangun bisnis Kos – Kosan menjadi lebih maju dan sejahtera.

Tidak Melakukan Marketing atau Promosi

Salah satu kegagalan dari setiap bisnis adalah matinya marketing. Marketing adalah cara untuk mendapatkan customer dengan menginformasikan usaha atau bisnis anda kepada orang lain yang dijadikan target market. Selain itu, sempitnya area marketing membuat bisnis kosan tidak berkembang. Saat ini sudah terdapat teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang pesat sehingga memudahkan anda untuk mempromosikan kosan anda secara online. Perilaku jaman sekarang sudah berubah, banyak orang memerlukan sesuatu dengan mencari info melalui internet termasuk mencari Kos – Kosan. Hal ini dikarenakan tidak sedikit terget market utama berasal dari luar kota.

Salah Dalam Menentukan Tarif Kosan

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pengusaha kosan pemula adalah salah dalam menentukan tarif kosan. Sebagai pengusaha pemula sebaiknya anda memperhatikan harga pasar sehingga harga atau tarif sewa kosan anda tidak jauh berbeda dengan harga kosan lainnya. Selain itu, tidak sedikit mindset pengusaha pemula inginnya mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat tanpa memikirkan efek jangka panjang. Jika harga tarif sewa kosan anda lebih tinggi dari kosan lain yang memiliki fasilitas yang sama maka secara logika, orang lain akan enggan untuk menyewa kosan anda.

Tidak Meningkatkan Pelayanan

Kesalahan terakhir ini bisa dibilang cukup fatal, karena banyak orang pindah ke kosan lainnya gara – gara tidak meningkatkan pelayanan yang efektif. Jika anda memiliki kosan maka anda gunakan teknologi yang ada seperti pembayaran sewa kosan bisa lewat internet banking sehingga penghuni kos tidak perlu ke tempat tinggal pemilik kosan. Selain itu, gunakan alat komunikasi yang sekarang lagi tren seperti WhatsApps. Media komunikasi ini bisa menjadi alat untuk mengutarakan keluhan terkait fasilitas di kosan anda.

Baca juga : Tips Sukses Bisnis Catering Rumahan

Demikian penjelasan terkait kesalahan fatal dalam berbisnis Kos –Kosan. Jika anda ingin memulai bisnis kosan maka anda harus pelajari kesalahan tersebut agar anda terhindar dari kesalahan yang sama. Anda juga harus belajar dari kesalahan tersebut sehingga anda lebih siap dalam menjalankan bisnis ini.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close