wisata

√ 17 Kuliner Khas Kota Jambi yang Wajib Dicoba

Siapa yang tidak kenal dengan Kota Jambi sebuah daerah yang dijuluki yaitu “Mutiara yang tersembunyi di jantung Sumatra” merupakan nama dari ibu kota Provinsi Kota Jambi yang terletak di Sumatra. Memiliki luas wilayah sekitar 205,38 km² dengan penduduknya berjumlah 750.857 jiwa. Bagi kamu yang sudah pernah ke Kota Jambi atau anak rantau dari Kota Jambi pastinya pernah merasakan keunikan wisata di kota ini khususnya dalam hal kuliner.

Makanan khas Kota Jambi terkenal karena rasa enaknya, dan yang pasti selalu membuat rindu akan nyamannya kota ini. Berikut ini daftar 17 Kuliner Khas Kota Jambi Yang Wajib Dicoba.

1. Daging Masak Hitam

Daging Masak Hitam

Makanan yang merupakan kuliner yang paling diminati oleh masyarakat Jambi dan para wisatawan. Makanan khas Jambi yang dibuat dengan bahan dasar daging sapi dan diolah dengan beberapa bumbu dan juga rempah-rempah.

Bumbu yang digunakan seperti adas, kecap, kayu manis, kelapa, jinten, dan pala bubuk. Daging Masak Hitam ini sangat cocok bila dimakan dengan nasi putih yang masih hangat. Rasanya akan semakin membuat lidah bergoyang

2. Cumi Cah Kangkung

Cumi Cah Kangkung

Dilihat dari namanya, makanan yang terbuat dari campuran antara cumi dengan kangkung. Kedua bahan tersebut dimasak dengan bumbu yang membuat makanan ini semakin lezat.

Bumbu yang dipakai biasanya yaitu rempah-rempah, minyak wijen dan kecap. Makanan yang satu sangat pas jika dinikmati dengan nasi putih hangat.

Baca juga : Kuliner Khas Sumatera Barat

3. Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin

Berbeda dengan Gulai Tepek Ikan, makanan khas ini terbuat dari ikan patin. Uniknya, Gulai patin yang dimasak dengan menggunakan tempoyak sebagai bumbunya. Seperti yang diketahui, tempoyak ini terbuat dari fermentasi durian.

Baca juga : Kuliner Khas Kota Batam

4. Gulai Tepek Ikan

Gulai Tepek Ikan

Makanan khas Jambi satu ini berbahan dasar ikan Gabus yang dimasak dengan cara di gulai. Umumnya Gulai Tepek Ikan ini dihidangkan pada acara-acara tertentu saja seperti pernikahan, acara adat, ataupun ketika menyambut tamu istimewa.

Maka dari itu, beruntung jika kamu berkunjung ke Jambi dapat merasakan makanan khas ini.

Baca juga : Kuliner Khas Kota Pekanbaru

5. Nasi Gemuk

Nasi Gemuk

Sepintas seperti nasi uduk yang biasa kita kenal. Jika di Malaysia dan Singapura makanan ini disebut dengan Nasi lemak. Bahan yang dipakai untuk membuatnya juga sama seperti nasi uduk yaitu beras, santan, daun pandan, daun salam dan daun jeruk.

Hanya saja yang membedakan dengan nasi uduk yaitu pelengkapnya. Pelengkap nasi gemuk ini seperti telur rebus, teri goreng, kacang tanah, bawang goreng dan sambal.

Baca juga : Wisata Kuliner Malam Aceh

6. Tempoyak

Tempoyak

Makanan khas Jambi yang pertama yaitu Tempoyak, merupakan makanan khas Jambi yang terbuat dari fermentasi buah durian.

Biasanya tempoyak dibuat dengan campuran ikan segar yang berasal dari Sungai Batanghari. Rasa tempoyak agak asam dan aroma duriannya sangat menyengat sekali. Tempoyak akan semakin nikmat jika dihidangkan bersama nasi putih yang masih hangat.

Baca juga : Kuliner Khas Blangpidie

7. Kue Srikaya

Kue Srikaya

Salah satu kue tradisional Jambi yaitu Kue Srikaya. Kue yang terbuat dari tape yang diolah dengan santan. Kue ini diberi pewarna hijau alami dari daun pandan. Karena menggunakan daun pandan sebagai pewarnanya, tidak heran jika Kue Srikaya ini memiliki aroma pandan yang harum dan menggugah selera.

Sama seperti selai srikaya, kue ini sama sekali tidak menggunakan srikaya sebagai bahan dasarnya. Namun begitu, rasa dari kue ini tetap lezat dan nikmat.

8. Sup Tulang

Sup Tulang

Sup tulang memiliki rasa yang hampir sama dengan sup iga. Namun, sup tulang khas Jambi ini memiliki rasa gurih dan unik tersendiri.

Meski namanya sup tulang, kamu tetap dapat menyantap daging yang masih melekat pada tulang yang disajikan tersebut. Aroma kaldu sapi yang menggoda akan langsung tercium ketika sup tulang ini disajikan. Di musim hujan, sup tulang menjadi menu makanan yang selalu diburu oleh banyak pengunjung.

9. Pempek Sambal

Pempek Sambal

Hampir semua orang di Indonesia mengenal pempek, dengan kuah cukanya yang khas. Namun, ada yang berbeda dari varian pempek kali ini, yaitu kuahnya menggunakan kuah sambal. Dicampur dengan daun jeruk dan daun kunyit, hidangan tradisional khas Jambi menjadi jawaban atas nikmatnya makanan pempek ini.

10. Mie Celor

Mie Celor

Tidak hanya di Palembang, Mie Celor juga terkenal sebagai salah satu makanan khas Jambi yang digemari. Makanan dari tepung terigu ini merupakan varian mie khas Jambi. Menu khas dari Mie Celor yaitu kuahnya yang kental dengan padanan tauge, seledri, dan daun sop. Porsi Mie Celor ini tergolong berat karena tepung terigunya dapat menggantikan asupan protein bagi tubuh. Sehingga cukup mengenyangkan.

11. Otak – otak

Otak – otak

Olahan ikan yang sudah dikenal hampir semua orang. Dan otak-otak bisa ditemukan di seluruh penjuru Indonesia, dari pasar kaki lima hingga bintang lima. Sebagai hidangan Melayu, makanan tradisional ini juga banyak tersedia di Jambi. Jadi, buat yang akan berlibur ke Jambi, jangan lupa untuk mencoba otak-otak khas Jambi.

12. Kerutup Ikan

Kerutup Ikan

Kerutup Ikan adalah makanan jenis sate. Kuliner tradisional khas Jambi yang biasanya dibuat dari bahan dasar ikan tawar, seperti ikan gurame, ikan nila, dan ikan mas. Bahan dasar tersebut kemudian diolah dengan rempah daun kunyit dan bahan lainnya.

13. Lempok Durian

Lempok Durian

Lempok Durian yaitu salah satu kuliner lezat khas Jambi. Sebagai wilayah penghasil buah-buahan, tentunya keberadaan Lempok Durian tidaklah mengagetkan. Hal ini sebab buah berduri memang menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Diolah menjadi Lempok, varian yang sangatlah terkenal tidak hanya di Jambi, dan se-Indonesia. Oleh – oleh yang bisa dijadikan cemilan dan juga memiliki rasa yang enak.

14. Kue Padamaran

Kue Padamaran

Banyak orang mengira kue khas Jambi ini dibuat menggunakan daun pandan karena warna hijaunya. Namun, sedikit yang tahu jika ternyata warna hijau tersebut berasal dari daun suji. Kue yang terbuat dari bahan dasar santan dan tepung beras ini merupakan salah satu makanan paling populer di Jambi, baik bagi warga setempat dan wisatawan pemburu oleh-oleh. Rasanya yang nikmat dan manis membuat makanan ini layak menjadi buah tangan khas Jambi.

15. Dodol Kentang

Dodol Kentang

Selain dodol nanas, varian dodol kenamaan dari Jambi yaitu Dodol Kentang Kerinci. Mungkin terdengar aneh ketika pertama mengetahui dodol yang terbuat dari kentang. Namun, soal rasa, tidak diragukan lagi kenikmatannya. Tekstur lembutnya berpadu dengan adonan kenyal memberikan citarasa manis yang akan membuatmu ketagihan dan penasaran dibuatnya.

16. Kue Burgo

Kue Burgo

Makanan khas Jambi yang terkenal dengan teksturnya yang kenyal dan rasa gurihnya siap menggoyang lidah. Kue Burgo dibuat dari campuran bahan dasar tepung sagu dan tepung beras, dimasak dengan didadar dan dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Dan terakhir untuk memasak Kue Burgo yaitu menyajikannya dengan kuah dan telur rebus.

17. Kue Muso

Kue Muso

Seperti kue pie, Kue Muso berbentuk menyerupai mangkuk. Bahan dasar bentuk mangkuk sendiri yaitu coklat padat. Mangkuk coklat kemudian menampung adonan ketan hijau ditengahnya. Kuliner khas Jambi ini sangat cocok untuk dijadikan takjil menjelang bulan Ramadhan. Karena di setiap bulan tersebut tidak pernah dilupakan sebagai hidangan pembuka buka puasa.

Demikianlah contoh dari 17 Kuliner Khas Kota Jambi Yang Wajib Dicoba. Semoga menjadi referensi saat kamu berlibur ke Jambi.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close