umum

Manajemen Sumber Daya Manusia: Definisi, Fungsi, Dan Tujuan

Apa itu sumber daya manusia? Adapun memang pemahaman dari manajemen sumber daya manusia atau manajemen sumber daya manusia sendiri ialah proses dan upaya untuk dapat merekrut, mengembangkan, memotivasi dan juga sekaligus melakukan evaluasi sumber daya manusia yang komprehensif.

Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan sebuah ilmu untuk mengatur adanya hubungan dan peran tenaga kerja yang sangat efisien dan efektif, guna untuk dapat mencapai tujuan utama perusahaan. Manajemen SDM merupakan sebuah studi ilmu manajemen yang mampu untuk menggabungkan antara teori psikologis, sosiologis dan yang lainnya.

Aplikasi aktual mencakup desain dan implementasi perencanaan, persiapan karyawan, manajemen karier, pengembangan karyawan, evaluasi kinerja, dan hubungan kerja. Pada dasarnya, manajemen sumber daya manusia melibatkan kebijakan dan keputusan yang memengaruhi pekerjaan.

Baca juga : Joko Widodo

Definisi manajemen sumber daya manusia menurut para ahli

Manajemen Sumber Daya Manusia: Definisi, Fungsi, Dan Tujuan
Manajemen Sumber Daya Manusia: Definisi, Fungsi, Dan Tujuan

Beberapa ahli di bidang manajemen telah menjelas definisi manajemen sumber daya manusia, yang di antaranya adalah:

Anwar Prabu Mangkunegara

Berdasarkan dari ungkapan Anwar Prabu Mangkunegara, manajemen sumber daya manusia adalah rencana untuk mengatur, melaksanakan dan mengawasi pengadaan, pengembangan, remunerasi, integrasi, pemeliharaan dan pemisahan tenaga kerja untuk mencapai tujuan organisasi.

Baca juga : Bj Habibie

Handoko

Berdasarkan apa yang diungkapkan oleh Handoko, gagasan manajemen sumber daya manusia ialah sebuah kegiatan seleksi, pengembangan, rekrutmen, pemeliharaan dan penggunaan sumber daya manusia untuk dapat mencapai tujuan individu dan organisasi.

Sumber daya manusia yang secara efektif dimiliki oleh organisasi untuk mencapai tingkat penggunaan sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi untuk mencapai tujuannya.

Tujuan manajemen sumber daya menurut para ahli

Tujuan manajemen sumber daya
Tujuan manajemen sumber daya

Menurut Cushway, ada 5 buah tujuan manajemen sumber daya manusia, yaitu:

Baca juga : Pengertian Ham

Buat kebijakan dan pertimbangan

MSDM mempunyai tugas untuk dapat memotivasi pekerja. Dengan begitu, divisi yang menangani masalah juga harus dapat membantu untuk membuat kebijakan untuk SDM.

Bantu perusahaan mencapai tujuan

Divisi manajemen sumber daya manusia yang juga bisa bertanggung jawab untuk mengimplementasikan kebijakan dan memperhitungkan dampak kebijakan dan prosedur pada pekerja.

Berikan dukungan

Salah satu tujuan paling penting dari HRM adalah untuk memberikan dukungan kepada perusahaan. Dengan cara ini, bentuk nyata dukungan adalah merekrut sumber daya manusia yang berkualitas dan menciptakan kondisi yang menguntungkan di perusahaan.

Baca juga : Sejarah Indonesia

Memecahkan masalah

Setiap organisasi atau perusahaan akan menghadapi masalah. Seringkali, masalah ini membawa perusahaan pada situasi krisis dan risiko negatif bagi banyak pihak.

Peran HRM/MSDM sangat penting untuk menyelesaikan masalah yang ada di perusahaan.

sumber daya manusia
sumber daya manusia

Media komunikasi terbaik

HRM/MSDM dapat bertindak sebagai alat komunikasi yang menyatukan hubungan antara pekerja, manajer dan perusahaan. Tentunya seringkali memang karyawan menghindari berkomunikasi secara langsung dengan manajer maupun staf lain. Di sinilah peran departemen sumber daya manusia diperlukan untuk membantu komunikasi.

Baca juga : Otonomi Daerah

Fungsi manajemen sumber daya manusia

fungsi sumber daya manusia
fungsi sumber daya manusia

Mengacu pada pemahaman tentang manajemen sumber daya manusia, ini terkait erat dengan peraturan tenaga kerja perusahaan dan interaksinya di antara anggota. Ketika menerapkan manajemen sumber daya manusia yang baik di perusahaan atau bisnis, ia memiliki manfaat sebagai berikut:

Penetapan Staf / pekerjaan

Dengan pengelolaan sumber daya manusia, rencana yang baik akan dibentuk mengenai pemilihan tenaga kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Manajer memiliki fungsi menyaring tenaga kerja sesuai dengan pengalaman dan komposisi yang dibutuhkan perusahaan. Tujuannya adalah untuk menghindari kelebihan dan kekurangan pekerjaan.

Baca juga : Wawasan Pancasila

Evaluasi kinerja

Seorang manajer akan bertanggung jawab untuk mengevaluasi tenaga kerja. Dengan adanya manajemen sumber daya manusia, Anda dapat memberikan evaluasi kinerja anggota dan memastikan bahwa setiap tenaga kerja memenuhi tanggung jawab tenaga kerjanya.

Kompensasi

Manajemen sumber daya manusia juga terkait dengan koordinasi pemberian kompensasi atau penghargaan untuk pekerjaan. Manajer memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan struktur penggajian yang baik. Ini terkait dengan kompatibilitas antara pembayaran dan manfaat yang diberikan oleh tenaga kerja.

Pelatihan dan pengembangan

Sebagaimana dijelaskan dalam pemahaman tentang manajemen sumber daya manusia yang mengatur hubungan kerja, ia memiliki peran memberikan pelatihan dan arahan yang baik kepada anggota perusahaan.

Pelatihan dan pengembangan SDM
Pelatihan dan pengembangan SDM

Manajer juga bertanggung jawab atas masalah pemutusan hubungan kerja jika ada anggota yang tidak memenuhi kriteria kualitas pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan atau jika ada kelebihan kerja.

Baca juga : Pengertian Negara

Personel research

Tentunya sebagai seorang manajer akan sangat berusaha untuk meningkatkan efektivitas operasi perusahaan melalui analisis masalah pekerja individu. Misalnya, yang terkait dengan keterlambatan tenaga kerja, ketidakhadiran yang berulang dan masalah lain yang mungkin timbul karena ketidaknyamanan pekerja dengan sistem perusahaan.

Dengan menganalisis perilaku ini sehubungan dengan pekerja pribadi, Anda dapat menghindari karyawan yang tiba-tiba berhenti. Karena ini dapat mempengaruhi kegiatan perusahaan.

Baca juga : Peta Indonesia

Di atas Itu adalah tinjauan gagasan manajemen sumber daya manusia, fungsi manajemen sumber daya manusia, tujuan manajemen sumber daya manusia dan peran penting mereka dalam bisnis. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close