Manfaat Buah Alpukat Bagi Tubuh Yang Patut Diketahui, Lengkap!

Novriadi.comManfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh yang mampu meningkatkan imun tubuh, membuat kulit halus, kaya vitamin dan sebagainya. Buah lokal yang banyak disukai orang ini tidak hanya enak dijadikan sebagai jus, namun juga disajikan untuk salad dan beberapa kudapan kue.

Alpukat merupakan buah yang disebut sebagai super fruit. Hal ini karena buah ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Selain kaya manfaat, alpukat sering menjadi favorit dikarenakan rasanya yang lezat dan menyegarkan.

Untuk itulah berikut ini akan dibahas mengenai manfaat buah alpukat bagi tubuh lengkap yang bisa kamu ketahui. 

Manfaat Buah Alpukat

Buah alpukat tidak hanya baik untuk orang dewasa, namun juga untuk anak – anak yang sangat membutuhkan asupan vitamin dalam perkembangan kesehatan. Simak berikut apa saja manfaat buah alpukat:

1. Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat yang bisa dirasakan untuk tubuh dalam mengkonsumsi buah alpukat, yaitu:

  • Menurunkan kolesterol. Jika ingin hidup sehat dan terhindar dari kolesterol, maka ada baiknya rutin mengkonsumsi alpukat sebagai buah pencuci mulut. Sebuah penelitian mengatakan jika buah alpukat yang dikonsumsi secara rutin dapat menyeimbangkan pola makan dan menjaga tubuh semakin sehat. 
  • Mengurangi risiko terjadinya kanker, kanker menjadi salah satu penyakit yang berbahaya dan paling mematikan di dunia. Walau belum banyak penelitian yang menguji buah alpukat dalam mengurangi risiko kanker, namun buah ini bisa dikonsumsi sebagai salah satu bentuk pencegahan dan menjaga kesehatan secara paripurna.
  • Menjaga kesehatan jantung, buah alpukat yang dikonsumsi secara rutin dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Dapat menjaga sistem metabolisme menjadi lebih baik. Dan asupan kalium dalam jumlah cukup, dapat membantu menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi terjadinya serangan jantung, stroke dan gagal ginjal. 
  • Mengoptimalkan kesehatan mata, memiliki mata yang sehat tentu menjadi salah satu keinginan semua orang. Dengan mengkonsumsi alpukat secara rutin, maka kesehatan mata akan terjaga dengan baik. Risiko terjadinya katarak berkurang karena alpukat dapat melindungi kesehatan mata dalam waktu yang panjang. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam alpukat mampu menjaga kesehatan mata dan mengurangi segala kerusakan lainnya.
  • Menyerap nutrisi yang baik, buah alpukat dapat meningkatkan penyerapan aktioksidan dan bisa dijadikan sebagai bahan detoks alami.  
  • Mengurangi rasa sakit bagi penderita osteoarthtritis, buah alpukat dapat diekstrak dengan minyak kedelai, dan seringkali disebut dengan Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU) yang bermanfaat untuk penderita osteoarthtritis atau radang sendi. Dan dapat mencegah kerusakan sel yang melapisi sendi juga membantu regenerasi jaringan ikat pada sendi.
  • Menurunkan risiko penyakit pembuluh darah, buah alpukat juga mampu menurunkan risiko penyakit pada pembuluh darah. Kandungan vitamin B6 dan asam folat yang terdapat di buah alpukat dapat menjaga kadar homosistein dalam darah. Jika dikonsumsi rutin, maka nutrisi dalam alpukat dapat menjaga kadar kolesterol darah menjadi seimbang. 
  • Membantu menurunkan berat badan, alpukat memiliki kandungan lemak baik yang tidak jenuh, sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti makanan berat. Alpukat yang mudah mengenyangkan juga dapat menurunkan nafsu makan sehingga sering dijadikan menu diet yang seimbang dan sehat.

Baca juga: manfaat buah naga

 2. Kaya Manfaat

Alpukat terdiri dari beberapa zat gizi yang kaya manfaat. Kandungan gizi alpukat di antaranya mengandung:

  • Energi, alpukat menjadi buah yang memiliki kandungan energi yang banyak. Beberapa kandungan zat gizi makro yang ada pada alpukat membuat buah ini memiliki kandungan energi.
  • Protein, alpukat juga mengandung protein. Protein yang ada di dalam buah alpukat yaitu jenis protein nabati.
  • Lemak, kandungan lemak yang ada di dalam alpukat terdiri dari asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh. Kedua asam inilah yang sangat baik bagi kesehatan. Karena asupan asam oleat dan linoleat cukup baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  • Karbohidrat, setiap 100 gram buah alpukat memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 7,70 gram.
  • Vitamin, buah alpukat juga mengandung beberapa jenis vitamin. Seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), dan vitamin C. Nilai kandungan vitamin yang ada pada 100 gram alpukat terdiri dari 180 IU vitamin A; 0,05 mg vitamin B1; 13 mg vitamin C. Dimana semua vitamin tersebut sangat baik untuk kesehatan mata dan kulit.
  • Mineral, kandungan mineral yang terdapat dalam buah alpukat seperti kalium, potasium, dan sodium. Dimana kandungan potasium di dalamnya jauh lebih banyak dari nanas.
  • Senyawa Antioksidan, buah alpukat juga mengandung beberapa zat yang memiliki aktivitas antioksidan. Beberapa senyawa antioksidan seperti saponin, alkaloid, dan flavonoid. Dimana zat tersebut baik bagi kesehatan tubuh terutama dalam hal sistem kekebalan tubuh dan kecantikan.

Baca juga: 5 manfaat minyak eucalyptus

3. Alpukat Untuk Program Hamil dan Kehamilan

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, alpukat juga memiliki kebaikan untuk bunda yang sedang program hamil dan juga saat proses kehamilan.

  • Dapat memperbaiki sel telur saat sedang menjalani program hamil, manfaat dari mengkonsumsi buah alpukat dapat berguna dalam meningkatkan kesuburannya. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dan serat yang tinggi. Alpukat bahkan dapat mengurangi risiko terjadinya masalah pada sel telur. 
  • Menjaga ibu hamil tetap sehat selama masa kehamilan, buah alpukat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung banyak nutri mulai dari protein, lemak sehat, vitamin sampai mineral. Kandungan folat yang kaya dapat membantu memperbaiki sel tubuh selama masa kehamilan. Jika ibu hamil rutin mengkonsumsi buah alpukat, akan memberikan manfaat seperti, mencegah cacat syaraf pada janin, mengoptimalkan pertumbuhan tulang janin dan mencegah deformitas atau gangguan struktur pada tulang, meningkatkan kerja usus dan fungsi pencernaan ibu hamil, mengurangi keluhan ibu hamil seperti kram dan muntah akibat morning sickness, mengurangi anemia, diabetes, tekanan darah tinggi juga stroke.
  • Membantu menurunkan stres, tidak hanya kesehatan fisik, namun kesehatan mental juga perlu dijaga. Manfaat alpukat lainnya yaitu dapat membantu mencegah kelebihan kadar homosistein dalam tubuh. Yang dapat dengan mudahnya terkena stres bahkan depresi. Dan kandungan vitamin B yang bisa melepaskan neutronsmitter untuk mengurangi perasaan cemas yang memicu stres. Sehingga baik untuk menjaga ibu hamil tetap dalam kondisi tenang dan tidak cemas. 

Baca juga: kenali sejumlah makanan meningkatkan imun anak

Nah, itu tadi beberapa penjelasan mengenai manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.