bisnis

Manfaat Daun Kelapa Sebagai Multifungsi Bisa Jadi Ladang Bisnis

Pernahkah anda melihat daun kelapa? Saat datang ke daerah tepi pantai atau daerah pegunungan, pohon kelapa ini sering sekali anda temui. Namun, siapa sangka jika kita mengira selama ini hanya dapat dimanfaatkan buahnya saja, ternyata manfaat daun kelapa pun sangat banyak.

Beberapa Manfaat Daun Kelapa

Untuk Dibuat Ketupat

manfaat daun kelapa

Pastinya sudah bukan lagi hal yang asing ketika anda menjumpai manfaat daun kelapa yang disulap menjadi bentuk ketupat, bukan? Daun kelapa yang biasa dibuat ketupat disebut sebagai janur. Namun, biasanya ketupat ini dibuat pada saat menjelang hari raya idul fitri.

Beberapa orang juga membuat ketupat, namun bukan untuk makan sehari-hari. Melainkan untuk dijual seperti halnya ketupat untuk ketoprak. Lain lagi dengan daun kelapa yang sudah berearna hijau tua. Janur yang biasa dibuat ketupat cenderung memiliki warna kuning keputihan.

Sapu Lidi

Daun kelapa juga kerap kali dimanfaatkan untuk membuat sapu. Biasanya yang diambil hanya lidinya saja, karena memang untuk menyapu yang digunakan adalah lidinya, bukan daunnya. Akan tetapi, memanfaatkan lidi dari daun kelapa yang dibuat sapu ini harus dalam jumlah banyak.

Hal ini supaya ketika anda menyapu maka sampah akan dengan mudah didorong oleh sapu. Lain halnya jika jumlah lidinya sedikit. Meski terbuat dari lidi daun kelapa, sapu lidi kerap kali dijual untuk beberapa kebutuhan orang, seperti halnya orang-orang di daerah kota sana.

Tanda Hajatan

Ketika seseorang punya hajat, entah itu acara sunatan atau pun pernikahan kerap kali diberi simbol janur atau daun kelapa. Sering kali daun kelapa dibuat menjadi bentuk tertentu tanpa menghilangkan dahannya. Terlihat sangat indah, namun juga sebagai tanda.

Baca Juga : 5 Barang Unik di New Normal Bisa jadi Barang Koleksi

Daun kelap yang dimanfaatkan untuk tanda adanya pernikahan atau sunatan ini jika seseorang yang punya hajat rumahnya di dalam gang maka kerap kali meletakan tanda ini di dekat gang. Hal ini sebagai tujuan supaya ketika tamu datang dari jauh mengetahui akan adanya acara yang hendak dituju.

Kesenian Pedang

Selain daftar manfaat dari daun kelapa di atas, kali ini kita akan bahas mengenai manfaat yang lainnya. Yakni, adalah kesenian pedang. Daun kelapa bisa dibuat menjadi bentuk keris. Cara pembuatannya terbilang sederhana, kerap kali daun kelapa yang diubah menjadi bentuk keris ini dimainkan oleh anak-anak.

Membuat Wadah Lepet

Manfaat lainnya yakni, daun kelapa juga bisa dijadikan untuk wadah lepet. Isinya pun sama halnya beras, hanya saja yang membedakan adalah menggunakan beras ketan. Selain itu, perbedaan lainnya yakni dari bentuk. Jika ketupat berbentuk belah ketupat, maka lepet berbentuk lonjong.

Cara memasaknya pun sama seperri pembuatan ketupat, yakni direbus ke dalam air mendidih sampai matang. Jika sudah matang, maka lepat ditiriskan kemudian didiamkan hingga dingin. Lepet ini biasanya banyak dijumpai di daerah Brebes dan lezat dimakan meski tanpa lauk pauk karena sudah gurih.

manfaat daun kelapa Jam Tangan

Variasi lainnya adalah bahwa daun kelapa dapat dimanfaatkan untuk membuat jam-jaman. Biasanya, jam tangan yang teebuat dari daun kelapa ini hanya dimanfaatkan sebagian karena penggunaannya yang hanya memanfaatkan lingkar pergelangan tangan saja sehingga tidak seboros ketika membuat ketupat.

Baca Juga : 4 Ponsel Keluaran Terbaru Bisa Jadi Rekomendasi

Itulah beberapa manfaat daun kelapa. Kiranya, dari manfaat-manfaat itu, anda sudah merubah daun kelapa jadi bentuk apa?

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close