Uncategorized

Memahami Lebih Jauh Apa itu Kamera AI

Bagi Anda yang belum familiar dengan perkembangan teknologi kamera, mungkin akan bertanya-tanya, apa itu kamera AI ? Istilah kamera AI memang sedang ramai diperbincangkan, terutama pada smartphone-smartphone kekinian keluaran terbaru. Seiring berkembangnya teknologi, industri gadget pun juga terus melakukan pembaharuan terhadap fitur-fitur smartphone yang mereka produksi, salah satunya kamera.

Baca Juga : Link Ujian Tingkat Ketololan Docs Google Form

Mengenal Lebih Dekat Apa itu Kamera AI

apa itu kamera AI

Sebelum mengetahui tentang kamera AI, terlebih dahulu kita simak apa yang dimaksud dengan AI itu sendiri. AI, merupakan singkatan dari Artificial Intelligent. Yaitu kecerdasan buatan yang diaplikasikan pada sistem komputer, sehingga sistem tersebut dapat melakukan analisis layaknya manusia. Kecerdasan yang dimaksud adalah kemampuan mengambil keputusan mencakup learning, reasoning, dan self correction.

Penerapan sistem AI di dalam kamera smartphone kekinian terletak pada kecanggihan kamera tersebut dalam proses pengambilang gambar. Pada intinya, dengan teknologi AI ini, seseorang dapat mengambil gambar dengan jauh lebih bagus. Apa itu kamera AI adalah lebih kepada fitur-fitur kamera itu sendiri yang dapat membuat segala pengaturan gambar berjalan secara otomatis.

Fitur-Fitur pada Kamera AI

Dengan teknologi AI, kamera pada smartphone Anda dapat mendeteksi objek dalam frame foto secara otomatis. Hal tersebut berlaku baik foto berupa pemandangan maupun wajah, baik landscape maupun potrait. Sistem AI juga mampu memaksimalkan setting kamera secara otomatis. Selagi mengambil foto, akan muncul panduan atau arahan, sehingga gambar yang dihasilkan adalah gambar yang terbaik.

Biasanya, teknologi bokeh hanya bisa dieksekusi oleh kamera profesional. Namun dengan AI pada kamera smartphone, hal tersebut kini dapat dilakukan. Teknologi ini juga dapat mengenal fitur wajah dengan facial recognition dan memberikan efek beauty yang disesuaikan dengan kontur wajah pengguna, terutama saat melakukan selfie.

Smartphone dengan Teknologi AI

Jika Anda masih bertanya-tanta apa itu kamera AI, Anda bisa langsung melihat pengaplikasiannya di beberapa merk smartphone keluaran terbaru. Salah satu contohnya adalah Realme 3. Di kamera bagian belakang, Realme memungkinkan untuk melakukan pengenalan 16 scene gambar independen dan 100 kombinasi scene gambar secara otomatis.

Sehingga, kamera tersebut dapat melakukan pemilihan strategi pencahayaan terbaik untuk dynamic dan rasio kontras yang lebih baik. Sedangkan untuk keperluan selfie, Realme 3 dapat mengembalikan detail kualitas kulit, mata, dan rambut melalui 296 titik pengidentifikasian muka atau wajah. Bagi Anda penggemar selfie, tentunya kamera dengan teknologi AI ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Smartphone lain yang tak ingin kalah menghadirkan teknologi AI ini adalah Samsung. Salah satu yang bisa Anda temui adalah pada Samsung Galaxy S10. Beberapa fitur yang disediakan diantaranya adalah scene optimizer, live focus, smart composition, ultra wide, super slow-mo, dan super steady.

BAca Juga : 6 Tips Atasi Hoax dan Cara Mengeceknya

Misalnya dengan fitur smart composition, Anda akan mendapatkan arahan untuk mengambil gambar dengan komposisi dan proporsi terbaik secara otomatis. Jika Anda gemar melakukan vlogging, fitur super steady ini tentunya akan sangat mendukung karena dapat dihasilkan video tanpa adanya guncangan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi membawa-bawa tripod ketika mengambil video.

Demikian tadi adalah penjelasan mengenai apa itu kamera AI. Bukan tidak mungkin, teknologi ini pun akan terus dikembangkan, sehinggat fitur-fitur yang ada di dalamnya semakin lebih canggih. Dengan kecanggihan kamera smartphone yang dilengkapi dengan AI ini, banyak orang yang bahkan sudah menggunakannya untuk keperluan profesional. Sekian informasi dari kami, semoga bermanfaat untuk Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close