Teknologi

Mengenal Secara Langsung Apa Itu Whatsapp dan Sejarahnya

WhatsApp Messenger atau WhatsApp adalah aplikasi pengiriman pesan instan dan lintas-platform pada telepon pintar yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan seperti SMS tanpa menggunakan kredit, tetapi koneksi Internet. WhatsApp memiliki dasar yang mirip dengan BlackBerry Messenger.

WhatsApp diluncurkan pada Januari 2009. Namun, pada 2014, WhatsApp secara resmi telah menjadi milik Facebook setelah melalui proses yang teramat panjang dengan akuisisi selama 8 bulan. Di WhatsApp, Anda dapat mengirim teks, foto, audio, file, dan gambar ke pengguna lain, panggilan, panggilan video, dan membuat cerita (story).

Tentunya untuk mempergunakan sebuah WhatsApp, Anda cukup mendaftar menggunakan nomor ponsel Anda. WhatsApp dapat berjalan di beberapa platform, seperti Android, iOS, Seri 40, Windows Phone, BlackBerry 10, BlackBerry OS, Symbian, dan berbasis Web (we web).

Sejarah WA atau Whatsapp

WhatsApp Inc. sendiri memang telah didirikan pada 24 Februari 2009 di Mountain View, California, Amerika Serikat oleh Brian Acton dan Jan Koum, yang dahulunya telah bekerja sebagai karyawan Yahoo! Setelah mereka meninggalkan Yahoo! Pada September 2007, mereka pergi ke Amerika Selatan untuk menenangkan diri dan kemudian meminta Facebook, tetapi ditolak.

Pada bulan januari tahun 2009, setelah Koum membeli iPhone, ia kemudian mengunjungi teman-temannya Alex Fishman untuk berbicara tentang potensi industri aplikasi App Store. Pada saat itu, Koum memanfaatkan $ 400.000 yang ia kumpulkan saat bekerja di Yahoo! Untuk mewujudkan idenya, ia tentu membutuhkan pengembang iPhone.

Apa Itu Whatsapp dan Sejarahnya
Apa Itu Whatsapp dan Sejarahnya Ilustrasi gambar metro.co.uk

Fishman kemudian pada akhirnya memperkenalkan Koum, seorang pengembang iPhone Rusia yang telah ia temukan berada di RentACoder.com, Igor Solomennikov. Aplikasi yang dibuat sendiri telah dberi nama WhatsApp Inc. di California pada tanggal 24 Februari 2009.

Namun, prosesnya tidak lancar, yang berarti bahwa WhatsApp sering gagal dan tidak dapat berfungsi seperti yang diharapkan. Akhirnya, Koum merasa keputus asaan dan berniat untuk menutup bisnisnya. Namun, Brian Acton berusaha untuk terus berusaha selama beberapa bulan ke depan. Acton sendiri pada akhirnya bisa bergabung dengan Koum. Pada bulan Oktober tahun 2009, Brian Acton mengundang lima mantan Yahoo! Investasikan $ 250.000 dalam dana awal di WhatsApp dan dapatkan posisi sebagai salah satu pendiri.

Kemudian, di bulan November 2009, WhatsApp akhirnya secara resmi diluncurkan di App Store untuk iPhone. Setelah berhasil memasuki App Store, pada Januari 2010, WhatsApp memasuki BlackBerry Store pada Agustus 2010, dukungan WhatsApp untuk sistem operasi Android ditambahkan.

Status WhatsApp telah berubah dari sifatnya yang free menjadi berbayar. Pengguna aktif aplikasi WhatsApp sendiri telah mencapai 200 juta pada bulan Februari 2013. Jumlahnya dua kali lipat pada Desember dan meningkat lagi menjadi 500 juta pada April 2014. Hingga bulan September 2015, pengguna aktif WhatsApp telah mencapai 900 juta.

Popularitas dan perkembangan WhatsApp yang cepat, Facebook nyatanya telah menjadi sebuah tertarik dan ingin membeli aplikasi WhatsApp. Pada akhirnya kemudian, WhatsApp berhasil mengubah hak properti Facebook dengan membeli pada harga yang bisa dibilang cukup fantastis yaitu mencapai $ 22. Anda dapat unduh aplikasi wa ini di situs resminya untuk pc dan app store pada smartphone android.

Fitur dan manfaat WhatsApp

  • Obrolan pribadi atau grup

Dengan WhatsApp, anda dapat mengirim pesan dengan pengguna lain baik teks, audio, file dokumen, foto dan video. Tidak hanya obrolan pribadi, tetapi anda juga dapat membuat obrolan grup yang berisi pengguna WhatsApp yang lainnya. Misalnya, anda ingin membuat grup obrolan yang berisikan sebuah anggota keluarga besar untuk memfasilitasi komunikasi antara keluarga yang dipisahkan oleh jarak.

  • Media Pendidikan

Sampai dengan saat ini sendiri tidak jarang orang-oran mempergunakan Whatsapp sebagai sarana belajar, seperti halnya sebuah kursus / tutorial (baik dalam obrolan kelompok atau pribadi), seminar dan lokakarya online. Cukup dengan melakukan grup obrolan dan kemudian mengundang peserta ke grup, kelas bisa dimulai.

  • Sarana bisnis

WhatsApp sering digunakan juga untuk kegiatan komersial, misalnya, untuk promosi, informasi, dan pesanan. Pengusaha yang menggunakan WhatsApp secara pribadi dapat mempromosikan bisnis mereka dengan pengguna lain atau dengan mengirimkan informasi bisnis ke obrolan grup. Jika ada yang tertarik dengan bisnis ini, mereka biasa akan dapat diperintahkan untuk menghubungi pemilik bisnis WhatsApp untuk informasi dan pemesanan lebih lanjut.

  • Bagikan informasi dan berita.

Anda bisa membagikan sebuah informasi dan berita dengan pengguna WhatsApp lainnya dengan mengirimkannya ke obrolan pribadi atau obrolan grup.

  • Panggilan video dan suara

Nah, selain bisa mengirim pesan, Anda juga bisa menelepon pengguna lain dan juga melakukan panggilan video dengan mereka. Untuk membuat video dan panggilan suara Anda berfungsi dengan lancar, pastikan koneksi internet Anda stabil.

  • Buat status / sebuah story

Seperti Instagram, di WhatsApp Anda juga dapat membuat status / cerita yang dapat dilihat teman Anda (pengguna WhatsApp yang lainnya). Anda sendiri bisa kemudian memasukkan teks, stiker, legenda dan corat-coret dalam cerita dengan fungsi yang ada tersebut.

  • Komunitas media

Anda dapat menggunakan WhatsApp sebagai tempat pertemuan komunitas online. Anda dapat terhubung dengan anggota komunitas lainnya sehingga penyebaran informasi dan komunikasi menjadi mudah. Dengan komunikasi yang lancar, kegiatan masyarakat diharapkan bekerja dengan baik.

Keuntungan dan kerugian WhatsApp

Keuntungan WhatsApp yang terdapat pada WhatsApp. Smartphone terbaik di dunia

  • Cara menggunakannya dengan mudah

WhatsApp akan sangat mudah dipergunakan bahkan untuk pengguna baru. Cukup daftarkan nomor telepon Anda untuk menggunakan WhatsApp.

  • Nomor telepon yang disinkronkan secara otomatis

Anda sendiri memang tidak memerlukan untuk dapat memasukkan kontak teman satu per satu ke WhatsApp karena semua nomor telepon ponsel cerdas Anda akan secara otomatis disinkronkan dan akan langsung masuk ke WhatsApp. Anda cukup menemukan nama teman Anda di WhatsApp tanpa harus menambahkannya lagi.

  • Anda dapat chat obrolan / cadangan

Jika Anda mengganti ponsel cerdas baru, Anda dapat membuat cadangan / cadangan obrolan WhatsApp Anda. Jika seperti itu maka Anda tidak akan kehilangan obrolan WhatsApp di smartphone lama.

  • Menggunakan koneksi internet

Untuk menggunakan WhatsApp, Anda memerlukan koneksi Internet. Tentu saja, metode ini lebih murah daripada penggunaan SMS yang membutuhkan kredit/pulsa.

  • Anda dapat membatalkan pengiriman pesan

Anda bisa dengan mudah membatalkan pengiriman pesan Anda ke obrolan pribadi dan grup dengan menyentuh opsi “delete for every one”. Karena itu, pesan yang Anda dapat batalkan tidak akan kemudian dapat dibaca oleh penerima.

  • Informasi yang bersifat pribadi dapat disembunyikan dengan sangat baik

Anda bisa sembunyikan informasi pribadi Anda, seperti status dan foto profil pengguna lain. Tidak hanya itu, Anda dapat menyembunyikan status tanda terima yang terakhir dilihat dan dibaca sehingga pengguna lain tidak tahu kapan Anda terakhir online dan apakah Anda telah membaca pesan Anda atau belum. Tetapi, Anda harus ingat bahwa Anda tidak akan dapat melihat status terbaru dan membaca receipts yang dimiliki oleh orang lain juga.

Kekurangan yang terdapat pada WhatsApp

Di bawah ini adalah beberapa kekurangan WhatsApp.

  • Biaya boros

Tidak seperti aplikasi perpesanan lain, jika Anda ingin melihat video, gambar, atau audio yang dikirimkan kepada Anda, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Metode ini tentu sia-sia karena jika Anda ingin membuka foto, misalnya, Anda harus mengunduhnya.

  • Butuh koneksi internet yang kuat

Untuk menggunakan WhatsApp Web, Anda tentu butuh sekali akan koneksi Internet yang cukup kuat agar penggunaan bisa berjalan dengan sangat lancar. Jikalau koneksi internet Anda tersebut lemah, maka WhatsApp Web nantinya akan dapat menerima sebuah jawaban.

  • Hanya dapat digunakan jika smartphone menyala

Anda harus tahu bahwa WhatsApp Web hanya dapat dijalankan jika ponsel cerdas Anda masih menyala. Karena itu, jika ponsel Anda mati, anda tidak akan dapat mempergunakan layanan WhatsApp Web, ini tentunya merupakan hal yang berbeda dengan Line.

Demikian adalah informasinya mengenai apa itu whatsapp beserta dengan sejarah whatsapp, terima kasih membaca artikel ini. Aplikasi android terbaru

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close