Teknologi

Cara Kerja Mesin Briket | Peluang Usaha Briket Arang

Di era sekarang ini sudah banyak negara, salah satunya termasuk Indonesia, yang mulai mencari energi alternatif yang aman dan bermanfaat, karena seperti yang sudah diketahui energi konvensional seperti minyak bumi itu adalah energi yang tidak bisa diperbaharui. Sehingga semakin lama akan habis dan semakin terkikis. Untuk itu ada satu solusi yang berhasil ditemukan, yaitu dengan menggunakan sistem briket seperti contoh arang tempurung kelapa, atau di kalangan masyarakat Indonesia disebut briket arang batok kelapa, briket arang ini diolah sebagai pengganti minyak bumi, apalagi briket arang tempurung kelapa terkenal sangat ramah lingkungan, sehingga  aman jika digunakan sehari-hari untuk keperluan memasak atau yang lainnya.

Cara Kerja Mesin Briket | Peluang Usaha Briket Arang

Hasil akhir dari pembuatan briket yang jelas sebagai bahan bakar alternatif. Briket arang tempurung kelapa atau (Coconut Shell Briquette) sendiri pada umumnya itu digunakan untuk kebutuhan memasak, membakar tungku, bisa juga untuk membakar lainnya, dan juga digunakan untuk proses memanggang dalam skala besar seperti industri. Briket arang tempurung kelapa memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bahan bakar konvensional yang lainnya, seperti menghasilkan tingkat panas yang tinggi, sangat ramah lingkungan, dan juga merupakan salah satu produk Go Green Energy. Untuk lebih jelas mengenai sistem briket dan apa itu mesin briket simak ulasannya berikut ini.

Mesin Briket Arang

Mesin Briket Arang

Dalam proses pembuatan briket tentu memang diperlukan beberapa mesin sesuai dengan yang kita butuhkan, meski banyak produsen yang membuat briket arang tempurung kelapa dengan cara tradisional, namun ada juga yang menggunakan berbagai macam mesin briket arang, tujuannya untuk bisa menghasilkan briket arang tempurung kelapa yang memiliki kualitas baik dan tahan lama, serta bisa mendapatkan sisi efisiensi dan produktivitas yang tinggi dalam proses pembuatannya. Alat dan mesin yang biasa digunakan seperti sebagai berikut:

Baca juga : Mesin Tusuk Sate

  • Mesin Pengayak Arang
  • Mesin Pengecil Ukuran Arang
  • Mesin Penepung arang / Diskmill
  • Mesin pencampur adonan
  • Mesin Pengulen adonan arang
  • Mesin Pencetak briket
  • Oven Pengering briket
  • Mesin Pemotong Briket

Mesin press cetak briket bekerja dengan cara memadatkan bahan briket menjadi ukuran – ukuran kecil berbentuk seperti balok. Briket yang dihasilkan akan memiliki berat dan ukuran yang sama sehingga akan memastikan semua briket yang diproduksi memiliki kualitas yang terjaga. Selain itu dengan hasil ukuran yang konsisten, proses pengepakan dan pengemasan juga akan menjadi lebih mudah.

Bagi Anda yang sedang berniat memulai usaha untuk memproduksi briket tentu saja memerlukan alat untuk mencetak briket, mesin cetak briket merupakan pilihan yang tepat. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk bisa memulai produksi briket karena mesin ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau namun memiliki kualitas yang handal dan tahan lama. Mesin yang cocok untuk usaha skala rumahan sampai pada skala menengah dan dapat diatur dengan kapasitas serta ukuran sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Baca juga : Mesin Pembuat Tahu

Manfaat dan Fungsi Mesin Pembuat Briket

Manfaat dan Fungsi Mesin Pembuat Briket

Mesin pembuat briket adalah alat yang didesain khusus untuk membuat briket atau yang lebih dikenal dengan arang.  Untuk memproduksi briket tentu memerlukan beberapa mesin seperti mesin penghalus, mesin pencampur, mesin press dan oven arang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Contohnya tempurung kelapa yang sudah dibakar harus dihancurkan dengan menggunakan mesin penghalus hingga diperoleh arang dengan partikel yang lebih kecil. Setelah itu arang dimasukkan ke dalam mesin pencampur bersama dengan bahan pembuat briket lainya seperti tepung kanji sebagai perekat.

Setelah tercampur rata, tinggal masukkan adonan arang ke dalam mesin cetak untuk proses pencetakan briket dengan bentuk dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tahapan selanjutnya yaitu mengeringkan briket. Proses pengeringan biasanya  menggunakan mesin oven arang yang telah diatur suhunya terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan, hal ini untuk memastikan kadar air dalam briket menyusut dan tinggal sedikit. Anda juga dapat menggunakan bantuan sinar matahari dan jemur briket arang sampai benar-benar kering sehingga siap dikemas dan dipasarkan.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan mesin pembuat briket ini untuk membantu pembuatan briket tempurung kelapa diantaranya dengan proses produksi menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan membuat briket secara manual. Mesin ini juga sangat mudah dalam pengoperasiannya, aman dan juga cukup praktis.

Baca juga : Mesin Giling Kedelai

Peluang Usaha Menggunakan Mesin Pembuat Briket

Peluang Usaha Menggunakan Mesin Pembuat Briket

Disaat kondisi harga gas LPG yang semakin merangkak naik dan minyak tanah yang sulit ditemui, kini beberapa orang mulai berpaling menggunakan bahan bakar alternatif. Pemanfaatan briket menjadi salah satu solusi yang banyak dipilih sebagian besar masyarakat untuk keluar dari permasalahan ini. Contohnya briket arang tempurung kelapa atau biobriket dianggap mampu menggantikan gas elpiji dan minyak tanah untuk memenuhi kebutuhan akan bahan bakar yang semakin langka. Secara tidak langsung fenomena ini turut membuka peluang usaha yang cukup menjanjikan di masa depan.

Selain memiliki prospek yang menjanjikan, menjalankan bisnis ini juga tidak begitu memerlukan biaya yang besar terutama jika proses produksi sudah dibantu dengan penggunaan dari mesin tepat guna ini. Mesin pembuat briket membantu proses produksi menjadi lebih mudah dan cepat. Bukan hanya itu saja dengan menggunakan mesin, briket tempurung kelapa yang dihasilkan juga berkualitas bagus sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, restoran sampai home industri.

Baca juga : Mesin Penepung

Cara Kerja Mesin Pencetak Briket Atau Mesin Cetak Briket Arang

Cara Kerja Mesin Pencetak Briket Atau Mesin Cetak Briket Arang

Mesin briket arang atau mesin pembuat briket memiliki cara kerja yang sederhana. Setelah bahan briket arang ditepungkan dengan mesin penepung briket arang lalu briket dicetak menggunakan mesin cetak briket arang. Dengan menggunakan mesin cetak briket arang, Anda dapat mendapatkan briket arang sesuai dengan permintaan. Bentuk briket yang dapat Anda pilih diantaranya seperti bentuk kotak, hexagon, silindris, bulat, dan berbagai bentuk lain yang akan kami sesuaikan dengan bentuk briket yang diinginkan.

Baca juga : Mesin Penggiling Cabe

Demikian penjelasan singkat mengenai mesin briket, semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close