Teknologi

Mengenal Jenis Mesin Hitung Uang dan Memahami Cara Kerjanya

Mesin hitung uang yaitu salah satu alat mesin yang memiliki kegunaan sebagai mesin hitung uang untuk menghitung jumlah uang yang cukup banyak secara cepat dan tepat baik seperti uang logam atau uang kertas. Harga jual mesin hitung uang terbilang cukup mahal karena kegunaannya yang cukup serbaguna.

Penggunaan mesin hitung uang biasa digunakan pihak perbankan atau perusahaan, dan jasa keuangan lainnya, yang memiliki tujuan untuk mempermudah pekerjaan seperti teller agar lebih cepat dan aman karena tidak perlu takut salah hitung. Berikut ini penjelasan mengenai mesin penghitung uang di bawah ini.

Baca juga : Mesin Cetak Offset

Jenis Mesin Hitung Uang

Jenis Mesin Hitung Uang

Di pasaran sendiri di jual jenis mesin hitung uang dalam 3 macam, yaitu:

Mesin Hitung Uang Kertas Standing

Jenis pertama yaitu mesin hitung uang standing atau mesin hitung uang berdiri. Mesin uang jenis ini tidak dapat dipindahkan penggunaannya, hanya bisa digunakan pada posisi ditempat dimana mesin hitung uang digunakan.

Kelebihan dari mesin hitung uang standing adalah kelengkapan fiturnya, mesin hitung uang berdiri dilengkapi dengan penutup anti debu dan penutup suara bising pada mesin. Setiap jenis mesin hitung standing dapat dipilih spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan seperti kecepatan menghitung uang, kapasitas penghitungan, jenis mata uang yang dapat dihitung dan fitur lainnya.

Mesin Hitung Uang Kertas Portable

Jenis mesin ini dapat dipindah dan dibawa kemana saja dengan mudah dari satu tempat ketempat lain sehingga sangat cocok untuk penggunaan yang tidak menetap. Jenis mesin hitung ini tidak memiliki fitur penutup seperti mesin hitung uang standing. Harga jual mesin hitung jenis portable lebih murah dibanding dengan yang standing.

Mesin Hitung Uang Logam

Jenis yang terakhir adalah mesin hitung uang logam yang memiliki fungsi yang sudah pasti untuk menghitung uang logam saja, dan tidak bisa dipergunakan pada mesin hitung uang lainnya.

Baca juga : Mesin Fotocopy

Cara Kerja Mesin Hitung Uang

Cara Kerja Mesin Hitung Uang

Mesin Hitung Uang Kertas Type Portable

yaitu mesin yang memiliki kemampuan dalam menghitung uang kertas dan berbentuk relatif kecil yang mudah untuk dibawa jika harus berpindah tempat. Mesin penghitung uang kertas type portable ada dua macam yang pertama yaitu mesin hitung uang friction roll dan mesin hitung uang vacum.

Mesin Hitung Uang Friction

Mesin hitung yang dilakukan dengan meletakan uang pada bagian yang disediakan dapat dilakukan dengan melepaskan ikatannya terlebih dahulu lalu uang akan melalui bagian dalam mesin setiap lembarnya. Perhitungan uang dilakukan pada saat uang melewati bagian dalam mesin. Lalu perhitungan uang selesai dilakukan, maka jumlah nominal akan tertera pada layar yang tersedia. Mesin jenis friction memiliki desain yang portable sehingga dapat leluasa bila mesin perlu berpindah tempat.

Mesin Hitung Uang Vacum

Mesin hitung yang dilakukan dengan meletakan uang pada bagian yang tersedia, dengan mesin vacum ini maka perhitungan uang dilakukan tanpa harus membuka ikatan uang. Lalu perhitungan selesai, jumlah nominal akan tertera pada layar mesin. Dengan mesin ini, perhitungan uang akan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan leluasa jika dibandingkan dengan mesin penghitung uang kategori friction.

Fungsi Mesin Penghitung Uang

Fungsi Mesin Penghitung Uang

Fungsi dari mesin yang dapat menghitung uang yaitu tentunya akan terbantu didalam menghitung uang dalam jumlah yang banyak sekalipun dalam waktu yang singkat. Tidak hanya cepat proses penghitungannya juga memiliki tingkat yang baik dalam akurasi menghitung uang sehingga bisa lebih aman menggunakan produk tanpa adanya kesalahan dalam melakukan pekerjaan terutama yang bekerja di perusahaan dibidang keuangan.

Selain untuk menghitung uang biasanya alat ini juga dilengkapi dengan adanya sistem alat deteksi uang palsu yang menjadi fitur utama dari alat satu ini akan membuat mampu mendapatkan uang sebagai sistem pembayaran yang asli. Hal ini dikarenakan banyak uang palsu yang beredar dan membutuhkan alat yang bisa mendeteksi apakah uang yang digunakan pelanggan itu asli atau tidaknya.

Beberapa Merk Mesin Hitung Uang

Beberapa Merk Mesin Hitung Uang

Berikut contoh merk dan macam jenis mesin penghitung uang di bawah ini:

Tissor

Tissor mengeluarkan mesin yang digunakan untuk menghitung uang rupiah saja. Teknologi seperti UV dan IR untuk uang palsu sudah diimplementasikan ciri-ciri uang rupiah yang asli. Terdapat external display yang bisa mengontrol penghitungan dengan mudah. Mesin yang menghitung menggunakan sistem friction dengan kecepatan 1000 lembar per menit.

Secure

Secure yang merupakan anak perusahaan Brother, mengeluarkan mesin hitung uang bentuk portable yang dapat ditaruh di sebelah mesin kasir atau di teller bank karena tidak memakan banyak tempat. Mesin yang dapat menghitung cepat mencapai 1000 lembar per menit serta memiliki fitur pendeteksi uang palsu dengan teknologi ultraviolet, magnetik, juga infra red.

Dynamic

Mesin satu ini dibuat khusus oleh Dynamic untuk uang koin. Daya tampungnya sanggup mencapai 3000 koin dengan proses penghitungan mencapai 2500 per menit. Lubangnya sudah paten khusus untuk diameter koin antara 14mm sampai 34mm dengan ketebalan 0,7mm sampai 3,9mm. Karena khusus koin logam material yang digunakan besi dengan beberapa part dari plastik agar kokoh.

Allison

Produk besutan Cummins Allison dibilang yang paling mumpuni, canggih, dan terbaik di kelasnya. Kecepatan hitungnya mencapai 1000 lembar per menit dan dapat mengidentifikasi uang kertas dari segala sisinya. Uang palsu juga dapat dipisahkan dengan cepat berkat pengaplikasian teknologi magnetik, ultraviolet, fluorescent, dan infrared. Mesin juga dapat berhenti secara otomatis jika ditemukannya uang palsu, rusak atau sobek, terlipat, dan tidak terbaca.

Baca juga : Mesin Bordir Komputer

Demikian ulasan mengenai penjelasan Mesin Penghitung Uang, semoga menjadi manfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close