Teknologi

√ Mengenal Jenis dan Fungsi Mesin Las | Karbit dan Listrik

Sebelum membahas mengenai jenis dan fungsi mesin las, ada baiknya kami menjelaskan terlebih dahulu apa itu mesin las sebenarnya. Mesin las merupakan sebuah alat yang digunakan oleh manusia untuk menyambung material besi yang terpisah agar menjadi satu kesatuan sehingga dapat dibentuk dan digunakan sesuai dengan fungsinya. Mesin las umumnya dibagi menjadi 2 yaitu mesin las karbit dan mesin las listrik. Untuk prinsip kerja dari mesin las ini yaitu dengan cara membakar atau memanaskan sebuah kawat dengan energi panas yang dihasilkan dari gas acetylena yang dibakar atau mesin las karbit dan dari aliran listrik atau mesin las listrik.

Mengenal Jenis dan Fungsi Mesin Las | Karbit dan Listrik

Gas Acetylena dan Aliran listrik tersebut diubah pada bentuk api las yang akan membakar dan melelehkan kawat las sehingga api dari mesin las dan lelehan dari kawat tersebut dapat menyambung 2 besi atau lebih menjadi satu kesatuan yang dapat digunakan untuk aplikasi tertentu. Walau kedua jenis mesin las tersebut memiliki sumber api yang berbeda, tetapi untuk kekuatan sendiri tidak ada perbedaan, sehingga keduanya direkomendasikan untuk pengelasan baik di rumah dan di bengkel.

Hanya dari segi kelebihan dan kekurangan kedua jenis mesin las tersebut tentunya ada. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mesin las karbit dan juga mesin las listrik yang bisa kamu ketahui.

Baca juga : Mesin Crusher Plastik

Mesin Las Karbit

Mesin Las Karbit

Kelebihan Mesin Las Karbit

Mesin las karbit biasa digunakan dan cocok untuk melakukan pengelasan pada objek las yang berukuran kecil dan tipis. Mesin las karbit tentunya memiliki kelebihan atau keunggulan yang tidak dimiliki oleh mesin las listrik. Beberapa kelebihan yang dimiliki mesin las karbit diantaranya yaitu:

  • Peralatan yang digunakan relatif murah. Biasa hanya menggunakan korek api dan kawat las.
  • Perawatan atau pemeliharaan dari mesin las karbit yang relatif lebih murah dan mudah.
  • Teknik pengelasannya tergolong mudah, tanpa perlu mempelajari teknik khusus.
  • Sangat cocok untuk pengelasan pada besi dan logam dengan ketebalan maksimal 2 mm.

Kekurangan Mesin Las Karbit

Setelah membahas tentang kelebihan dari mesin las karbit akan menjadi lengkap jika membahas tentang kekurangan dari las karbit. Karena setiap barang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah kekurangan yang dimiliki mesin las karbit yaitu:

  • Ukuran tabung gas yang besar membuatnya sulit untuk dibawa kemana-mana.
  • Harga tabung gas cukup mahal untuk modal awal.
  • Selang las yang panjang membuat sedikit kesulitan saat melakukan pengelasan dengan posisi badan berubah-ubah.
  • Tidak cocok untuk pengelasan pada besi dan logam dengan ketebalan diatas 2 mm.

Setelah mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan dari mesin las karbit, maka selanjutnya akan masuk pada mesin las listrik. Mesin las listrik terdiri dari beberapa jenis dan fungsi yang berbeda-beda, untuk itu pada poin mesin las listrik pembahasan akan sedikit panjang. Sebelum masuk pada bahasan jenis mesin las listrik dan fungsi dari masing-masing jenis las listrik ini. Bahas dulu mengenai kelebihan dan kekurangan mesin las listrik ini. Berikut penjelasannya:

Baca juga : Mesin Hammer Mill

Mesin Las Listrik

Mesin Las Listrik

Kelebihan Mesin Las Listrik

Mesin las listrik cocok digunakan untuk melakukan pengelasan pada objek las yang memiliki ketebalan lebih dari 2 mm, baik itu besi dan juga logam. Mesin las listrik memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh mesin las karbit yaitu diantaranya :

  • Ukurannya lebih kecil dan beratnya tergolong ringan dan membuatnya mudah dibawa kemana-mana dan dapat dioperasikan lebih flexible.
  • Harga kawat las tergolong murah untuk modal awal.
  • Penggunaan listrik dapat diatur sesuai dengan ketebalan objek lasnya.
  • Memiliki teknologi inverter sehingga dapat lebih menghemat listrik.
  • Bisa menggunakan genset sebagai sumber listrik.

Kekurangan Mesin Las Listrik

Selain kelebihan yang dimiliki oleh mesin las listrik, berikut ini juga contoh kekurangan yang dimiliki. Simak adalah kekurangan yang dimiliki oleh mesin las listrik :

  • Karena menggunakan listrik, maka mesin las listrik tidak dapat digunakan di daerah yang tidak memiliki aliran listrik jika tidak memiliki genset.
  • Untuk jenis mesin las listrik tertentu membutuhkan skill khusus untuk melakukan pengelasan ini.
  • Kabel listrik yang pendek membuatnya harus melakukan pengelasan dekat dengan sumber listrik.

Jenis dan Fungsi Mesin Las Listrik

Jenis dan Fungsi Mesin Las Listrik

Seperti yang sudah dijelaskan d iatas, mesin las listrik dibuat atau diproduksi manusia terbagi menjadi beberapa jenis. Karena terbagi menjadi beberapa jenis mesin las tentunya fungsi dari masing-masing mesin las listrik tersebut berbeda-beda pula. Berikut contoh jenis mesin las listrik terbagi menjadi beberapa tipe yaitu diantaranya adalah MMA / MMAi, TIG, MIG dan sebagainya.

Baca juga : Mesin Blow Molding

Semoga penjelasan di atas mengenai mesin las menjadi manfaat bagi pembaca sekalian.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close