Teknologi

Cara Penggunaan Mesin Pembuat Mie | Mesin Pencetak Mie

Mie merupakan sajian yang sangat sering dicari oleh siapapun. Awalnya, mie diperkenalkan oleh bangsa Tiongkok sejak beribu abad yang lalu. Mie merupakan simbol panjang umur bagi beberapa kalangan. Saat ini, mie menjadi sajian yang sangat popular serta telah diolah juga divariasikan dengan berbagai olahan lainnya. Pada dasarnya, mie bisa adalah olahan berbahan dasar tepung gandum yang dicampur dengan sedikit air, garam, dan bumbu lainnya. Secara tradisional, Mie diolah dengan cara mencampurkan adonan tepung, air dan garam pada suatu wadah.

Lalu mengaduk adonan secara manual menggunakan kedua tangan hingga kalis dan tercampur rata. Kemudian, adonan mie dilumuri minyak sayur dan ditarik dan dibanting sampai berbentuk untaian mie yang disesuaikan dengan panjang dan lebarnya. Proses terakhir yaitu dengan merebus mie kedalam kuah kaldu panas dan menyajikan mie dengan tambahan seperti irisan ayam, jamur, sawi, dan tambahan lainnya. Jika dari kerumitannya, proses pembuatan mie tersebut cukup memakan banyak waktu. Untuk menyajikan 5 porsi mie ayam Anda membutuhkan waktu lebih dari 4 jam untuk menyajikannya, tentu sedikit merepotkan.

Baca juga : Mesin Pembuat Bakso

Cara Penggunaan Mesin Pembuat Mie | Mesin Pencetak Mie

Namun kini tidak lagi, karena sudah ada rangkaian mesin pembuat mie yang mampu menghemat waktu produksi mie buatan Anda. Mesin pembuat mie yang pertama yaitu mesin pengaduk adonan mie, atau biasa disebut Horizontal Dough Mixer. Mesin pembuat Mie Horizontal Dough Mixer dilengkapi dengan tangki yang berbahan dasar stainless steel 304.

Mesin Pembuat Mie Horizontal Dough Mixer dapat mengaduk campuran dasar mie dengan pengaduk horizontal, dengan metode ini, maka Anda akan mendapatkan hasil adonan mie yang tercampur rata dalam waktu singkat. Selain itu tersedia pula Mesin Cetak Mie. Mesin cetak mie yang menggunakan roller sehingga sangat efisien bagi kecepatan pencetakan mie. Cukup dengan 15 menit, maka Anda bisa mendapatkan mie dengan ketebalan 2 sampai 3 mm.

Baca juga : Mesin Pembuat Tahu

Cara Penggunaan Mesin Pembuat Mie | Mesin Pencetak Mie

Mesin pembuat mie mampu menipiskan dan mencetak adonan mie sesuai dengan kebutuhan. Proses terakhir yaitu perebusan, dengan menggunakan Noodle Cooker atau mesin pemasak mie. Mesin pembuat mie ini tersedia dengan kapasitas 6 basket. Mesin pemasak mie menggunakan tenaga gas dan dilengkapi dengan penampung kuah kaldu sehingga hemat dan efisien bagi usaha Anda.

Produksi Sendiri Mie Sehat dan Enak dengan Mesin Pembuat Mie

Mie adalah salah satu makanan sumber karbohidrat selain nasi yang sangat digemari oleh orang. Selain mengenyangkan dan praktis dalam hal penyajian, mie juga dianggap memiliki rasa yang nikmat saat disajikan. Karena tingkat keawetan mie yang tergolong singkat, maka banyak pedagang yang lalu menambahkan bahan pengawet dan pengenyal berbahaya seperti formalin dan boraks pada mie. Untuk menghindari pedagang nakal tersebut, memang akan lebih aman untuk memproduksi mie sendiri. Dalam hal ini tidak perlu takut akan kesulitan karena ada media yaitu alat pengolah mesin pembuat mie yang mudah digunakan untuk memproduksi mie sehat berkualitas.

Baca juga : Mesin Giling Kedelai

Mesin Pencetak Mie dan Mesin Pembuat Mie

Mesin Pencetak Mie dan Mesin Pembuat Mie

Dari adonan asli yang masih berbentuk bulatan padat, mie perlu dibentuk menjadi tipis dan panjang. Dengan menggunakan cara pencetakan manual jelas tidak memungkinkan jika dilihat dari segi efektivitas, terlebih apabila menjalankan produksi dalam skala banyak.

  • Fungsi dari mesin pencetak mie untuk membentuk adonan menjadi lebih tipis dan panjang secara proporsional dan bisa sesuai dengan harapan produsen. Dengan adanya mesin pencetak mie tidak perlu memakan waktu lama untuk memproduksi mie secara besar.
  • Penggunaan mesin pembuat mie pencetak lebih mudah daripada mesin mixer adonan mie. Karena hanya perlu menekan tombol on/off saja untuk mengoperasikannya sehingga tidak perlu tenaga ahli untuk melakukan pekerjaan ini.
  • Keunggulan produk ialah desainnya yang kuat dan bersih dengan bahan stainless yang sudah teruji kekuatannya. Mesin pencetak mie juga tergolong mudah saat proses pembersihan dan perawatannya sehingga dapat dirawat sendiri.
  • Harganya yang cukup terjangkau untuk kualitasnya yang berkualitas tersebut.

Baca juga : Mesin Tusuk Sate

Mesin Adonan Mie

Mesin Adonan Mie

Adonan mie yang terdiri dari tepung terigu, telur dan air memerlukan metode pengadukan yang benar agar tidak pecah dan tidak padat. Dalam hal ini mesin mixer mie menjadi barang yang dapat menyelesaikan dari masalah tersebut. Mengaduk adonan mie secara manual tidak semudah dan secepat yang dibayangkan. Dalam hal ini diperlukan sebuah mesin adonan mie untuk menghasilkan adonan yang lebih padat dan tidak rapuh dalam jumlah yang langsung banyak dalam tiap prosesnya.

Penggunaan Mesin Pembuat Mie

Penggunaan Mesin Pembuat Mie
  • Pada mixing bowl atau mangkok wadah olahan yang diberi sedikit cooking spray untuk menghindari adonan menempel pada wadah.
  • Lalu pastikan bahan-bahan seperti tepung, gula, garam dan komponen lain sesuai dengan takarannya. Perhatikan penggunaan garam karena terlalu banyak garam yang dimasukkan akan membuat wadah lebih cepat berpotensi berkarat.
  • Untuk memudahkan proses mixing atau pengadukan maka pastikan apabila bahan seperti susu, mentega dan air dipanaskan terlebih dahulu.
  • Nyalakan mesin mixer mie sampai adonan yang diolah membentuk bulat padat. Lalu simpan adonan yang telah siap tersebut ke dalam wadah yang ditutup plastik untuk proses fermentasi. Secara normal adonan akan siap dalam waktu kurang lebih 30 menit, apabila adonan sudah ditambah ragi, hanya perlu waktu 8-15 menit sampai proses fermentasinya  sempurna.
  • Tahap terakhir pengolahan sebelum masuk ke proses pencetakan lalu letakkan adonan di tempat yang tidak lembab agar adonan dapat mengembang sampai 2 kali lipat dari ukuran semula.

Keunggulan Mesin Pembuat Mie

Keunggulan Mesin Pembuat Mie

Keunggulan dari mesin mixer adonan mie ini adalah kapasitasnya yang mampu mengolah 200 kg sampai 300 kg adonan mie dalam sekali pengerjaan dan kurang lebih memakan waktu selama satu jam. Selain itu mesin adonan mie ini juga memiliki berbagai bagian, salah satunya ialah mixer horizontal dalam mesin atau yang disebut dough noodle yang fungsinya untuk menghasilkan adonan menjadi lebih baik.

Kelebihan lain mesin adonan mie ini yaitu ada lembar stainless steel dengan penutup atas yang mudah dibuka dan dibersihkan. Segi kualitas sudah barang pasti tidak perlu diragukan karena mesin adonan mie telah memenuhi standar internasional di setiap bagiannya. Mesin pembuat mie juga multifungsi karena bisa digunakan untuk mengolah adonan kue, roti atau adonan makanan lain yang teksturnya padat.

Baca juga : Mesin Penggiling Cabe

Sekianlah pembahasan mengenai mesin mie beserta manfaatnya. Semoga menjadi manfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close