Teknologi

Mesin Penepung | Mesin Pembuat Tepung | Disk Mill

Mesin Penepung atau mesin giling serbaguna merupakan sebuah alat atau mesin yang memiliki fungsi untuk menggiling bahan secara halus  atau menepungkan. Mesin Penepung atau sering disebut dengan Disk Mill yaitu mesin untuk membuat aneka tepung.

Tujuan proses penepungan adalah untuk mempermudah dalam pemakaian, pengemasan dan yang terpenting yaitu untuk memudahkan dalam pengangkutan. Bahan tepung biasanya dari bahan yang beragam. Mulai dari tepung jagung, beras, singkong, ubi-ubian, bahan rempah, kelapa, rumput laut, arang,  dan bahan yang lainnya.

Baca juga : Mesin Giling Kedelai

Mesin Penepung | Mesin Pembuat Tepung | Disk Mill

Industri olahan makanan khususnya, sangat banyak variasinya yang dikemas dalam bentuk tepung. Baik untuk bahan makanan manusia dan pakan ternak. Proses tepung menggunakan media disk mill, atau gilingan dalam bentuk piringan atau cakram.

Gilingan penepung ada yang terbuat dari stainless atau alloy atau besi cor. Penggunaannya juga sangat tergantung pada kebutuhan penggunanya.

Untuk kebutuhan makanan kualitas food grade biasa memakai yang berbahan stainless. Selain itu juga untuk bahan obat-obatan atau herbal, sangat penting kalau menggunakan mesin penepung berbahan stainless steel.

Untuk tingkat kelembutan hasil penepungan sangat bergantung kepada penyaring yang ada pada dinding cakram mesinnya.

Baca juga : Mesin Pembuat Tahu

Mesin Penepung | Mesin Pembuat Tepung | Disk Mill

Biasanya untuk penepung, penyaring yang digunakan yaitu mulai mash 20-80. Tingkatan mash adalah banyaknya jumlah lubang dalam satu inchi. Kalau mash 20 artinya, jumlah lubang sebanyak 20 dalam ukuran 1 inchi.

Beberapa Industri yang memakai Mesin Penepung Yaitu:

  • Industri atau usaha tepung beras.
  • Usaha tepung ikan.
  • Industri atau usaha tepung kopi.
  • Usaha obat-obatan dan Herbal.
  • Industri tepung singkong berupa mocaf atau tapioka.
  • Usaha tepung rumput laut.
  • Industri tepung terigu dari gandum.
  • Usaha atau usaha gula semut.
  • Usaha arang aktif.
  • Industri tepung kedelai.
  • Usaha tepung cengkeh.
  • Industri tepung lada.
  • Usaha tepung merica.
  • Industri pakan ternak.
  • Usaha pakan ikan.
  • Industri gandum.
  • Usaha tepung daun-daunan.

Macam Macam Industri Tepung yang Cocok Untuk Usaha Anda

Macam Macam Industri Tepung yang Cocok Untuk Usaha Anda

Jenis tepung apa saja yang bisa digunakan sebagai produk dalam memulai usaha bisnis tepung industri? Simak contoh berikut ini:

Baca juga : Mesin Blow Molding

1. Industri Tepung Beras

Usaha tepung beras adalah usaha yang bisa dijalankan dengan mesin penepung. Banyak orang yang membutuhkan tepung beras untuk membuat kue dan makanan jenis lainnya.

2. Tepung Ikan

Tepung ikan merupakan salah satu bahan pakan ternak yang mengandung banyak protein. Sehingga sangat cocok untuk industri pakan ikan dan lain untuk menyehatkan ikan atau ternak.

3. Tepung Kopi

Kopi adalah bahan yang sangat cocok untuk orang yang suka minum minuman yang mengandung kafein. Kopi sendiri memiliki berbagai manfaat yang cocok untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai.

4. Tepung Herbal

Biasanya mesin penepung juga digunakan untuk menghaluskan obat-obatan. Hal ini memang diperlukan mengingat obat biasa dijual dalam bentuk bubuk.

5. Tepung Singkong

Tepung singkong biasa digunakan untuk membuat kue atau lainnya. Tekstur dari tepung singkong terbilang kenyal dan biasanya lebih banyak digunakan untuk membuat kue tradisional dan sebagai pencampuran herbal.

6. Tepung Rumput Laut

Rumput laut memiliki banyak khasiat dan biasa nya orang menjualnya dalam bentuk yang sudah diolah.

Untuk memudahkan proses pembuatannya sebagai bahan makanan, maka rumput laut biasa dijadikan tepung terlebih dahulu atau dihaluskan.

7. Tepung Terigu

Siapapun pasti mengenal dengan tepung terigu, tepung dengan bahan utama dalam membuat kue. Tepung yang satu ini memang wajib ada ketika seseorang membuat kue dan makanan.

8. Industri Gula Semut

Mesin penepung dalam industri gula semut sangat dibutuhkan. Mengingat dalam pembuatan gula semut ada proses penghalusan yang bisa merubah gula menjadi lebih halus dan disebut gula semut.

9. Tepung Kedelai

Tepung kedelai sangat bagus untuk pencernaan karena memiliki kandungan gizi yang bagus. Biasanya Tepung Kedelai  dipakai untuk makanan bayi atau sebagai bubur kedelai.

10. Tepung Arang

Tepung arang digunakan sebagai bahan industri briket atau bahan arang aktif. Bedanya arang biasa dan arang aktif terletak pada proses lanjutan arang yang diaktifkan memakai pemanasan dahulu.

Arang aktif banyak digunakan sebagai bahan saringan air atau lainnya. Bentuknya pun tidak selalu tepung, bisa juga dalam bentuk granul.

11. Tepung Cengkeh

Cengkeh juga digunakan dalam membuat masakan atau untuk bahan lain. Tepung cengkeh memiliki tekstur yang lebih halus dan mudah dalam penggunaannya.

12. Tepung Lada

Lada biasa digunakan dalam membuat masakan agar lebih pedas. Dan mesin penepung lada akan membuat lada menjadi lebih halus dan mudah dalam penggunaannya.

13. Tepung Merica

Merica Bubuk Tepung bisa membuat masakan menjadi lebih enak dan penggunaan merica dalam bentuk tepung juga jauh lebih mudah.

14. Industri Pakan Ternak

Mesin penepung juga berfungsi dalam industri pakan ternak. Dikarenakan banyaknya jenis pakan ternak yang membutuhkan mesin penepung sebagai alat untuk menghaluskan bahan dasar untuk dijadikan sebagai tepung.

15. Industri Pakan Ikan

Industri pakan ikan sangat berkaitan dengan mesin penepung. Dikarenakan pakan ikan lebih banyak dihaluskan terlebih dahulu agar ikan bisa memakan pelet dengan mudah.

16. Industri Gandum

Gandum adalah makanan yang menyehatkan dan enak untuk sarapan sebagai ganti nasi. Dengan menggunakan mesin menjadikan tepung dan mudah untuk diolah dalam berbagai olahan.

Contoh Mesin Penepung

Contoh Mesin Penepung

Berikut ini beberapa contoh dari mesin penepung yang bisa diketahui:

Baca juga : Mesin Tusuk Sate

1. Mesin Penepung Stainless Steel Food Grade FFC 15

Spesifikasi :

Kapasitas : 30 Kg – 50 Kg / Jam.
Dimensi : 600 mm x 300 mm x 800 mm.
Penggerak : Motor Bensin / Motor Listrik.
Energi Yang Digunakan : Bensin / Listrik.
Daya ( Power ) : 5,5 HP ( Motor Bensin ) / 2 HP ( Motor Listrik ).
Tegangan Listrik : 220 V ( Motor Listrik ).
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Bahan Material Kontak Produk : Stainless Steel 304.
Ukuran Saringan : 0,8mm,1mm,1,5mm & 2mm.
Bahan Material Rangka : Besi Siku 40 / 40.
Fungsi : Untuk menepung ( menggiling ) bahan obat-obatan dan bahan makanan yang harus menggunakan material standard seperti Foodgrade.  

2. Mesin Penepung Stainless Steel Food Grade FFC 23

Spesifikasi :

Kapasitas : 100 Kg – 200 Kg / Jam.
Dimensi : 1000 mm x 500 mm x 1200 mm.
Penggerak : Diesel.
Daya ( Power ) : 8 PK ( Diesel ).
Energi Yang Digunakan : Solar / Listrik.
Bahan Material : Stainless Steel Doff.
Ukuran Saringan : 0,5mm,1mm,1,5mm & 2mm.
Rangka : Besi Siku 40 / 40.
Fungsi : Untuk menepung ( menggiling ) bahan obat-obatan dan bahan makanan yang harus menggunakan material standard seperti Foodgrade  

Nah, sekian dahulu ulasan mengenai mesin penepung dan semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close