umum

Metode Penelitian : Menurut Para Ahli Dan Jenis Nya

Apa yang anda pahami tentang penelitian? Pada umumnya memang gagasan penelitian adalah proses penyelidikan yang kemudian dilakukan secara aktif, tekun/cermat dan sistematis, di mana tujuannya adalah untuk menemukan, menafsirkan, dan meninjau fakta.

Pendapat lain mengatakan bahwa definisi penelitian adalah proses penelitian sistematis dengan mempelajari berbagai bahan dan sumber untuk membangun fakta dan mencapai kesimpulan baru.

Baca juga : Pemahaman Bahasa

Tujuan penelitian adalah untuk menemukan atau memperoleh data untuk maksud dan tujuan tertentu. Oleh karena itu, penyelidikan atau penelitian harus dilakukan secara ilmiah berdasarkan karakteristik ilmiah, yaitu:

  • Rasional; Intinya adalah bahwa penelitian harus dilakukan dengan cara yang masuk akal atau rasional sehingga dapat dicapai oleh akal manusia.
  • Empiris, penelitian harus didasarkan pada sumber pengetahuan yang diperoleh dari pengamatan indra manusia. Dengan begitu, metode ini juga bisa diamati oleh orang lain.
  • Sistematis; Intinya adalah bahwa penelitian harus dilakukan melalui langkah-langkah tertentu yang logis dan teratur sesuai dengan sistem yang telah disusun sehingga dapat menjelaskan urutan sebab dan akibat dari suatu objek penelitian.

Sekarang ini, penulis tidak akan membahas penelitian yang lebih dalam, kali ini ia akan membahas metode penelitian.

Baca juga : Pengertian Organisasi

Metode Penelitian

Metode Penelitian
Metode Penelitian

Apa itu metode penelitian atau metode penelitian? Secara umum, memahami metode penelitian adalah proses atau metode yang dipilih secara khusus untuk menyelesaikan masalah yang ditimbulkan dalam penyelidikan. Sedangkan pengertian metodologi penelitian adalah ilmu yang menjelaskan bagaimana suatu penelitian harus dilakukan.

Pendapat yang lain juga tentunya akan mengatakan bahwa memahami metodologi penelitian adalah serangkaian langkah sistematis / terstruktur yang diambil oleh peneliti untuk menemukan jawaban yang benar atas pertanyaan tentang objek penelitian. Langkah-langkah sistematis adalah:

Baca juga : Pengertian analisis

  • Proses identifikasi dan perumusan masalah.
  • Kompilasi kerangka berpikir.
  • Merumuskan hipotesis
  • Diskusi masalah.
  • Buat kesimpulan dan saran.

Kenapa harus peneliti butuh metodologi untuk dapat melakukan penelitian? Tujuannya adalah agar para peneliti dapat memperoleh hasil penelitian yang benar, dapat menjelaskan dan memecahkan masalah yang diteliti.

Metode penelitian menurut para ahli

Metode penelitian menurut para ahli
Metode penelitian menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa metode penelitian, kita dapat berkonsultasi dengan pendapat para ahli berikut:

Prof. Dr. Sugiyono

Menurut Prof. Dr. Sugiyono, memahami metode penelitian adalah cara ilmiah untuk memperoleh data untuk tujuan dan penggunaan tertentu.

Baca juga : Joko Widodo

Muhiddin Sirat

Menurut Muhiddin Sirat, metode penelitian adalah cara untuk memilih subjek masalah dan menentukan judul penyelidikan.

Prof. M.E. Winarno

Menurut Profesor M.E. Winarno, metodologi penelitian merupakan kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan mempergunakan teknik yang cermat/teliti dan sistematis.

Heri Rahyubi

Menurut Heri Rahyubi, metode penelitian adalah model yang dapat dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar untuk mencapai proses pembelajaran yang baik.

Muhammad Nasir

Menurut Muhammad Nasir, memahami metode penelitian adalah metode utama yang digunakan oleh peneliti untuk mencapai tujuan dan menentukan jawaban atas masalah yang diajukan.

Berbagai metode penelitian

Berbagai metode penelitian
Berbagai metode penelitian

Pada umumnya memang metode penelitian dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Berbagai metode penelitian adalah sebagai berikut:

Baca juga : Pengertian Administrasi

Metode kualitatif

Metode kualitatif adalah metode penelitian yang memberikan penjelasan melalui analisis. Dalam praktiknya, metode ini bersifat subyektif karena proses penelitian lebih terlihat dan cenderung lebih fokus pada landasan teori.

Metode penelitian ini juga disebut metode etnografi karena sangat umum digunakan untuk mengamati kondisi sosiokultural.

Metode kuantitatif

Metode kuantitatif merupakan bentuk penelitian yang dilakukan dengan cara yang sistematis, terstruktur, dan terperinci. Dalam implementasinya, metode penelitian ini berfokus pada penggunaan angka, tabel, grafik dan diagram untuk menunjukkan hasil data / informasi yang kemudian dapat diperoleh.

Metode survei

Metode survei adalah metode yang digunakan untuk memperoleh hasil penelitian dalam bentuk opini atau pendapat orang lain yang berinteraksi langsung dengan objek yang diamati. Tujuan utama dari metode ini adalah untuk mendapatkan gambaran umum melalui sampel beberapa orang.

Metode ekspos facto

Metode Penelitian : Menurut Para Ahli Dan Jenis Nya
Metode Penelitian : Menurut Para Ahli Dan Jenis Nya

Metode Expos Facto adalah metode penelitian untuk menguji hubungan sebab akibat dari suatu peristiwa. Dari tautan sebab akibat ini, akan ditemukan kemungkinan-kemungkinan baru yang dapat digunakan sebagai indikator dalam proses penelitian.

Metode deskriptif

Metode deskriptif adalah metode penelitian yang memiliki tujuan untuk menjelaskan suatu peristiwa yang terjadi di masa kini dan juga di masa lalu. Metode penelitian ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu longitudinal (sepanjang waktu) dan melintang (waktu-waktu tertentu).

Demikian adalah penjelasan singkat tentang definisi metode penelitian, jenis dan contoh. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close