bisnis

√ 5 Model Mobil ESEMKA Terbaru

Indonesia saat ini patut berbangga, karena berkat inovasi dari muda mudi yang kreatif Indonesia mampu membuat sendiri model mobil terbaru dan berkualitas terbaik. Karena rakyat Indonesia sudah cukup lama menunggu mobil buatan sendiri diresmikan. Mobil tersebut yaitu mobil Esemka, saat ini sudah mulai masuk meja produksi dan dipasarkan dan mendapat lampu hijau dari Kementerian Perhubungan sudah cukup lama. Syarat tersebut yaitu Sertifikat Uji Tipe (SUT).

Dalam mendapatkan SUT tentu ada beberapa tahapan yang harus dilalui mobil Esemka. Pengujian kendaraan dilakukan berkali-kali oleh Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perhubungan. Pengujian tersebut di antaranya yaitu uji dimensi, uji konstruksi, uji rem, uji speedometer, turning radius, uji berat, uji klakson, uji slide slip, uji lampu, uji emisi CO dan HC idle, serta pemenuhan persyaratan teknis.

Sebelum mobil Esemka dipublikasikan ke masyarakat, faktanya Indonesia sudah mempunyai mobil Nasional. Namun proyek pengembangannya terhenti dan sampai sekarang tidak dilanjutkan lagi. Mobil Nasional tersebut yaitu mobil Timor. Pada era Presiden Soeharto mobil Timor menjadi satu model mobil kebanggaan Indonesia. Dan ketika Pak Harto lengser, maka mobil Timor menjadi lengser, bahkan pada minggu sebelum kelengseran Presiden Soeharto. Untuk tahu lebih banyak mengenai mobil ini, berikut penjelasan 5 Model Mobil ESEMKA Terbaru:

Baca juga : Model Mobil KIA

1. Mobil Esemka Garuda 1

√ 5 Model Mobil ESEMKA Terbaru
Mobil Esemka Garuda 1

Minat masyarakat Indonesia dengan mobil Esemka memang sangat besar. Hal ini tidak lepas dari 8 mobil Esemka yang sudah memenuhi syarat untuk laik jalan.

Contoh satu varian mobil Esemka yang menjadi perhatian publik sejak tahun 2018, yaitu mobil Esemka Garuda 1. Merupakan mobil model SUV dengan desain gahar yang kelak akan menantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, dan juga jenis Nissan Terra.

Dipastikan untuk mobil Esemka varian ini memiliki keuntungan yang sudah pasti tidak dimiliki mobil SUV lainnya, yaitu masalah harga mobil Esemka. Perkiraan harga mobil Esemka Garuda 1 saat sudah meluncur akan lebih murah dibandingkan 3 mobil SUV tadi.

Mengenai perkiraan harga mobil Esemka, model Garuda 1 yaitu jika melihat desain mobil Esemka Garuda 1 dengan mobil China Foday Landfort yang mirip, bisa saja kemungkinan harga mobil Esemka tidak akan berbeda jauh dengan mobil Foday Landfort. Harga mobil Foday Landfort untuk varian tertinggi dibanderol Rp325 jutaan.

Maka diperkirakan harga mobil Esemka sebesar Rp325 jutaan dengan kualitasnya yang cukup masuk akal. Kondisi ini tidak lepas dari status mobil Esemka yang diproduksi sendiri oleh anak bangsa.

Baca juga : Model Mobil Lexus

2. Mobil Esemka Bima

Mobil Esemka Bima
Mobil Esemka Bima

Selain Garuda 1, Esemka Bima 1.2 M/T juga menjadi salah satu model mobil keluaran Esemka saat ini. Dan mobil ini masuk di dalam daftar pengenaan pajak kendaraan bermotor baru yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri.

Dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI (Permendagri) Nomor 14 Tahun 2019 itu, selain ada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), biaya balik nama juga tercantum.

Bersamaan dengan peresmian pabrik, dua mobil niaga Esemka Bima pickup 1.200cc dan 1.300cc juga dirilis. Untuk harga mobil Esemka Bima ini dibanderol sekitar Rp95 jutaan.

Baca juga : Model Mobil Nissan

3. Esemka Digdaya 1

Esemka Digdaya 1
Esemka Digdaya 1

Model mobil Esemka seri ini merupakan varian termurah dari ketiga seri mobil Esemka. Mobil Esemka Digdaya 1 bisa menjadi kendaraan yang nyaman untuk keluarga,  karena pada bagian interior mobil Esemka Digdaya 1 memiliki dua buah kabin yang berarti mobil ini bisa menampung 3 – 4 orang penumpang termasuk sopir disamping itu pada bagiannya juga terdapat pick up yang bisa dialokasikan sebagai tempat barang-barang, seperti koper, sepeda, atau yang lainnya. Dan dengan harga mobil Esemka Digdaya yang relatif murah, mobil ini juga telah dibekali dengan sektor pacu yang cukup mumpuni sehingga kualitas performa yang dihasilkan juga tidak bisa dipandang sebelah mata dan cukup menawan.

Baca juga : Model Mobil Ford

4. Esemka Rajawali R2

Esemka Rajawali R2
Esemka Rajawali R2

Model atau varian termahal dari ketiga seri mobil Esemka disandang oleh mobil bernama Esemka Rajawali R2 yang memiliki banderol harga 140 jutaan. Secara sepintas tampilan mobil yang mirip dengan mobil Toyota HiACE, hanya saja soal performa tentunya mobil Esemka Rajawali R2 masih berada jauh dibawahnya namun bukan berarti mobil dalam negeri satu ini tidak bisa diandalkan. Mobil Esemka Rajawali R2 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambah armada, sedangkan untuk urusan performa dirasa cukup baik dan tidak mengecewakan.

Mobil Esemka model ini yang resmi meluncurkan produknya pada akhir tahun 2017 tepatnya pada bulan November, pada awal peluncuran pabrikan ini memang pernah mengalami fase yang tidak baik karena sebagian besar masyarakat masih belum begitu melirik mobil tanah  air dan masih tetap menggunakan mobil pabrikan luar negeri seperti mobil Honda, mobil Daihatsu, dan mobil Suzuki, namun berkat ketekunan dan inovasi yang terus berkembang akhirnya mobil Esemka berhasil mendapatkan ruang di hati masyarakat Indonesia. Terlebih khususnya di Solo yang merupakan tempat para siswa-siswa sekolah menengah kejuruan yang merupakan penggagas diciptakannya mobil Esemka.

Baca juga : Model Mobil Daihatsu

5. Esemka Bima 1.3L

Esemka Bima 1.3L
Esemka Bima 1.3L

Selain memiliki model Digdaya 1, Esemka juga memiliki seri mobil lainnya yaitu Esemka Bima. Mobil yang bisa menjadi alternatif yang cocok bagi kalian yang memiliki usaha di bidang jasa pengiriman barang atau perdagangan. Hal ini karena mobil jenis pickup ini tentunya mampu memuat barang yang cukup banyak. Disamping itu juga desain tampilan yang dimiliki Esemka Bima juga sangat minimalis, sedangkan untuk sektor pacunya Esemka mempercayakan mesin berkapasitas 1.3 liter yang diklaim cukup mampu untuk membawa banyak muatan tanpa mengalami masalah. Untuk harga mobil Esemka Bima dibanderol kisaran 60 – 75 juta rupiah. Mobil yang dibuat khusus untuk moda transportasi dagang.

Dengan demikian dapat diketahui mengenai 5 Model Mobil ESEMKA Terbaru , semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close