Kesehatan

10 Obat Tradisional Mengatasi Asam Urat Pada Ibu Hamil

Asam urat menjadi salah satu penyakit yang terus berlangsung sebagai akibat kadar asam urat dalam tubuh yang tinggi. Asam urat bisa menimbulkan beberapa gejala tergantung tingkat keparahan atau tingkat kadar asam urat dalam tubuh yang melebihi batas normal. Asam urat bisa terjadi pada siapa saja bahkan tidak mengenal usia serta bisa menyerang wanita ataupun pria.

Karena penyakit ini bisa berlangsung sepanjang usia saat sudah terjadi, tentu saja penyakit asam urat bisa menyerang ibu hamil dengan riwayat penyakit asam urat sebelum masa kehamilan. Penyakit asam urat pada ibu hamil perlu ditangani dengan benar karena saat asam urat menyerang, tubuh akan merasakan nyeri hebat disertai pembengkakan pada daerah persendian yang bisa menganggu ibu hamil.

Obat Tradisional Mengatasi Asam Urat

Untuk mengatasi asam urat yang menyerang ibu hamil tentu diperlukan penanganan yang benar. Salah satunya dengan menggunakan obat tradisional yang jauh lebih aman daripada obat medis. Walaupun obat tradisional memiliki efek samping ataupun dampak buruk tapi hal ini jauh lebih rendah daripada obat medis. Sehingga tidak dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan selama kehamilan. Berikut beberapa obat tradisional yang bisa mengatasi asam urat pada ibu hamil dan sudah terbukti ampuh.

Menjaga pola makan

Sayur
Sayur

obat tradisional mengatasi asam urat pada ibu hamil atapun penderita penyakit asam urat pada umumnya adalah menjaga pola makan. Jika Ibu hamil memang memiliki riwayat asam urat disarankan lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Apalagi selama kehamilan memang sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat serta tidak memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Ibu hamil wajib menghindari berbagai jenis makanan dengan kandungan zat purin yang tinggi seperti kacang kacangan, jeroan, makanan laut, gula, minuman beralkohol, bayam, asparagus, kembang kol dan lainnya.

Baca Juga : Makanan Penurut Asam Urat

Kumis kucing

Kumis kucing
Kumis kucing

Walaupun kamu telah mengatur pola makan untuk pencegahan meningkatnya kadar  asam urat pada ibu hamil. Kamu bisa mengatasi kondisi asam urat dengan mengonsumsi ramuan tradisional seperti kumis kucing. Tanaman Kumis kucing mempunyai kandungan senyawa orthosiponin, senyawa ini dipercaya bisa membantu membuang kelebihan asam urat dalam tubuh. Mengingat tanaman kumis kucing bisa bertindak sebagai diuretik yang akan mengeluarkan asam urat sebagai air kencing.

Cengkeh

 Obat Tradisional Mengatasi Asam Urat
Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk asam urat serta membantu mengatasi pembengkakan yang timbul akibat kadar asam urat yang tinggi. Cengkeh bisa kamu gunakan secara oral ataupun diminum langsung, untuk mengatasi pembengkakan kamu bisa mengoleskannya pada bagian yang bengkak dan nyeri. Kamu juga bisa mencampur cengkeh dengan obat herbal lainnya seperti jahe yang akan meningkatkan efektifitas pengobatan tradisional asam urat.

Jahe

Jahe
Jahe

Jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat salah satunya adalah mengatasi penyakit asam urat. Jahe juga memiliki manfaat yang akan membantu menjaga kondisi tubuh. Tidak heran jika jahe sering dijadikan sebagai minuman, karena efeknya yang bisa menghangatkan tubuh dan sangat cocok diminuman saat suhu lingkungan cukup dingin. Tidak hanya itu, jahe juga akan membantu memperlancar sirkulasi darah sehingga bisa mengeluarkan kadar asam urat dalam darah sehingga sangat cocok dijadikan sebagai obat alami asam urat untuk ibu hamil.

Daun dan akar sidaguri

Daun dan akar sidaguri
Daun dan akar sidaguri

Daun serta akar sidaguri mempunyai kandungan senyawa yang sangat baik untuk tubuh dan mampu mengatasi nyeri, meredakan peradangan serta mengeluarkan asam urat bersama dengan kencing. Sehingga sangat cocok digunakan sebagai obat alami penyakit asam urat untuk ibu hamil. Hal ini sudah terbukti ampuh, aman serta minim efek samping. Daun dan akar sidaguri bisa digunakan sebagai obat luar ataupun obat dalam untuk mengatasi asam urat saat hamil.

Daun salam

Daun salam
Daun salam

Rebusan daun salam bisa menjadi salah satu obat tradisional untuk mengatasi asam urat serta reumatik  yang sangat aman digunakan ibu hamil. Beberapa kandungam senyawa seperti tannin, polifenol, minyak asiri, dan flavonoid tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat saja tapi juga bisa mengatasi beragam penyakit lainnya seperti gula darah tinggi serta kolesterol. Cara penggunaannya juga sangat mudah, kamu cukup merebus 10 gram tumbuhan dengan 3 gelas air bersih. Rebuslah daun sambiloto hingga menyisakan 2 gelas air. Kemudian minumlah 1 jam sebelum kamu makan, lebih baik diminum dalam keadaan dingin dan di pagi hari. Kamu bisa mengentikan penggunaan obat tradisional ini jika kadar asam urat telah kembali normal.

Tanaman bidara

Tanaman bidara
Tanaman bidara

Bidara merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak sekali manfaatnya dan bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Kandungan senyawa yang bisa kamu temukan di dalam bidara seperti  keton, flavonoid, natrium, kalsium, alkane serta aldehid ternyata bisa menyembuhkan berbagai penyakit serta mengatasi  penyakit asam urat saat hamil. Bidara bisa kamu konsumsi dalam bentuk rebusan ataupun mencampurkab daun bidara dengan beragam bahan lain untuk membantu mengatasi kadar asam urat dalam tubuh.

Daun sirsak

Daun sirsak
Daun sirsak

Mengonsumsi rebusan daun sirsak akhir-akhir ini cukup populer dipakai sebagai salah satu obat tradisional yang biaa membantu menjaga kesehatan serta mengatasi beragam jenis penyakit salah satunya adalah penyakit asam urat. Kandungan vitamin A, vitamin C serta beberapa nutrisi lainnya terbukti ampuh mengatasi bengkak dan nyeri akibat tingginya kadar asam urat.

Mahkota dewa

Mahkota dewa
Mahkota dewa

Mahkota dewa merupakan salah satu obat tradisional yang bisa mengobati beragam penyakti bahkan sudah dikenal luas sehingga banyak tersedia dalam beentuk olahan obat herbal Mahkota dewa termasuk saalah saru obat tradisional yang terbukti ampuh  mengatasi penyakit asam urat sehingga bisa di konsumsi oleh ibu hamil guna mengatasi tingginya kadar asam urat.

Daun sambiloto

Daun sambiloto
Daun sambiloto

Daun sambiloto memiliki beragam manfaat bagi kesehatan bahkan sudah tidak diragukan lagi. Seperti mengatasi penyakit darah tinggi, meluruhkan batu ginjal, melancarkan air seni, menunrunkan demam serta sebagainya. Walaupun rasa daun sambiloto sangatlah pahit, tapi obat ini terbukti ampuh menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh.  Cara penggunaannya juga sangat mudah, kamu cukup merebus 10 gram tumbuhan dengan 3 gelas air bersih. Rebuslah daun sambiloto hingga menyisakan 2 gelas air. Kemudian minumlah 1 jam sebelum kamu makan, lebih baik diminum dalam keadaan dingin dan di pagi hari. Kamu bisa mengentikan penggunaan obat tradisional ini jika kadar asam urat telah kembali normal.

Baca juga : Pola Hidup Agar Terhindar Dari Asam Urat

Itulah obat tradisional yang bisa mengatasi asam urat pada ibu hamil serta tidak menimbulkan efek samping pada kehamilan. Asam urat merupakan salah satu gangguan kehamilan yang bisa terjadi pada trisemester 2 ataupun trisemester 3 yang cukup mengganggu jika diabaikan begitu saja. Pahami dengan benar mengenai beragam gangguan kehamilan lainnya, sehingga dalam masa kehamilan terasa mudah dan menyenangkan.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close