wisata

√ 8 Objek Wisata Danau Di Aceh yang Sangat Keren

Danau di Aceh yang diberi nama “Lut Tawar” karena “Lut” artinya “laut” yang artinya memiliki luas danau seperti laut dan “Tawar” karena airnya tidak terasa asin. Di danau tersebut hidup beragam jenis ikan, seperti ikan Depik dan jenis ikan endemik lainnya. Di dataran tinggi Gayo merupakan daerah yang berada letaknya di belakang punggung Pegunungan Bukit Barisan. Dataran tinggi Gayo meliputi tiga wilayah, yaitu Kabupaten Aceh Tengah, kabupaten Bener Meriah dan kabupaten Gayo Lues.

Selain dikenal sebagai penghasil kopi terbesar di Indonesia, ternyata Dataran Tinggi Gayo juga menyimpan objek wisata yang sangat indah dan alami. Ditambah pemandangan alamnya yang masih sangat alami dan sejuk.  Untuk mengetahui wisata danau apa saja yang bisa kamu kunjungi, berikut ini 8 Objek Wisata Danau Di Aceh Yang Sangat Keren.

1. Bur Lancuk Leweng

√ 8 Objek Wisata Danau Di Aceh yang Sangat Keren
Bur Lancuk Leweng

Indahnya pemandangan Kota Takengon juga dapat dinikmati dari Bur Lancuk Leweng. Lokasinya yang berada di Desa Asir-Asir, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah dengan ketinggian 1.600 mdpl. Dari atas Bur Lancuk Leweng kamu dapak menikmati birunya hamparan danau Bur Lancuk Leweng juga jejeran bangunan di Kota Takengon.

Baca juga : Wisata Pantai Aceh

2. Pantang Terong

Pantang Terong
Pantang Terong

Pantang Terong merupakan salah satu objek wisata yang sangat menarik di Kota Takengon. Dari atas Pantan Terong kamu bisa melihat pemandangan Kota Takengon dan Danau Laut Tawar secara keseluruhan dari ketinggian yang berada di hamparan bukit yang indah. Hembusan angin sejuk pun bisa dirasakan menambah dinginnya suasana puncak.

Pantan Terong yang dilengkapi fasilitas pendukung seperti fasilitas ibadah, rumah panggung dan juga beberapa fasilitas tempat untuk bersantai untuk sekedar istirahat dan menikmati pemandangan di danau tersebut.

Tempat yang bisa ditempuh dengan perjalan sekitar 15 menit atau dengan jarak tempuh kurang lebih 8 km dari Kota Takengon.

Baca juga : Destinasi Kuliner Aceh

3. Dermaga Dedalu

Dermaga Dedalu
Dermaga Dedalu

Dermaga Dedalu menjadi objek wisata yang danau yang indah juga mempesona. Dermaga yang menyajikan pemandangan keindahan hamparan air danau yang biru dan pemandangan indah lereng pegunungan yang mengelilingi Danau Laut Tawar. Pengunjung bisa berfoto di jembatan hitam yang membentang ke arah Danau Laut Tawar ataupun ber-selfie di bawah payung warna warni yang menghiasi danau tersebut.

4. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar
Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar yang terletak persis berada di tengah-tengah Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. Danau yang mempunyai luas sekitar 5.472 hektar dengan panjang 17km dan lebar 3,219km.

Panorama air danau yang biru dan pemandangan indah lereng pegunungan yang mengelilingi Danau Laut Tawar dijamin dapat memanjakan mata saat berkunjung kemari. Masyarakat yang mendiami daerah sekitar, menyebut danau ini dengan sebutan “Danau Lut Tawar”.  Pemandangan alam serta udara yang sangat segar.

Baca juga : Destinasi Wisata Aceh

5. Danau Bungara

Danau Bungara
Danau Bungara

Selain itu, bumi Syekh Abdurrauf As-Ssingkily yang juga memiliki danau. Danau Bungara namanya. Danau ini adalah danau kedua terluas di Aceh, setelah Danau Lut Tawar yang ada di Aceh Tengah.

Danau yang dikelilingi oleh empat kampung. Di sebelah timur berbatas dengan Kampung Butar, di sebelah barat dengan Kampung Lentong, sebelah utara dengan Kampung Danau Bungara, dan di sebelah selatan berbatas dengan Kampung Lapahan Buaya.

Selain dikenal sebagai nama danau, Danau Bungara juga merupakan nama suatu desa sekaligus ibu kota dari Kecamatan Kota Baharu yang letaknya lebih kurang 55 km dari Singkil, ibu kota Aceh Singkil.

Kamu traveler penantang alam liar, wisata ke danau ini sangat direkomendasikan sebagai salah satu destinasi yang perlu dicoba. Namun, bagi kamu yang hanya ingin menikmati panorama dan kenyamanan maka harus berpikir secara lebih matang. Karena, di seputaran danau ini belum ada fasilitas atau hal lain. Belum ada fasilitas publik yang membuat pelancong terasa nyaman. Karena, untuk saat ini Danau Bungara masih dalam proses pengembangan sebagai objek wisata andalan Aceh Singkil.

Baca juga : Wisata Kota Bandung

6. Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot
Danau Aneuk Laot

Jalan menuju tepi Danau Aneuk Laot tersebut berkelok dan naik-turun. Di sisi kanan bahu jalan tampak mulut bunker pertahanan Jepang yang menyatu dengan bukit. Sedangkan di sisi kirinya terlihat jurang dengan latar belakang rumah penduduk dan biru air danau dari kejauhan.

Tidak hanya keindahan semata. Di Danau Aneuk Laot ini, para pengunjung dapat melihat jejak Laksamana Cheng Ho. Menurut catatan Museum Sabang, Cheng Ho pernah berlabuh di Pulau Weh pada Abad XV.

Danau yang istimewa yaitu karena danau ini berada di tengah-tengah Kota Sabang, selain itu panorama dan alamnya juga sangat indah dan memanjakan mata yang bisa dinikmati dari tempat yang sejuk di sekitaran danau. Keindahan tersebut akan semakin lengkap jika senja tiba dan kamu bisa menikmati pemandangan sunset yang ada di danau tersebut.

Baca juga : Wisata Kota Medan

7. Danau Paris

Danau Paris
Danau Paris

Danau Paris merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, Indonesia.Kecamatan yang berbatasan dengan Kecamatan Manduamas Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatra Utara. Danau yang memiliki panorama yang menakjubkan dan indah untuk dikunjungi. Di lokasi danau terdapat jenis tanaman, hutan kecil dan tempat untuk bersantai. Danau akan semakin indah jika kamu berkunjung menjelang sore hari, udara yang sejuk dan hawa yang asri membuat rasa penat akan terasa buyar.

8. Danau Kemiki

Danau Kemiki

Danau yang penuh keindahan dengan kesejukan yang selalu membangkitkan gairah mata untuk memandang, dari pantauan pegunungan yang menjulang dan hamparan edelweis bunga abadi, sungguh suatu kebahagiaan bagi yang melihatnya.

Di sekitar Danau Kemiki, kamu juga menyaksikan Danau Rusa, Savana Kaderal, dan Puncak Gunong Apui.

Danau Kemiki yang berada di antara empat Puncak Gunong Peuet Sagoe atau Gunung Empat Sisi. Gunung yang berlokasi di antara Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya, Aceh. Patut dijadikan sebagai pilihan kamu berlibur di Aceh.

Dan dengan demikian dapat diketahui daftar dan nama 8 Objek Wisata Danau Di Aceh Yang Sangat Keren. Dan kamu bisa berkunjung disaat kamu berwisata ke sana.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close