wisata

√ 9 Objek Wisata di Calang Aceh yang Menarik

Kota Calang masih menjadi salah satu daerah yang ada di kota Aceh. Dengan memiliki garis pantai sepanjang 160 km, menjadikan Kabupaten Aceh Jaya memiliki potensi yang besar dalam sektor pariwisata khususnya wisata bahari. Belum lagi objek wisata lainnya, seperti wisata alam dan wisata sejarah yang bertebaran di setiap sudut wilayahnya. Ingin tahu seperti apa pesona dari kabupaten yang beribukota di Kota Calang ini. Simak contoh dari  9 Objek Wisata Di Calang Aceh Yang Menarik di bawah ini:

1. Pulo Reusam

√ 9 Objek Wisata di Calang Aceh yang Menarik
Pulo Reusam

Disebut dengan Pulo Reusam yang dalam bahasa setempat memiliki arti yaitu “Pulau untuk menggelar Rapat Adat”. Karena sejak dahulu kala masyarakat Lhok Timon menggunakan pulau ini jika hendak melaksanakan rapat adat. Fungsi dari pulau tersebut sampai kini masih dijalankan, hanya saja saat ini digunakan untuk menggelar rapat dalam menentukan datangnya bulan Ramadhan.

Daya tarik dari Pulau Reusam terletak pada keindahan kawasan pantainya yang berpasir putih dengan kawasan laut yang berhias pulau-pulau kecil. Karena pulau ini merupakan bagian dari gugusan pulau di Teluk Rigaih. Banyaknya pepohonan yang menghiasi pinggiran pantai serta tebing-tebing karang dan bebukitan ikut menambah pesona dari pantai yang menjadi bagian dari wilayah kecamatan Setia Bakti ini.

Baca juga : Objek Wisata di Meulaboh Aceh

2. Pulau Keluang dan Pulau Tsunami

Pulau Keluang dan Pulau Tsunami
Pulau Keluang dan Pulau Tsunami

Kedua pulau yang berada di wilayah Kecamatan Jaya yang lokasinya berdampingan dengan jarak sekitar 1 km. Pulau Keluang yang sudah ada sejak dahulu memiliki luas sekitar 15 hektar, sedang Pulau Tsunami yang baru terbentuk setelah terjadinya bencana Tsunami pada tahun 2004 memiliki luas sebesar 20 hektar.

Pulau Tsunami dulunya terbentuk dari bagian ujung daratan Aceh yaitu bagian Gampong Ujong Seudeun yang patah akibat dihempas dahsyatnya gelombang tsunami dan akhirnya membentuk pulau. Pulau Tsunami dibilang tidak memiliki daya tarik dari sisi keindahan, namun siapapun yang berkunjung di pulau ini akan merasakan betapa kecilnya manusia di hadapan Tuhan.

Sebaliknya, keindahan akan dapat dinikmati saat berkunjung ke Pulau Keluang yang memiliki pantai dengan air yang jernih dengan pasirnya yang putih bersih serta tebing-tebing karang yang berdiri kokoh. Ada juga terdapat hutan tropis dan goa kelelawar besar yang menarik untuk dijelajahi bagi kamu yang menyukai petualangan.

Baca juga : Wisata Kuliner Malam di Aceh

3. Arung Jeram Sungai Teunom

Arung Jeram Sungai Teunom
Arung Jeram Sungai Teunom

Bagi pecinta rafting, jangan lewatkan kesempatan berarung jeram di Sungai Teunom dan nikmati asyiknya kegiatan tersebut dengan yang menguras adrenalin saat mengarungi aliran sungai sepanjang 24 km selama 3 jam.

Menjelajah Sungai Teunom mulai dari hulu sampai ujung yang ada di Desa Alue atau Desa Sarah Jaya menjadi sangat menyenangkan karena sungai ini memiliki arus paling dahsyat di Provinsi Aceh. Ditambah dengan medannya yang dipenuhi batu-batu besar, tebing-tebing yang berderet di sepanjang perjalanan, bukit-bukit kapur yang menjulang, belasan air terjun yang menawan serta pemandangan cantik di sepanjang pinggiran sungai yang memukau mata.

Baca juga : Wisata Kuliner Khas Blangpidie

4. Puncak Lageun

Puncak Lageun
Puncak Lageun

Salah satu objek wisata favorit masyarakat Aceh Jaya yaitu berada di atas bukit di wilayah Kecamatan Setia Bakti. Tempat yang banyak dikunjungi wisatawan karena dari Puncak Lageun pengunjung dapat melihat indahnya pemandangan dari dalam gubuk sambil menikmati lezatnya kopi Aceh, es kelapa muda dan berbagai macam menu kuliner lainnya.

Lanskap yang juga dapat dinikmati berupa hamparan pasir dengan batu-batu hitam serta lautan lepas dengan airnya yang berwarna kebiru-biruan berhias pulau kecil di tengahnya.

Hal yang patut untuk dilihat adalah munculnya segerombolan ikan lumba-lumba yang berenang, berkejar-kejaran sambil sesekali melompat dari atas permukaan air. Atraksi tersebut dapat dinikmati jika datang ke lokasi sekitar pukul 10.00 pagi. Sajian yang berbeda dan tidak kalah menarik dapat dinikmati pada sore hari, pada saat matahari hendak berangkat ke peraduan dengan menebarkan sinarnya yang kuning keemasan dibiaskan oleh air laut yang mempesona.

Baca juga : Destinasi Wisata Kota Sabang

5. Pantai Pasie Saka

Pantai Pasie Saka
Pantai Pasie Saka

Diberi nama pantai Pasie Saka yang dalam bahasa setempat memiliki arti “Pasir Gula”, karena hamparan pasir yang menghiasi bibir pantai yang berwarna putih dan halus selembut gula. Daya tarik yang ditawarkan  pantai ini yaitu keindahan tebing-tebing karang dan perbukitan yang menjorok ke laut.

Air lautnya yang jernih menambah daya tarik dari pantai ini, di saat ombak yang besar menghantam tebing-tebing karang, dapat menciptakan pemandangan yang begitu menawan. Namun, air laut yang jernih tersebut tidak dapat digunakan untuk mandi, karena ada larangan bagi wisatawan untuk berenang di kawasan perairan mengingat ombaknya yang sangat besar.

6. Pantai Kuala Merisi

Pantai Kuala Merisi
Pantai Kuala Merisi

Banyak yang mengatakan Pantai Kuala Merisi merupakan pantai yang paling indah di Aceh. Kenyataannya, yang pasti pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Ramainya wisatawan yang memancing serta para pedagang yang berjualan di kawasan pantai. Sehingga pengunjung selain dapat menikmati keindahan panorama pantai dengan ombaknya yang tenang, juga dapat mencicipi berbagai macam kuliner khas masakan seafood.

Penginapan juga tersedia di pantai yang berlokasi di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng  Sabee ini, begitu juga dengan fasilitas-fasilitas yang lain. Yang menjadi daya tarik dari Pantai Kuala Merisi yaitu lokasinya yang mudah dijangkau, karena walau jaraknya sekitar 75 km dari Kota Calang, namun dapat ditempuh dengan kendaraan apapun termasuk dengan menggunakan angkutan umum.

7. Pantai Kuala Dhoi

Pantai Kuala Dhoi
Pantai Kuala Dhoi

Pantai yang berlokasi di Desa Kuala Dhoi yang jaraknya hanya 12 km dari Kota Calang, menjadikan pantai ini menjadi destinasi favorit masyarakat Aceh Jaya dan para pengunjung. Karena pemandangan yang ditawarkan pantai ini memang sangat menawan dengan pasirnya yang putih dan ombaknya yang tenang serta pepohonan di pinggir pantai yang membuat suasana terkesan asri dan sejuk.

Menariknya, tidak hanya penduduk lokal saja yang mengunjungi pantai ini, namun juga turis dari mancanegara, seperti dari Jerman dan sebagainya. Nama Pantai Kuala Dhoi konon cukup populer di negara Jerman. Penyebabnya karena ada warga Jerman bernama David Dieter yang sebelumnya pernah membangun bungalow di dekat pantai dan tinggal bersama keluarganya. David yang mengenalkan pantai ini pada warga Jerman serta mengundang turis-turis dari Eropa lain untuk berkunjung.

8. Pantai Lhok Geulumpang

Pantai Lhok Geulumpang
Pantai Lhok Geulumpang

“Unik dan eksotis” kata yang pantas diberikan untuk mengungkapkan pantai yang berada di Desa Sawang, Kecamatan Setia Bakti ini. Dikatakan eksotis, karena panorama yang dihadirkan lewat pantainya yang berpasir putih dengan ombak yang tenang berpadu harmonis dengan kawasan hutan yang terdapat pinggiran pantai.

Pantai Lhok Geulumpang juga dikatakan unik karena karakteristik pantainya berbentuk hamparan pasir yang seolah diapit oleh dua lautan. Dan pantai ini tidak diapit oleh dua lautan melainkan terbentuk oleh dua pulau yang satu sama lain saling menyatu. Karena keunikannya, maka pantai yang merupakan salah satu dari Deretan 5 Pantai Terbaik di Aceh yang wajib untuk dikunjungi.

9. Teluk Rigaih

Teluk Rigaih
Teluk Rigaih

Teluk yang berada diantara Desa Rigaih dan Desa Batee Tutong, Kecamatan Setia Bakti, Teluk Rigaih menjadi kawasan rest area yang banyak dikunjungi wisatawan termasuk wisatawan dari mancanegara. Hal ini karena keindahan yang ditawarkan tidak hanya ada di daratan lewat pemandangan laut yang berhias pulau-pulau kecil saja, namun juga pemandangan bawah lautnya yang dipenuhi terumbu karang dan berbagai jenis ikan serta biota laut.

Itu sebabnya mengapa para wisatawan yang berkunjung tidak hanya untuk menikmati keindahan alam, namun juga melakukan berbagai macam aktifitas menarik seperti memancing, snorkeling dan diving.

Dan akhirnya demikian contoh 9 Objek Wisata Di Calang Aceh Yang Menarik yang bisa kamu kunjungi. Semoga menjadi manfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close