wisata

8 Objek Wisata di Meulaboh Aceh yang Memiliki Sejuta Pesona

Kota Meulaboh merupakan sebuah Kota yang ada di Aceh. Kota yang memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang mempesona dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai keindahan dan tempat keren yang ada di Meulaboh. Meulaboh memiliki banyak Spot objek wisata menarik, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto kekinian, pantai, dan juga Air Terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera kalian explore.

Jika kamu punya rencana untuk berlibur ke Meulaboh, tidak perlu khawatir akan keindahannya. Karena kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk kamu dikunjungi. Selama ini jika Meulaboh jarang terdengar sebagai tempat yang keren untuk berlibur, maka dibalik itu semua ternyata Meulaboh juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang unik yang tidak kalah dengan wisata di kota besar lainnya. Berikut ini contoh 8 Objek Wisata di Meulaboh Aceh yang Memiliki Sejuta Pesona:

1. Pantai Batu Putih

8 Objek Wisata di Meulaboh Aceh yang Memiliki Sejuta Pesona
Pantai Batu Putih

Pantai yang juga merupakan salah satu dari pantai terindah yang ada di Kabupaten Aceh Barat. Arti Batee Puteh sendiri adalah pantai batu putih, sehingga sering juga disebut dengan Pantai Batu Putih.

Pantai lain dari pantai yang lain, karena di pantai ini kita tidak akan menjumpai adanya sunset, karena secara geografis pantai ini terletak di sebelah timur.

Namun ketika musim barat tiba sekitar pada bulan Juli-Desember, maka wisatawan akan di sajikan dengan pemandangan yang menakjubkan dari pantai ini.

Pantai dengan pasir berwarna hitam yang memiliki tekstur yang sangat halus. Di tepi pantainya terdapat tebing yang mempercantik pantai.

Tempat wisata di Meulaboh ada sebuah bukit dimana diatasnya menyimpan 3 batu nisan, yang konon katanya adalah makam kuno dari Teungku di Ujong.

  • Lokasi : Lhok Aman, Meukek, Kabupaten Aceh Selatan, Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Baca juga : Destinasi Wisata di Kota Sabang Aceh

2. Pantai Lanaga

Pantai Lanaga
Pantai Lanaga

Lanaga merupakan salah satu pantai terindah dan alami yang berada di wilayah Aceh Barat, Meulaboh.

Air lautnya yang berwarna biru dengan pasir yang berwarna coklat kehitaman menambah kesan yang eksotis untuk pantai ini.

Selain wisatawan dapat menikmati panorama alam di pantainya, wisatawan juga dapat mencicipi jenis makanan khas dari kota Meulaboh.

Lokasi : Jl. Bakti Pemuda No.04. Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Indonesia.

Baca juga : Wisata Kuliner Malam di Aceh

3. Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan
Pantai Pusong Sangkalan

Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia dengan kondisinya yang masih sangat terjaga keasriannya.

Memiliki ombak yang besar, maka wisatawan dilarang untuk bermain selancar. Namun karena air lautnya yang berwarna biru membuat mata akan berasa nyaman berlama-lama memandang lautan lepas yang menakjubkan.

Jika kamu mengunjungi pantai ini di jam 6.00 sampai 10.00, kamu akan berkesempatan melihat aktivitas para nelayan yang sedang “Tarek Pukat” atau menjaring ikan dengan pukat yang ditarik dari laut ke darat.

Sunset yang ditawarkan di tempat ini juga tidak kalah indahnya dengan pantai lain, seolah saat fenomena alam itu terjadi kita akan dibuat membisu melihat keindahan matahari yang semakin lama semakin tenggelam di lautan lepas yang menakjubkan.

  • Lokasi : 3 km dari Blangpidie, Aceh Barat Daya, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : penginapan, warung makan

Baca juga : Wisata Kuliner Khas Blangpidie

4. Pulau Gosong

Pulau Gosong
Pulau Gosong

Tempat wisata di Meulaboh yang luasnya hanya sebesar lapangan bola ini, namun memberikan suasana yang sangat tenang, sehingga membuat siapa saja akan betah untuk berkunjung.

Hal jarang yang bisa ditemukan disini yaitu, wisatawan dapat langsung menyapa biota laut seperti ikan napoleon yang tergolong langka.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati keindahan bawah lautnya dengan melakukan snorkeling. Pulau yang diapit oleh panorama Bukit Barisan Pulau Sumatera. Dan setumpuk terumbu karang tumbuh indah dan sempurna pada pulau mungil yang berada di tengah laut ini.

  • Lokasi : Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

5. Pantai Ujong Kareung

Pantai Ujong Kareung
Pantai Ujong Kareung

Pantai yang menjadi salah satu destinasi wajib para wisatawan karena memberikan keindahan alam yang sangat memukau mata yang memandangnya.

Nama Ujong Kareung sendiri diambil dari Bahasa Aceh yang artinya Ujung Karang. Nama yang sesuai dengan lokasi pantai yang berada di ujung kota Meulaboh dan dipenuhi dengan batu karang.

Tempat ini dulunya merupakan tempat pertahanan oleh para penjajah, dibuktikan dengan adanya bekas bangunan Benteng Jepang yang masih berdiri kokoh di pinggir pantai.

Warna biru pada air laut ditambah dengan pepohonan kelapa menjadikan suasana terasa sejuk dan membuat pengunjung nyaman untuk berlama-lama. Tidak hanya itu, keindahan bawah lautnya juga tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya yang ada.

Keindahan terumbu karang serta alam bawah laut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk melakukan snorkeling.

Ketika sinar matahari akan tenggelam, mata akan dibuat takjub dengan indahnya panorama sunset seperti lukisan alam berwarna kuning kemerahan memantul ke arah laut. Sehingga, momen yang sangat dinantikan oleh para wisatawan.

  • Lokasi : Ujong Kareung, Sukajaya, Kota Sabang, Aceh
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : penyewaan alat pancing, tempat makan, cafe

6. Gampong Tutut

Gampong Tutut
Gampong Tutut

Lokasi yang dijuluki menjadi salah satu tempat wisata di Meulaboh yang memiliki keindahan yang paling indah di kawasan Aceh Barat.

Lokasi yang masih belum banyak untuk menjamahnya, sehingga dijamin saat setibanya di lokasi, rasa penat akan terbayar dengan keindahan alam yang menakjubkan.

Dengan rimbunnya pohon nan hijau dan ditemani suara burung-burung yang berkicau, dijamin akan pengunjung akan menemukan ketenangan jiwa, hanyut dalam keindahan alam yang tersembunyi.

Hutan yang bertebing, batu berwarna putih, sungai yang bening  dengan air dingin yang mengalir membuat jiwa petualang akan terperanjak olehnya.

Walau tempat ini belum terdapat fasilitas, namun masih ada penduduk sekitar yang bisa membantu untuk untuk menikmati liburan di pantai ini.

  • Lokasi : Desa Tanoh Mirah, Kecamatan Sungai Mas, Gunung Cakoi
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

7. Pantai Suak Ribee

Pantai Suak Ribee
Pantai Suak Ribee

Pantai yang mempunyai pasir berwarna hitam dengan tekstur yang halus. Biasanya saat sore hari, para wisatawan dan warga setempat berdatangan untuk sekedar melihat sunset di pantai ini.

Warga Meulaboh sering bermain bola di tepi pantai sambil menikmati deburan ombak dan udara yang sejuk.

Tempat wisata di Meulaboh ini juga tersedia kios untuk peristirahatan dan menyediakan kopi tubruk dengan beralaskan piring yang menjadi ciri khas tersendiri dari Pantai Suak Ribee yang pastinya patut untuk dicoba.

  • Lokasi : Jl. Iskandar Muda, Suak Ribee, Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

8. Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh

Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh

Masjid yang merupakan masjid terbesar dan termegah yang berada di kawasan pantai barat kota Meulaboh.

Dengan gaya arsitektur perpaduan antara Timur Tengah, Asia, dan Aceh dengan pemilihan warna coklat yang dikombinasikan warna merah pada kubah masjidnya.

Di dalam masjid terdapat dua konsep ruang yang jelas berbeda. Pertama, pengunjung akan disambut dengan ruangan yang banyak memiliki tiang penyangga yang menyangga lantai dua sebagai mezzanine.

Sedangkan di bagian tengah terdapat ruang lapang dengan ornamen lampu hias di tengahnya. Namun, ada peraturan yang berlaku di masjid ini, yaitu pengunjung dilarang untuk berfoto selfie ataupun melakukan prewedding.

  • Lokasi : Jl. Imam Bonjol No.100, Drien Rampak, Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Baca juga : Tempat Nongkrong Generasi Milenial Aceh

Sekian contoh dari 8 Objek Wisata di Meulaboh Aceh yang Memiliki Sejuta Pesona. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close