Kesehatan

Olahraga di Kantor untuk Mencegah Otot Tegang

Di tengah kesibukan menyelesaikan pekerjaan dan deadline, olahraga di kantor adalah hal yang penting untuk menjaga kebugaran. Sebab tahukah Anda, tak hanya menyebabkan otot tegang, terlalu lama duduk selama bekerja di kantor selama berjam-jam setiap harinya juga dapat meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit. Seperti penyakit jantung, diabetes melitus tipe 2, hingga kanker.

Baca Juga : 4 Tips Keuangan untuk Liburan Pasca Pandemi

Di sisi lain, berada di kantor juga membuat kita terkadang tidak leluasa untuk melakukan olahraga. Namun Anda tak perlu khawatir, di bawah ini akan kami bagikan beberapa gerakan olahraga di kantor yang bisa Anda lakukan dari meja kantor Anda. Meskipun gerakan ini terlihat sederhana, namun sangat ampuh untuk membuat otot Anda tidak tegang dan tetap merasa fresh.

1. Triceps Dips

olahraga di kantor

Gerakan olahraga triceps dips bisa Anda lakukan dengan kursi kerja Anda, yakni dengan cara memunggungi kursi dan meletakkan tangan di bagian depan kursi sebagai pondasi. Setelah itu, angkat tubuh Anda perlahan dengan posisi lutut membentuk sudut 90 derajat. Ulangi gerakan naik-turun ini hingga 20 kali.

2. Push Up

Tentunya Anda tahu gerakan olahraga yang satu ini. Jika Anda melakukan push up sebagai olahraga di kantor, maka Anda bisa menggunakan meja sebagai pondasinya. Namun, pastikan meja tersebut kuat dan tidak mudah bergeser. Anda bisa mundur beberapa langkah dari meja dan mulai meletakkan tangan di atas meja untuk melakukan gerakan push up. Pastikan juga postur Anda tetap lurus, dan lakukan hingga 20 kali.

3. Desk Upward Dog

Desk upward dog merupakan salah satu gerakan yoga yang bisa Anda lakukan selama di kantor. Caranya, masih dengan menggunakan meja, Anda bisa meletakkan tangan Anda di atasnya dan posisikan tubuh dengan tegap. Setelah itu, turunkan bagian atas badan Anda, dan tarik napas dalam-dalam. Lakukan peregangan tubuh ke atas dan tarik kepala ke belakang. Ulangi beberapa kali.

4. Triceps Stretch

Selama bekerja, pasti kita menggunakan tangan untuk mengerjakan tugas-tugas di komputer atau laptop. Jika dilakukan berjam-jam tanpa jeda, tentunya tangan kita akan merasa kaku dan kelelahan. Triceps strech menjadi salah satu gerakan olahraga di kantor yang bisa mengurangi kekakuan otot-otot di area tangan. Caranya, angkat satu lengan dan tekuk hingga menyentuh tulang belikat.

Anda bisa menggunakan tangan satunya untuk menarik siku dan tahan posisi ini selama dua hingga dua atau tiga tarikan napas. Ulangi gerakan yang sama untuk lengan yang satunya.

5. Hamstring Stretch

Selanjutnya, ada gerakan olahraga hamstring stretch yang bisa Anda lakukan selama di kantor. Ini adalah sebuah gerakan yang bisa dilakukan dengan duduk di kursi dengan tegap. Kemudian, luruskan kaki kanan depan, dan raih ujung kaki tersebut dengan tangan kanan. Jika Anda belum terbiasa, mungkin akan terasa sakit dan sulit untuk menjangkau ujung jari Anda. Tidak apa-apa, namun pastikan lengan dan kaki Anda lurus.

Baca Juga : Fitur Instagram Mirip TikTok bernama Reels

Tahan gerakan menyentuh ujung kaki tersebut selama dua atau tiga tarikan napas. Setelah itu, Anda bisa berpindah ke kaki sebelah kiri. Hamstring stretch berfungsi untuk menjaga kelenturan otot-otot kaki Anda, yang dimungkinkan juga akan kaku apabila terlalu lama duduk selama bekerja.

Nah, itu tadi adalah beberapa gerakan olahraga di kantor, yang mungkin sederhana namun bisa memberikan efek yang positif untuk tubuh kita. Tentunya, gerakan-gerakan di atas selain bisa untuk mencegah kakunya otot, juga menjaga agar tubuh tetap bugar selama beraktivitas seharian.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close