umum

Daftar tingkat Posisi Pangkat Polisi Indonesia

Kepolisian Republik Indonesia atau, seringkali, secara ringkas, dengan menyebut Polri, terkait dengan pemerintah adalah salah satu fungsi pemerintah negara di bidang menjaga keamanan dan ketertiban umum, penegakan hukum , perlindungan, perlindungan dan layanan masyarakat.

Tujuannya adalah untuk mencapai keamanan dalam negeri yang mencakup pemeliharaan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat, ketertiban dan penerapan hukum, penerapan perlindungan, layanan dan perlindungan masyarakat dan pengembangan masyarakat melalui pembelaan hak asasi manusia.

Baca juga : Daftar Pangkat Perusahaan BUMN

Wilayah kepolisian dibagi menjadi beberapa tahap, mulai dari tingkat pusat, yang biasa disebut Markas Besar Kepolisian Nasional, yang wilayah kerjanya meliputi seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang dikepalai oleh seorang Kepala Kepolisian Nasional/kapolri yang melapor langsung kepada Presiden.

Polisi indonesia
Polisi indonesia

Kemudian, daerah di tingkat provinsi disebut Polisi Daerah, biasanya disebut Polisi Daerah, diarahkan oleh Polisi Daerah yang bertanggung jawab kepada Polisi Nasional. Di tingkat kabupaten, dinamakan resusitasi atau yang biasa dikenal dengan Polres yang dipimpin oleh Kapolri yang bertanggung jawab kepada Kapolri.

Baca juga : Pangkat TNI Indonesia

Dan di tingkat kecamatan ada sektor kepolisian yang umumnya dikenal sebagai kantor polisi yang dijalankan oleh kepala polisi yang bertanggung jawab kepada kepala polisi. Dan di tingkat desa atau Kelurahan terdapat pos polisi yang dijalankan oleh brigadir polisi atau sesuai dengan situasi dan keadaan daerah tersebut.

Tingkatan dan urutan pangkat kepolisian RI

Berikut di bawah ini adalah penjelasan tentang jajaran dan kepolisian Republik Indonesia:

Pangkat Polisi Tamtama

Pangkat Tamtama Polri
Pangkat Tamtama Polri

Jadi, pendaftaran ini adalah jenjang karir profesional terendah di kepolisian. Gaji saat masuk mendaftar untuk pertama kalinya juga kecil dibandingkan dengan kisaran sebelumnya, yaitu sekitar 2,5 juta.

  • BHAYANGKARA DUA (BHARADA)
  • BHAYANGKARA SATU (BHARATU)
  • KEPALA BHAYANGKARA (BARAKA)
  • POLISI AJUN BRIGADIR DUA (ABRIPDA)
  • AJUN BRIGADIR POLISI SATU (ABRIPTU)
  • BRIGADIR AJUN POLISI (ABRIP)

Pangkat Polisi Bintara

Pangkat Polisi Bintara
Pangkat Polisi Bintara

Jenjang selanjutnya adalah Bintara, yang merupakan level paling umum di Indonesia. Pada kenyataannya, tugasnya tidak jauh berbeda dari yang terdaftar. Namun, di Bintara, terutama untuk pangkat Bripda, ia memiliki peran khusus sebagai pelaksana teknis tugas umum polisi dan pelaksana teknis di bidang kejahatan.

  • BRIGADIR POLISI DUA (BRIPDA)
  • BRIGADIR POLICE SATU (BRIPTU)
  • BRIGADIR POLISI (BRIGPOL)
  • KEPALA BRIGADIR POLISI (BRIPKA)

Pangkat kantor polisi Bintara Tinggi

Pangkat kantor polisi Bintara Tinggi
Pangkat kantor polisi Bintara Tinggi

Pada level berikutnya adalah Bintara Tinggi, yang levelnya di atas pangkat bintara tetapi masih di bawah petugas. Biasanya, pada tingkat ini, komandan tim NCO dan petugas yang terdaftar di lapangan akan memimpin polisi teknis.

  • AJUN INSPEKTUR POLISI DUA (AIPDA)
  • AJUN INSPEKTUR POLISI SATU (AIPTU)

Pangkat perwira pertama dari kantor polisi

Pangkat perwira pertama dari kantor polisi
Pangkat perwira pertama dari kantor polisi

Kemudian, di sisi administrasi kepolisian, ada tingkat perwira dan atasan. Untuk mendapatkan level perwira ada dua jalur yang mungkin. Pertama, dari umum ke resmi bisa melalui AKPOL atau dari Bintara ke resmi bisa melalui AKPOL, SIP atau SAG. Kemudian, dari level ini, warna rentang sudah keemasan.

  • INSPEKTUR POLISI DUA(IPDA)
  • INSPEKTUR POLISI SATU (IPTU)
  • AJUN KOMISARIS POLISI (AKP)

Pangkat Polisi Perwira Tingkat Menengah

Pangkat Polisi Perwira Tingkat Menengah
Pangkat Polisi Perwira Tingkat Menengah

Pada tingkat berikutnya antara teater pertama dan perwira tinggi ada perwira menengah yang memiliki simbol atau simbol pangkat melati emas. Tuas-tuas tingkat ini mengawasi para prajurit dari perwira dan tugasnya tidak jauh berbeda dengan perwira pertama, tetapi tingkatnya lebih tinggi.

  • KOMISARIS POLISI (KOMPOL)
  • AJUN KOMISARIS BESAR POLISI (AKBP)
  • KOMISARIS BESAR POLISI (KOMBES POL)

Pangkat perwira tinggi

Pangkat perwira tinggi
Pangkat perwira tinggi

Di bagian atas adalah perwira tinggi yang ditempati oleh polisi yang memiliki pangkat jenderal.

Baca juga : Daftar Pangkat PNS

Simbol dan tanda-tanda rentang ini adalah bintang emas. Dari 1 bintang untuk brigadir jenderal hingga 4 bintang untuk jenderal, yang umumnya hanya digunakan oleh Kepolisian Nasional sebagai komando polisi tertinggi Republik Indonesia.

  • BRIGADIR JENDERAL POLISI (BRIGJEN POL)
  • INSPEKTOR JENDERAL POLISI (IRJEN POL)
  • KOMISARIS JENDERAL POLISI (KOMJEN POL)
  • JENDERAL POLISI (JENDERAL POL)

Lambang kepolisian Republik Indonesia

Lambang kepolisian Republik Indonesia
Lambang kepolisian Republik Indonesia

Di atas adalah penjelasan singkat tentang pangkat polisi, urutan mengenai pangkat polisi, tugas utama kepolisian, serta lambang kepolisian Republik Indonesia. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close