umum

Daftar Tingkat Posisi Pangkat TNI Indonesia

Di negara berdaulat, pasukan atau angkatan perang suatu negara dibutuhkan. Di Indonesia, ketentaraan disebut Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dengan mayoritas anggota dari tentara angkatan darat.

Tentara Nasional Indonesia sendiri memang telah diresmikan oleh Presiden pertama indonesia yaitu Soekarno pada 3 Juni 1947. Selama perjalanannya, nama TNI telah berubah menjadi nama ABRI, yang merupakan gabungan antara polisi dan TNI. Namun, setelah reformasi, nama itu dikembalikan kepada TNI.

Baca juga : Daftar Pangkat BUMN

TNI sendiri mempunyai beberapa pasukan elit yang memang berfungsi sebagai pasukan pertahanan nasional, termasuk Kopassus, Kopaska, Denjaka dan lainnya. Pada strukturnya memang TNI mempunyai tingkatan tertentu dalam hal urutan/pangkat. Sekarang, dalam artikel ini kita akan membahas sedikit dalam urutan pangkat Angkatan Darat, Angkatan Udara dan Angkatan Laut.

Urutan pangkat TNI AD (angkatan darat)

TNI AD (angkatan darat)
TNI AD (angkatan darat)

Angkatan Darat sendiri memang telah dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD). Ada dua perintah utama/komando utama untuk bertempur di Angkatan Darat, yaitu Kopassus dan Kostrad.

Di samping itu, para prajurit dilatih untuk menjadi prajurit dengan dedikasi tinggi di Akademi Militer (Akmil), Secapa, Seskoad dan Kodiklat. Banyak perwira dan perwira yang tidak ditugaskan belajar di sana.

Baca juga : Daftar Pangkat Polisi Indonesia

Urutan tertinggi di TNI adalah Jenderal Besar, urutan ini yang terdapat pada sejarah Indonesia hanya dimiliki oleh 3 orang, yaitu Jenderal Besar Sudirman, Jenderal AH AH. Nasution dan Grand Jenderal Suharto. Tanda posisi ini adalah bintang 5.

Urutan Pangkat Angkatan Laut

TNI Angkatan Laut
TNI Angkatan Laut

Angkatan Laut Indonesia dikepalai oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL). Armada Angkatan Laut sebagai kekuatan utama pasukan angkatan laut Indonesia memiliki dua armada terpisah. Armada pertama yang disebut Armada Barat adalah di Tanjung Priok, Jakarta.

Baca juga : Daftar Pangkat PNS

Armada yang kedua adalah di Tanjung Perak, Surabaya, Armada Timur. Ada juga Korps Marinir yang profesional yang pada penugasannya mengamankan wilayah maritim Republik Indonesia. Angkatan Laut berada di komando militer di laut atau Kolinlamil.

Pangkat Angkatan Udara

TNI Angkatan Udara
TNI Angkatan Udara

Sementara Angkatan Udara dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU). Angkatan Udara juga membagi pasukan utamanya menjadi dua perintah operasional.

Komando operasi pertama adalah di Halim Perdanakusuma Jakarta (AU Koops I). Dan perintah operasi kedua (Koops AU II) ada di Makassar.

Urutan tertinggi di TNI adalah Jenderal Besar, urutan ini dalam sejarah Indonesia hanya dimiliki oleh 3 orang, yaitu Jenderal Besar Sudirman, Jenderal AH AH. Nasution dan Grand Jenderal Suharto. Tanda posisi ini adalah STAR 5.

Urutan Pangkat Angkatan Laut

Angkatan Laut Indonesia dikepalai oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL). Armada Angkatan Laut sebagai kekuatan utama pasukan angkatan laut Indonesia memiliki dua armada terpisah. Armada pertama yang disebut Armada Barat adalah di Tanjung Priok, Jakarta.

Armada kedua adalah di Tanjung Perak, Surabaya, Armada Timur. Ada juga Korps Marinir yang profesional dalam tugas mengamankan wilayah maritim Republik Indonesia. Angkatan Laut berada di komando militer di laut atau Kolinlamil.

Pasukan elit tentara nasional Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya dengan maritimnya yang terdiri dari lautan luas dan daratan memiliki beberapa kelompok pasukan elit dari Tentara Nasional Indonesia. Pasukan ini adalah pasukan khusus yang siap bekerja untuk keamanan dan kedaulatan Republik Indonesia.

KOPASSUS – Komando Pasukan Khusus

Komando Pasukan Khusus
Komando Pasukan Khusus

Kopassus atau Komando Pasukan Khusus adalah pasukan tempur yang dipunyai tentara Indonesia Angkatan Darat. Kopassus memiliki kemampuan untuk bergerak cepat di semua bidang pertempuran, tembakan cepat, pengintaian, dan anti-terorisme.

Pasukan Kopassus atau disebut juga pasukan baret merah memiliki moto “Berani benar, sukses!”. Selain maju di medan perang, pasukan ini juga memiliki tugas melaksanakan bantuan kemanusiaan, SAR khusus, dll.

KOPASKA – Komando Pasukan Katak

Komando Pasukan Katak
Komando Pasukan Katak

Kopaska adalah pasukan elit yang dimiliki oleh Angkatan Laut. Tugas utama pasukan ini adalah menginvasi kapal dan pangkalan musuh, mempersiapkan perebutan pantai. Penghancuran fasilitas bawah laut dan operasi pendaratan dengan kekuatan amfibi. Kopaska Angkatan Laut Indonesia memiliki moto “Tan Hana Wighna Tan Sirna”, yang berarti “Tidak ada hambatan yang tidak dapat diatasi”.

DENJAKA – Detasemen Jalamangkara

Detasemen Jalamangkara
Detasemen Jalamangkara

Denjaka atau Detasemem Jala Mangkara adalah detasemen khusus yang dimiliki oleh Angkatan Laut (AL). Staf adalah kombinasi pasukan elit dari Kopaska dan Batalyon Intai Amfibi (Yontaibi).

Banyak yang menyebut tentara Denjaka sebagai unit terkuat di Indonesia. Pemilihan pintu masuk juga sangat ketat. Prajurit harus memiliki mental, fisik dan juga IQ yang tinggi.

Selama masa pendidikan, dikatakan bahwa tentara harus dapat bertahan hidup sendirian di hutan selama berhari-hari tanpa bekal dan dibuang ke laut sementara tangan dan kaki mereka diikat. Bahkan dikatakan bahwa prajurit Denjaka memiliki kemampuan untuk menjadi setara dengan lebih dari 100 anggota TNI.

Itu adalah deskripsi singkat tentang pangkat TNI, bersama dengan daftar beberapa rentang pangkat TNI. Urutan pangkat di Angkatan Darat – Angkatan Darat, Al – Angkatan Laut dan Angkatan Udara – Angkatan Udara.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close