umum

Peluang Kerja Jurusan Teknik Komputer dan Gaji Terbaru

Bagi siapapun tentu sudah tidak asing dengan salah satu program studi Teknik Komputer, bukan?. Sebuah Program studi yang menduduki peringkat ke-10 untuk program studi yang paling diminati di jalur SBMPTN dan telah menampung 38 mahasiswa baru di tahun lalu. Setiap tahunnya jumlah ini semakin meningkat ditambah dunia digital yang merajai dunia membuat siapa saya tertarik untuk merasakan sekolah di dunia ini.

Dengan jumlah peminat 1.189 di jalur SBMPTN dan 656 peminat di jalur SNMPTN, tentunya persaingan untuk masuk ke program studi satu ini terbilang berat. Namun tahukah kamu, mengapa program studi ini begitu diminati?. Jawabannya adalah karena prospek karier yang terbuka luas setelah lulus dari perkuliahan. Untuk itu berikut ini beberapa ulasan mengenai Peluang Kerja Teknik Komputer dan pengertiannya.

Pengertian Programmer

Pengertian Programmer

Menjadi seorang programmer, akan dituntut untuk dapat menentukan juga mendalami bidang apa karena akan banyak sekali spesialisasi untuk bidang ini. Bidang spesialisasi dalam programming tergantung pada aplikasi itu sendiri, apa untuk instalasi (desktop programming), situs (web programming), ataupun aplikasi smartphone (mobile programming).

Untuk menjadi seorang programmer, maka kamu harus mampu terus berinovasi dan mengasah kreativitas karena hanya dengan itu kamu bisa mengembangkan juga menemukan penemuan baru dari produk yang diinginkan.

Teknisi Komputer

Teknisi Komputer

Teknisi komputer bidang kerjanya terbagi menjadi empat, seperti teknisi komputer perbaikan yang memeriksa bagian-bagian komputer dan perangkat yang bermasalah untuk diperbaiki bagian yang bermasalah tersebut. Teknisi komputer jaringan biasanya memantau aktivitas jaringan, instalasi perangkat lunak, dan pengelolaan server.

Lalu ada teknisi komputer infrastruktur yang biasanya berurusan dengan implementasi jaringan komputer besar dan bertanggung jawab untuk menentukan lokasi yang benar untuk peralatan komputer. Dan ada teknisi komputer server yang bertanggung jawab untuk menentukan jenis peralatan yang dibutuhkan, perihal instalasi, konfigurasi dan pengaplikasian layanan tersebut.

Teknisi Komputer

Arus perkembangan teknologi komputerisasi global oleh pengembangan perangkat keras juga perangkat lunak komputer yang bermuara pada sistem komputer dan atau sistem berbasis pada komputer. Hal ini dimulai dari perkembangan sistem mikroprosessor, sistem embedded, sistem komunikasi, komputasi paralel dan terdistribusi, komputasi bergerak, komputasi pervasif, komputasi multimedia sampai pada mengarah pada sistem teknologi yang kompleks, seperti sistem pembangkit listrik dan sistem distribusi, serta sistem pengolahan dan monitoring pabrik-pabrik manufaktur modern yang hampir semuanya bergantung pada sistem komputer.

Sejumlah hal tersebut merupakan pertanda baik untuk karier lulusan yang sukses dalam Program Studi Teknik Komputer. Hal tersebut menjadikan profesi lulusan Program Studi Teknik Komputer bisa bekerja di berbagai jenis lapangan pekerjaan yang terkait dengan penggunaan teknologi dan sistem komputasi. Berikut menjelaskan profesi lulusan Program Studi Teknik Komputer dan juga deskripsinya.

 No Profesi Deskripsi
1. Karyawan PerusahaanLulusan Teknik Komputer bisa meniti karir mulai dari level staf sampai tingkatan manajemen. Detail pemetaan profesi lulusan program studi Teknik Komputer (CE) APTIKOM.
2. ProfesionalLulusan dapat berprofesi sebagai tenaga ahli professional (freelancer) yang siap bekerja dalam format pekerjaan berbasis proyek atau program, seperti contoh konsultan dan kontraktor yang merencanakan dan mengerjakan sejumlah project pengembangan infrastruktur sistem komputasi dan sistem komunikasi.
3. WiraswastaLulusan Teknik Komputer bisaberprofesi sebagai entrepreneur di bidang teknologi komputasi. Dengan kemampuan, kreativitas, dan inovasi yang dimilikinya Sarjana Teknik Komputer dapat membangun usaha secara mandiri dan berpeluang untuk menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. APTIKOM merincikan bahwa terdapat ada 3 jenis kategori yang dapat digeluti, yaitu a. Pencipta atau pengembang produk perangkat keras, b. Pencipta atau pengembang produk perangkat lunak, c. Pencipta atau penyedia jasa seperti: Internet Service Provider (ISP), Cloud Computing Service Provider, dan sebagainya.
4. BirokratLulusan Teknik Komputer berpeluang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pranata Komputer atau pegawai pemerintahan dimana peranan dan fungsi sesuai yang didefinisikan oleh negara, baik tingkat pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan lembaga kenegaraan lainnya .
5. AkademisiLulusan bisa memfokuskan diri untuk menjadi pengajar, dosen, atau peneliti di berbagai institusi pendidikan tinggi.
6. ProgrammerProgrammer yaitu pilihan profesi yang paling banyak diambil oleh para lulusan teknik informatika. Mengingat saat ini teknologi berkembang begitu pesat. Kamu bisa memulai sebagai junior programmer dahulu. Gaji yang didapat untuk pemula bisa Rp 5 juta sampai Rp 10 juta.  
7.System AnalystSystem analyst yang bertugas menganalisis sistem yang akan dipakai di sebuah perusahaan. Siystem analyst akan bekerja berdampingan dengan programmer. Kisaran gaji yang diterima oleh system analyst berkisar antara Rp 6,5 juta sampai belasan bahkan bisa puluhan juta.  
8. IT ConsultantProfesi yang bertugas memberi ide untuk klien mengenai penggunaan teknologi informasi untuk bisa memenuhi target bisnis mereka. IT consultant memiliki penghasilan yang cukup tinggi yaitu berkisar antara Rp 6 juta sampai Rp 11 juta.  
9.Software EngineerSoftware engineer memiliki tugas yang hampir sama dengan programmer dan system analyst. Seorang software juga bisa mendapat gaji hingga Rp 8 juta untuk pemula dan bisa mencapai belasan dan puluhan juta.  
10. Database EngineerDatabase engineer yang bertugas untuk merancang dan memonitor database kompleks. Gaji yang ditawarkan untuk profesi ini untuk fresh graduate bisa mencapai Rp 5 juta. Sementara gaji bisa meningkat sampai puluhan juta rupiah jika sudah berpengalaman.  
11. Software Developer  Software developer merupakan profesi yang berperan penting untuk menciptakan software yang nanti dipakai untuk menjalankan sebuah sistem. Gaji yang bisa didapat seorang software developer bisa mencapai angka Rp 8 juta.  
12. Web DesignerWeb designer bertugas untuk merancang sebuah website dan akan bekerja berdampingan dengan web programmer. Gaji bisa diperoleh web designer kurang lebih Rp 4 juta atau bisa lebih tinggi sesuai dengan proyek yang dikerjakan kelak.  
13. IT Executive   IT executive salah satu contoh peluang atau prospek kerja teknik informatika yang bisa dibilang cukup diminati. IT executive bertugas untuk memastikan kesiapan sistem sehingga dapat dioperasikan dengan efisien. Gaji yang diperoleh IT executive berkisar antara Rp 5 juta sampai Rp 9 juta.  
14. Network Administrator  Seorang network administrator bertugas untuk menjaga kontinuitas jaringan sistem. Gaji untuk seorang network administrator bisa mencapai Rp 9 juta bahkan lebih.  
15. Network Support Engineer  Bertugas melakukan analisis sistem jaringan. Dimana untuk gaji bisa didapatkan berkisar antara Rp 5 juta sampai Rp 9 juta sesuai dengan pengalaman yang didukung.  

Baca juga : Peluang Bisnis Digital

Sekian penjelasan mengenai Peluang Kerja Teknik Komputer. Semoga menjadi manfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close