umum

Pengertian Abstrak, Fungsi Abstrak Dan Jenis Abstrak

Sastra Indonesia adalah elemen bahasa yang terkandung dalam bahasa Indonesia, berdasarkan garis besar sastra berarti bahasa yang indah atau terorganisir dengan baik, dan gaya penyajiannya menarik, sehingga mengesankan di hati pembaca. Namun seringkali kita tidak mengerti apa yang dimaksud dengan kasta, kebanyakan orang menyamakan sastra dan bahasa.

Dalam sastra Indonesia sendiri, ada banyak bagian. Secara umum, sastra Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu sastra lama dan sastra baru / modern.

Baca juga : Karya Ilmiah

Dari sekian banyak karya sastra, contoh-contoh seperti puisi, cerita, novel, sajak, prosa gurindam dan bagaimana dan di antara jenis-jenis karya sastra memiliki karakteristik sendiri, dan mereka tidak dapat dikatakan sama. Ada salah satu bagian dalam sastra yang menjadi bagian terpenting yaitu abstrak.

Pengertian Abstrak, Fungsi Abstrak Dan Jenis Abstrak

Pengertian Abstrak, Fungsi Abstrak Dan Jenis Abstrak
Pengertian Abstrak, Fungsi Abstrak Dan Jenis Abstrak

Apa itu abstrak? Di bidang sastra, pemahaman abstrak adalah penjelasan singkat tentang isi artikel atau artikel yang biasanya ditemukan di awal tulisan untuk menjelaskan secara singkat isi artikel.

Ada juga yang menjelaskan bahwa makna abstrak adalah penyajian dokumen secara ringkas, tepat dan jelas, untuk merepresentasikan konten atau inti dokumen tanpa menambahkan kritik atau interpretasi.

Baca juga : Kata Pengantar

Penggunaan istilah abstrak juga ditemukan di bidang lain, seperti seni dan hukum. Makna abstrak di lapangan meliputi:

  • Seni abstrak; Jenis seni kontemporer yang tidak menggambarkan objek di dunia asli, tetapi menggunakan warna dan bentuk yang tidak representatif.
  • Hukum; Makna abstrak di bidang hukum adalah pernyataan singkat yang merangkum poin-poin utama dari dokumen hukum.
  • Benda abstrak; yaitu objek yang tidak melihat mata, atau yang tidak dapat ditangkap oleh panca indera manusia, baik itu nama situasi, pekerjaan, sifat, ukuran, dll.

Dalam hal ini, pemahaman abstrak yang dijelaskan dalam artikel ini terkait dengan sastra.

Pahami abstrak berdasarkan para ahli

Untuk lebih memahami apa arti ringkasan, kita dapat merujuk pada pendapat beberapa pakar berikut:

Frederick Wilfrid Lancaster

Menurut Frederick Wilfrid Lancaster, pemahaman abstrak adalah representasi isi dokumen yang ringkas namun tepat. Meskipun menggunakan beberapa kalimat dalam dokumen, ringkasannya adalah potongan-potongan teks yang dibuat oleh pencipta abstrak, namin bukanlah kutipan langsung dari penulis.

Clarence W Rowley

Menurut Clarence W Rowley, pengertian abstrak adalah untuk menyajikan konten dokumen secara ringkas dan akurat dengan gaya yang sama dengan dokumen asli.

Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO)

Menurut ISO, makna abstrak adalah deskripsi singkat tapi tepat yang mewakili konten dokumen, tanpa interpretasi atau kritik tambahan dan tanpa melihat siapa yang menjadi penulis esai.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pemahaman abstrak adalah sesuatu yang tidak berwujud; muyarad tak berbentuk; noetic Sementara definisi kedua, ringkasan ditafsirkan sebagai ikhtisar (esai, laporan, dll); ringkasan; Intinya

Fungsi abstrak

Fungsi abstrak
Fungsi abstrak

Pada dasarnya, fungsi abstrak dalam sebuah artikel adalah untuk menjelaskan secara singkat deskripsi umum suatu penelitian. Secara rinci, fungsi abstrak adalah sebagai berikut:

Komponen utama dari laporan penelitian

Ringkasan adalah salah satu komponen utama dalam laporan penelitian. Dengan ringkasan, pembaca dapat menemukan inti atau hasil laporan penelitian.

Baca juga : Rumusan Masalah

Ringkasan isi laporan penelitian

Ringkasan penelitian menjelaskan deskripsi umum dari isi laporan penelitian yang dibuat oleh penulis. Dengan begitu, laporan penelitian akan lebih mudah dipelajari.

Pertimbangan materi untuk pembaca

Ringkasan ini juga membantu pembaca untuk mempertimbangkan apakah membaca seluruh isi laporan penelitian atau tidak. Dengan membaca ringkasan, pembaca memahami bahwa isi tulisan setuju dengan apa yang dia cari.

Jenis abstrak

Jenis abstrak
Jenis abstrak

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja

Pada dasarnya, ringkasan dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, tergantung pada fungsi dan orientasi pembaca. Berbagai jenis abstrak adalah sebagai berikut:

Ringkasan informatif

Ini adalah jenis ringkasan yang menyajikan informasi dan data lengkap sehingga pembaca tidak harus membaca tulisan aslinya, kecuali dia ingin masuk lebih dalam. Dalam ringkasan informatif, hasil dan prinsip hasil pekerjaan (tujuan, metode), kesimpulan dari artikel asli disajikan dengan jelas, untuk orientasi pembaca yang tidak dapat mengakses dokumen asli.

Ringkasan indikatif

Ini adalah jenis ringkasan yang menggambarkan secara ringkas dan padat tentang masalah yang terkandung dalam karya tulis atau laporan lengkap. Tujuan dari ringkasan indikatif ini adalah untuk menjelaskan isi informasi asli secara singkat, padat, dan hanya menyampaikan indikasi ruang lingkup penulisan.

Itu adalah penjelasan singkat tentang definisi diksi, fungsi dan berbagai jenis abstrak. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close