umum

Pengertian Budaya : Elemen, Bentuk, Faktor Dan Karakteristik

Apa itu budaya? Secara umum, pemahaman budaya adalah cara hidup yang ditemukan dalam sekelompok manusia, yang berkembang dan diwariskan dari generasi ke generasi dari satu generasi ke generasi lainnya.

Selain itu juga memang ada juga yang mengatakan bahwa makna budaya adalah pola kehidupan yang tumbuh dan berkembang dalam sekelompok orang yang membuat pengaturan sehingga setiap individu memahami apa yang harus dilakukan dan mengatur perilaku manusia ketika berinteraksi dengan manusia lain.

Baca juga : Peta Indonesia

Dalam bahasa, kata “budaya” berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu, Buddhaya, yang merupakan bentuk jamak dari kata Buddhi di mana makna terkait dengan pikiran dan akal manusia. Dalam hal ini, budaya terkait erat dengan bahasa atau bentuk komunikasi, kebiasaan di suatu daerah atau kebiasaan.

Pahami budaya menurut para ahli

Pengertian Budaya : Elemen, Bentuk, Faktor Dan Karakteristik
Pengertian Budaya : Elemen, Bentuk, Faktor Dan Karakteristik

Untuk lebih memahami apa arti budaya, kita dapat berkonsultasi dengan pendapat para ahli berikut:

  • Koentjaraningrat

Berdasarkan ungkapan Koentjaraningrat, memahami budaya adalah setiap sistem gagasan, gagasan, selera, tindakan dan karya yang dihasilkan oleh manusia dalam kehidupan sosial yang nantinya akan menjadi penegasan manusia melalui pembelajaran.

  • Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi,  pemahaman terhadap budaya adalah semua hal terkait dengan pekerjaan, rasa dan kreativitas yang ada pada masyarakat. Pekerjaan mencakup teknologi dan produk material lainnya, selera mencakup jiwa manusia yang selaras dengan norma dan nilai sosial, sementara kreativitas mencakup kemampuan kognitif dan mental untuk mempraktikkan apa yang Anda ketahui.

Baca juga : Sejarah Indonesia

Elemen/unsur-unsur budaya

Elemen/unsur-unsur budaya
Elemen/unsur-unsur budaya

Budaya sendiri memang terbentuk dari beberapa elemen kompleks, seperti sistem keagamaan, adat istiadat, politik, bahasa, alat, karya seni dan hal-hal lain yang merupakan bagian dari manusia. Ada beberapa pendapat ahli tentang elemen budaya, yang meliputi:

Baca juga : Pakaian Adat Indonesia

Ada tujuh elemen yang membentuk budaya atau budaya, yaitu;

  1. Bahasa, yang meliputi bahasa lisan dan tulisan yang memiliki fungsi berinteraksi, dan merupakan tanda budaya suatu peradaban.
  2. Sistem pengetahuan, yang meliputi pengetahuan tentang berbagai hal seperti perilaku sosial, organ manusia, waktu, flora dan fauna, dll.
  3. Sistem agama/religi, yang mencakup aliran kepercayaan atau agama yang dianut oleh masyarakat. Elemen budaya dari sistem keagamaan seperti upacara atau tradisi kepercayaan tertentu.
  4. Sistem mata pencaharian manusia, yang mencakup metode manusia untuk bertahan hidup. Kegiatan seperti pertanian, perdagangan, pertanian, dll.
  5. Sistem teknologi manusia, yang meliputi peralatan produksi, peralatan transportasi, proses distribusi, komunikasi dan tempat untuk menyimpan perbedaan dan / atau manusia. Rumah, senjata dan alat adalah elemen budaya yang diciptakan oleh peradaban manusia.
  6. Sistem kemasyarakatan, yang meliputi sistem keluarga, kekerabatan, komunitas, organisasi dan negara. Sejak kelahiran mereka, manusia telah menjadi bagian dari organisasi, yaitu keluarga dan wajib untuk kegiatan keagamaan.
  7. Seni, yang mencakup berbagai bentuk seni, seperti musik, tari, lukisan, sastra, arsitektur dan lain-lain. Setiap karya manusia kreatif yang mengandung seni adalah elemen budaya.

Bentuk budaya

Setelah memahami pengertian budaya dan unsur-unsurnya, tentunya kita juga perlu mengetahui bentuk budaya apa yang ada dalam kehidupan manusia. Bentuk budaya adalah sebagai berikut:

  1. Ide atau ide
  2. Aktivitas
  3. Hasil budaya

Karakteristik budaya

Karakteristik budaya
Karakteristik budaya

Suatu budaya memiliki nilai dan karakteristik tertentu. Mengacu pada pemahaman budaya, karakteristik suatu budaya adalah sebagai berikut:

Baca juga : Rumah Adat Indonesia

  • Budaya dapat melambangkan suku atau wilayah tertentu.
  • Budaya harus melalui proses pembelajaran dan bukan secara default.
  • Budaya dapat diwarisi dari generasi ke generasi.
  • Budaya dapat disebarluaskan melalui komunikasi kepada individu, kelompok, dan generasi berikutnya.
  • Budaya itu manik karena bisa berubah dari waktu ke waktu.
  • Budaya selektif dan menunjukkan pengalaman manusia dan pola perilaku.
  • Unsur budaya mungkin terkait satu sama lain.
  • Manusia cenderung mengklaim bahwa budaya mereka adalah yang terbaik.
  • Budaya sendiri memang bisa berubah karena proses globalisasi.

Faktor budaya

Faktor budaya
Faktor budaya

Proses pembentukan suatu budaya dipengaruhi oleh banyak sekali faktor, baik faktor pendorong atau faktor penghambat. Menurut pemahaman budaya adalah beberapa faktor berikut:

Baca juga : Otonomi Daerah

  1. Pendorong budaya
    • Niat masyarakat untuk melestarikan budaya mereka.
    • Ada penerus yang ingin melanjutkan budaya.
    • Ada kecintaan pada budaya pada manusia.
    • Keinginan masyarakat untuk melestarikan budaya agar tidak hilang.
    • Terjadinya perubahan lingkungan yang mendukung pengembangan suatu budaya.
  2. Faktor-faktor yang menghambat penampilan budaya.
    • Proses masuknya budaya asing yang kemudian mengubah keberadaan budaya lokal.
    • Masyarakat tidak mempunyai keinginan untuk melestarikan budaya.
    • Generasi selanjutnya yang tidak lagi peduli dengan keberadaan suatu budaya.
    • Budaya-budaya tertentu dianggap kuno, sehingga tidak ada keinginan untuk melestarikannya.

Itu adalah deskripsi singkat tentang pemahaman budaya, elemen, bentuk dan berbagai faktor budaya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close