umum

Pengertian Diskriminasi : Tipe, Jenis, Penyebab Dan Contoh

Apakah yang dimaksud diskriminasi? Definisi diskriminasi sendiri merupakan sikap, perilaku, dan tindakan yang secara tidak adil maupun tidak seimbang yang kemudian dilakukan oleh individu atau kelompok pada individu maupun kelompok lain.

Pengertian dari diskriminasi juga sering disebut sebuah tindakan ataupun perlakuan yang memang akan mencerminkan adanya ketidakadilan pada tiap individu atau kelompok tertentu yang memang penyebabnya oleh karakteristik khusus yang dipunyai individu atau kelompok tersebut.

Baca juga : Pengertian Administrasi

Ada banyak bentuk diskriminasi yang dilakukan dalam kehidupan masyarakat dan negara. Ini terjadi karena manusia umumnya cenderung mendiskriminasi atau berkelompok.

Pengertian Diskriminasi : Tipe, Jenis, Penyebab Dan Contoh

Pengertian Diskriminasi : Tipe, Jenis, Penyebab Dan Contoh
Pengertian Diskriminasi : Tipe, Jenis, Penyebab Dan Contoh

Perawatan yang tidak adil dapat terjadi di mana saja dan kapan saja karena perbedaan karakteristik berikut ini;

  • Perbedaan etnis dan ras.
  • perbedaan kelas sosial
  • perbedaan gender
  • Perbedaan agama / kepercayaan
  • Pandangan politik yang berbeda.
  • Perbedaan kondisi fisik.
  • Dan lainnya

Memahami diskriminasi menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa arti diskriminasi, kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut:

Fulthoni, et. Al

Menurut Fulthoni, definisi diskriminasi adalah perlakuan yang tidak adil dan tidak adil yang dilakukan untuk membedakan individu atau kelompok, tergantung pada sesuatu, atribut yang umumnya bersifat kategorikal atau berbeda, seperti ras, kebangsaan, agama atau keanggotaan dalam kelas sosial.

Theodorson dan Theodorson

Baca juga : Definisi Paragraf

Menurut Theodorson dan Theodorson (1979), gagasan diskriminasi adalah perlakuan yang tidak seimbang terhadap individu atau kelompok berdasarkan sesuatu, biasanya atribut kategorikal atau khas seperti ras, etnis, agama atau keanggotaan dalam kelas sosial.

Tipe dan jenis diskriminasi

Seorang sosiolog bernama Pettigrew (dalam Liliweri 2005) menyebutkan dua jenis diskriminasi yang dapat terjadi di masyarakat. Jenis dan jenis diskriminasi adalah sebagai berikut:

Diskriminasi langsung

Ini adalah bentuk diskriminasi di mana undang-undang, peraturan atau kebijakan dibuat dengan menyebutkan karakteristik tertentu dengan jelas. Misalnya agama, ras, jenis kelamin, kondisi fisik, sehingga sebagian orang tidak memiliki peluang yang sama.

Diskriminasi tidak langsung

Baca juga : Teks Eksposisi

Jenis diskriminasi ini terjadi ketika suatu peraturan yang netral tetapi dalam implementasinya di lapangan mendiskriminasikan orang yang memiliki karakteristik tertentu.

Penyebab diskriminasi

Penyebab diskriminasi
Penyebab diskriminasi

Seperti disebutkan sebelumnya, diskriminasi terjadi karena kecenderungan pada manusia untuk melakukan diskriminasi atau kelompok. Menurut Yahya (2006), setidaknya ada 6 penyebab diskriminasi, yang meliputi:

Mekanisme pertahanan psikologis

Pada manusia ada mekanisme pertahanan psikologis (proyeksi) di mana seseorang menggerakkan karakteristik yang tidak disukai orang lain.

Merasa kecewa

Diskriminasi juga dapat terjadi karena kekecewaan di dalamnya. Kekecewaan memberanikan diri mereka yang dianggap ‘kambing hitam’ merasa kecewa.

Sejarah

Diskriminasi terhadap negara atau ras tertentu dapat terjadi karena sejarah masa lalu yang tidak menyenangkan terkait dengan negara atau ras itu.

Perasaan tidak puas dan inferior

Baca juga : Pengertian Majas

Ada banyak orang yang merasa terancam (tidak aman) dan dengan harga diri rendah dan kemudian mencoba untuk tenang dengan menurunkan orang lain. Ini kemudian menyebabkan diskriminasi.

Persaingan dan eksploitasi

Masyarakat modern umumnya lebih materialistis dan selalu bersaing satu sama lain. Persaingan dapat menyebabkan diskriminasi terhadap individu atau kelompok tertentu untuk mengeksploitasi, mendapatkan kekayaan, kemewahan dan kekuasaan.

Pola sosialisasi

Sikap diskriminasi dapat dipelajari dan ditransmisikan dari generasi ke generasi melalui proses sosialisasi. Kemudian itu membentuk visi stereotip dalam masyarakat mengenai perilaku, cara hidup, dll.

Contoh bentuk diskriminasi

Contoh bentuk diskriminasi
Contoh bentuk diskriminasi

Baca juga : Surat Pengunduran Diri

Tentunya masih ada banyak orang yang tidak menyadari jika tindakan mereka sejauh ini adalah bentuk diskriminasi terhadap orang lain. Contoh bentuk diskriminasi adalah sebagai berikut:

  • Contoh diskriminasi gender; Menetapkan upah yang lebih rendah untuk pekerja wanita daripada untuk pria, meskipun tugas dan tanggung jawabnya sama.
  • Contoh diskriminasi rasial; Tutup peluang kerja untuk jenis pekerjaan tertentu sehingga tidak ada persamaan dalam jenis pekerjaan.
  • Contoh diskriminasi agama; mempersulit atau menghambat proses kegiatan keagamaan lainnya di suatu daerah dengan argumen bahwa mayoritas penduduk di daerah itu adalah agama yang berbeda.
  • Contoh diskriminasi sosial; berbagai layanan untuk lembaga publik (misalnya, fasilitas kesehatan) untuk orang kaya dan masyarakat miskin.

Demikianlah penjelasan singkat tentang definisi diskriminasi, penyebab, jenis dan tipe, serta beberapa contoh diskriminasi yang sering terjadi di masyarakat. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close