bisnisdigital marketingUang Internet

Pengertian Media Sosial : Fungsi, Jenis Dan Karakteristik

Siapa yang tidak mengenal media sosial?. Setiap orang saat ini sangat berperan dalam meramaikan informasi melalui media ini. Sedangkan untuk Pengertian Media Sosial sendiri yaitu media online (daring) yang digunakan sebagai sarana pergaulan sosial secara online di internet. Melalui media sosial, para penggunanya dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, networking, dan berbagai kegiatan lainnya.

Media sosial yang memakai teknologi website atau aplikasi yang dapat mengubah suatu komunikasi dalam bentuk dialog interaktif. Beberapa contoh media sosial yang banyak digunakan saat ini yaitu seperti YouTube, Facebook, Blog, Twitter, dan lain sebagainya.

Fungsi Media Sosial

Pengertian Media Sosial : Fungsi, Jenis Dan Karakteristik
Media Sosial

Berikut ini adalah beberapa fungsi media sosial secara umum yaitu:

  1. Dapat memperluas hubungan sosial manusia dengan memanfaatkan teknologi internet dan juga website.
  2. Menciptakan komunikasi antara banyak audiens bahkan menyeluruh negara.
  3. Melakukan transformasi manusia yang dulunya pemakai isi pesan berubah menjadi pesan itu sendiri.
  4. Membangun adanya personal branding bagi para pengusaha dan juga tokoh masyarakat.
  5. Sebagai media komunikasi bagi pengusaha dan tokoh masyarakat dengan para pengguna media sosial lainnya.

Tujuan Media Sosial

Media sosial tentu memiliki tujuannya berikut ini adalah beberapa tujuan menggunakan media sosial secara umum:

Baca juga : Aplikasi Edit Video

1. Aktualisasi Diri

Sebagian besar orang, media sosial merupakan wadah untuk aktualisasi diri. Mereka menunjukkan bakat dan keunikan pada media sosial sehingga dapat dilihat banyak orang. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk terkenal di media sosial dalam dunia mereka atau orang lain yang melihatnya.

2. Membentuk Komunitas

Komunitas online sangat mudah ditemukan dengan adanya media sosial. Baik itu di situs forum dan juga di situs social network lainnya. Media sosial menjadi wadah tempat berkumpulnya masyarakat yang memiliki minat yang sama untuk saling berkomunikasi dan bertukar informasi juga pendapatnya.

3. Menjalin Hubungan Pribadi

Media sosial juga berperan penting dalam aktivitas menjalin hubungan personal dengan orang lain secara lebih akrab. Ada banyak sekali pengguna media sosial yang menemukan pasangan hidup, sahabat, rekan bisnis, melalui media sosial ini.

4. Media Pemasaran

Pengguna media sosial yang jumlahnya sangat banyak tentu menjadi tempat yang sangat strategis untuk memasarkan usahanya baik itu produk ataukah jasa. Bisnis online yang banyak berkembang sekarang banyak dipengaruhi oleh media sosial sebagai wadah promosi atau market.

Jenis Media Sosial

Jenis Media Sosial
Jenis Media Sosial

Saat ini ada banyak sekali jenis media sosial yang bisa ditemukan di internet. Selain jenis platformnya yang berbeda, jenis konten yang ada juga sangat beragam. Berikut ini adalah beberapa jenis media sosial yaitu:

Baca juga : Film Action Barat

1. Social Networks

Social Networks atau juga disebut dengan jejaring sosial merupakan jenis media sosial yang paling umum dikenal masyarakat dan paling banyak digunakan. Beberapa social network yang banyak digunakan saat ini yaitu:

  • YouTube
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • WhatsApp
  • Google Plus
  • Pinterest
  • Googleplay
  • dan sebagainya

2. Komunitas Online

Situs forum dan komunitas online juga dibangun oleh perorangan atau kelompok yang memiliki minat pada bidang tertentu. Para pengguna forum tersebut dapat melakukan diskusi, chatting, juga memposting banyak topik yang berhubungan dengan minat mereka.

Baca juga : Film Semi Indonesia

Beberapa contoh komunitas online yaitu:

  • Kaskus.co.id
  • Ads.id
  • Brainly.co.id
  • Bersosial.com
  • Formaxmanroe.com
  • Indowebster.com
  • Female.com
  • dan sebagainya

3. Situs Blog

Situs blog juga menjadi dalam kategori media sosial karena memungkinkan pemilik blog dan pembacanya untuk berinteraksi. Umumnya blog dibuat berdasarkan minat atau keahlian si pemilik blog dan konten di dalamnya dapat mempengaruhi banyak orang untuk melihat dan membaca.

Beberapa contoh situs blog:

  • Maxmanroe.com
  • Sugeng.id
  • Bloggerborneo.com
  • Juragancipir.com
  • dan sebagainya

4. Social Bookmark

Situs social bookmark merupakan sebuah wadah bagi para pengguna internet untuk menyimpan alamat website yang mereka minati.

Baca juga : Streaming Tv Online

Beberapa contoh situs social bookmark yang populer adalah:

  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Slashdot
  • Diigo.com
  • Scoop.it
  • Dan lain-lain

Karakteristik Media Sosial

Karakteristik Media Sosial
Karakteristik Media Sosial

Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari media sosial tersebut:

1. Keikutsertaan Pengguna

Semua media sosial mendorong bagi penggunanya untuk berpartisipasi dan memberikan umpan balik terhadap suatu pesan atau konten dalam media sosial. Tentunya pesan yang dikirimkan dapat diterima atau dibaca oleh banyak orang.

2. Jalur Keterbukaan

Media sosial memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk memberikan komentar, melakukan voting, berbagi, dan sebagainya berdasarkan dari konten yang diunggahnya. Pengiriman pesan dapat dilakukan dengan bebas tanpa harus melalui Gatekeeper.

3. Perbincangan

Kebanyakan media sosial memungkinkan adanya interaksi terhadap suatu konten, baik itu dalam bentuk reaksi dan juga perbincangan antar penggunanya. Dan penerima pesan bebas menentukan kapan melakukan interaksi terhadap pesan tersebut.

4. Hubungan Sosial

Melalui media sosial, para penggunanya tentu dapat terhubung dengan pengguna lainnya melalui fasilitas tautan atau disebut dengan links dan sumber informasi lainnya. Proses pengiriman pesan ke media sosial yang lebih cepat dibandingkan dengan media lainnya membuat banyak informasi terhubung dalam satu media sosial.

Fitur Umum Media Sosial

Fitur Umum Media Sosial
Fitur Umum Media Sosial

Berikut fitur pada umumnya terdapat dalam suatu aplikasi media sosial. Untuk membedakan mana social media platform dengan aplikasi berbasis internet lainnya, berikut penjelasannya:

  • Akun pengguna, tidak ada media sosial yang tidak memungkinkan penggunanya untuk membuat akun sendiri. Jika tidak ada akun pengguna maka setiap orang tidak bisa saling berbagi.
  • Halaman profil, sebagai ajang komunikasi antar pengguna, maka laman profil khusus milik setiap pengguna adalah hal yang wajib ada.
  • Teman, pengikut, hashtag, setiap orang dapat menggunakan platform media sosial untuk saling terhubung, baik itu dengan pengguna atau dengan topik informasi tertentu.
  • Lini masa, saat kita terhubung dengan pengguna lainnya, lini masa memungkinkan kita untuk menerima update berita terkini. Bahkan hari ini, tidak sedikit platform yang memungkinkan kita menerima update secara real-time  atau secara live.
  • Personalisasi, sosial media memungkinkan setiap pengguna untuk memodifikasi tampilannya se-personal mungkin. Personalisasi ini bisa tercermin dari foto yang digunakan, informasi yang tersedia, serta tampilan yang tidak monoton.
  • Notifikasi, alur informasi yang biasanya beralih sangat cepat di sosial media memungkinkan kita untuk melewatkan bagian tertentu. Fitur notifikasi berfungsi untuk memastikan kita tidak melewatkan satu hal yang seharusnya kita dapatkan.
  • Kolom komentar dan reaksi, dengan adanya feedback membuat interaksi akan lebih hidup. Umpan balik yang bisa sangat beragam, baik berupa tulisan , likes, re-tweet, love, ataupun bentuk emotikon lainnya.

Dampak Dan Pengaruh Dari Sosial Media

Dampak Dan Pengaruh Dari Sosial Media
Dampak Dan Pengaruh Dari Sosial Media

Istilah “Man behind the gun” merupakan ungkapan yang tepat menggambarkan bagaimana seharusnya kita memanfaatkan sebuah teknologi yang ada. Walau media sosial utamanya merupakan sarana hiburan, namun faktanya tidak sedikit pula masalah yang ditimbulkan karenanya. Berikut diantara contoh major issues yang muncul dari penyalahgunaan sosial media.

Baca juga : Layar Kaca 21

  • Spam, adanya sosial media membuat mudah para spammer yang bertebaran di dunia maya untuk membombardir netizen dengan konten spam. Distributor spam tersebut bisa berupa akun yang dikelola oleh orang secara langsung ataupun oleh bot.  Contoh platform Instagram yang 8% akunnya adalah bot seperti dikutip dari infografis mengenai media sosial ini.
  • Cyberbullying, mayoritas pengguna generasi muda dan anak-anak, media sosial menjadi sangat rentan untuk menjadi ajang cyberbullying. Sayangnya, tidak sedikit aksi demam tersebut berujung pada aksi untuk mendiskreditkan seseorang. Hal ini tentu bisa berakibat fatal bagi korban atau target bully yang bisa jadi sasaran dan konsumsi jutaan orang di dunia maya.
  • Berita palsu (HOAX), tidak heran bila sebagian besar HOAX tersebar melalui sosial media. Hal ini dikarenakan mudahnya seseorang untuk menyebar informasi tanpa disertai filter yang memadai. Tingkat kesadaran dalam mengolah informasi juga menjadi faktor penting bagaimana begitu mudahnya seseorang membagikan info yang belum tervalidasi atau bahkan memiliki unsur provokatif.

Itulah ulasan mengenai pengertian sosial media yang punya andil besar dalam cara kita berinteraksi dan sebagai pengguna media sosial juga harus bijak dalam memanfaatkannya.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close