umum

Pengertian Politik : Tujuan Dan Jenis Sistem Politik

Apa yang dimaksud dengan politik? Memahami politik adalah proses pembentukan dan berbagi kekuasaan dalam masyarakat di mana bentuknya adalah proses pengambilan keputusan, terutama di negara. Definisi politik juga dapat diartikan sebagai seni dan ilmu untuk mendapatkan kekuasaan, baik secara konstitusional maupun non-konstitusional.

Pemahaman etimologis politik berasal dari bahasa Yunani, yang berarti “Polis”, yang berarti Kota Negara. Dalam penggunaannya, kata tersebut berkembang, termasuk:

  • polities; berarti warga negara
  • politikos; berarti kewarganegaraan
  • Politike Episteme; berarti ilmu politik
  • Politicia: berarti pemerintah negara

Dilihat dari asalnya, definisi politik adalah kegiatan dalam sistem politik atau negara yang melibatkan penentuan tujuan sistem dan cara mencapai tujuan.

Pengertian Politik : Tujuan Dan Jenis Sistem Politik
Pengertian Politik : Tujuan Dan Jenis Sistem Politik

Baca juga : Pengertian Norma

Memahami politik berdasarkan para ahli

Tentunya agar lebih memahami apa arti politik, kita dapat merujuk pada pendapat para ahli dan tokoh-tokoh tentang definisi politik, yang meliputi:

Andrew Heywood

Menurut Andrew Heywood, pemahaman dari politik merupakan aktivitas suatu negara yang memiliki tujuan untuk menciptakan, memelihara, dan mengubah segala macam aturan umum yang mengatur kehidupannya, yang berarti ia tidak dapat dipisahkan dari gejala konflik dan kerja sama.

Roger F. Soltau

Menurut Roger F. Soltau, pemahaman politik adalah studi tentang Negara, tujuan Negara dan lembaga-lembaga negara yang akan melaksanakan tujuan-tujuan ini dan hubungan antara Negara dan warganya dan negara-negara lain.

Miriam Budiardjo

Menurut Miriam Budiardjo, definisi politik adalah berbagai kegiatan sistem politik (Negara) yang melibatkan proses penentuan tujuan sistem Indonesia dan melaksanakan tujuan-tujuan tersebut.

Baca juga : Pengertian Nasionalisme

Sri Sumantri

Menurut Sri Sumantri, makna politik adalah pelembagaan hubungan manusia yang dilembagakan dalam berbagai badan politik, baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik.

Max Weber

Berdasarkan apa yang dikemukakan oleh Max Weber, gagasan politik ialah sarana perjuangan untuk untuk dapat melaksanakan kebijakan bersama atau perjuangan untuk dapat kemudian mempengaruhi distribusi kekuasaan antara negara dan antara hukum dalam suatu negara.

Kartini Kartolo

Menurut Kartini Kartolo, pemahaman politik adalah kegiatan atau proses perilaku yang menggunakan kekuatan untuk menegakkan peraturan dan keputusan yang berlaku di tengah-tengah masyarakat.

Hans Kelsen

Berdasarkan Hans Kelsen, terdapat dua definisi dari politik, yaitu:

  • Politik sebagai etik, sehubungan dengan tujuan manusia atau individu untuk tetap hidup dengan sempurna.
  • Politik sebagai teknik, berkenaan dengan cara (metode) manusia atau individu untuk mencapai tujuan.
  • Carl Schmidt

Pemahaman politik menurut Carl Schmidt adalah dunia di mana orang membuat keputusan daripada institusi abstrak.

Maurice Duverger

Pengertian kebijakan berdasarkan apa yang dikemukakan oleh Maurice Duverger adalah kekuatan, kekuatan yang ada dari seluruh jaringan institusi (institusi) yang memiliki hubungan dengan otoritas, dalam hal ini suasana didominasi oleh sebagian orang atas yang lain.

Joyce Mitchell

Memahami politik menurut Joyce Mitchell adalah pengambilan keputusan kolektif atau perumusan kebijakan umum untuk masyarakat secara keseluruhan.

Baca juga : Pengertian Hukum

Tujuan Politik

Tujuan Politik
Tujuan Politik

Mengacu pada definisi politik sebelumnya, maka kita bisa mengetahui apa tujuan politiknya. Berikut ini adalah beberapa tujuan politik umum:

  • Berusaha keras untuk memperoleh, mengelola, dan menerapkan kekuasaan dalam masyarakat dan pemerintah sesuai dengan norma hukum yang berlaku.
  • Berjuang untuk mendapatkan kekuasaan dalam masyarakat dan pemerintah untuk memperoleh, mengelola, dan mengimplementasikan demokrasi secara keseluruhan.
  • Berusaha keras untuk penerapan dan pengelolaan politik di masyarakat dan pemerintah sesuai dengan kerangka kerja untuk mempertahankan prinsip-prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Sementara itu, tujuan politik di Indonesia adalah sebagai berikut:
  • Melindungi hak-hak semua warga negara Indonesia tanpa kecuali, dan menjaga pelaksanaan kewajiban dengan menjalankan pemerintahan untuk mengatur keamanan.
  • Makmur kehidupan semua orang Indonesia.
  • Memastikan implementasi sistem pendidikan untuk memajukan bangsa dan negara.
  • Menjaga keamanan dan perdamaian, dan kehidupan sosial yang seimbang, baik di dalam maupun luar negeri.

Pada penerapan politik yang ada di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, politik didefinisikan sebagai proses kekuasaan pemerintah, baik lembaga eksekutif, legislatif maupun yudikatif. Penerapan kebijakan juga terjadi dalam proses kekuasaan lembaga-lembaga non-pemerintah, seperti organisasi masyarakat dan partai politik.

Baca juga : Pengertian HAM

Berbagai Jenis sistem politik

Berbagai Jenis sistem politik
Berbagai Jenis sistem politik

Secara umum, terdapat beberapa sistem politik yang sering kali sering kita lihat di masyarakat. Berikut ini adalah beberapa sistem politik:

  1. Sistem politik otokrasi tradisional
  2. Sistem politik totaliter
  3. Sistem politik otoriter
  4. Sistem politik oligarki
  5. Sistem politik yang demokratis

Selain daripada yang telah disebutkan di atas, masih ada sejumlah sistem politik yang telah digunakan di beberapa negara. Namun, lima sistem politik sebelumnya adalah sistem politik yang paling banyak digunakan.

Di atas adalah penjelasan singkat tentang pengertian politik, tujuan politik dan berbagai sistem politik. Semoga bermanfaat selalu.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close