umum

Pengertian Resume : Cara membuat, Membaca Ulang Detail

Apa yang dimaksud dengan resume? Memahami resume adalah ringkasan atau ringkasan dari artikel / esai panjang yang ditulis dengan mengambil bagian utama dan mengesampingkan detail dan ilustrasi.

Resume sendiri merupakan cara yang efektif untuk menjelaskan esensi atau esensi informasi yang harus disampaikan kepada orang lain. Misalnya, resume sebuah buku atau esai, resume dapat menjelaskan isi pikiran penulis menjadi lebih ringkas.

Pengertian Resume Lebih Detail

Kata “resume” juga sering digunakan dalam dunia kerja / karier, yang didefinisikan sebagai curriculum vitae, yang merupakan dokumen yang berisi ringkasan dari pengalaman, pengalaman, dan pendidikan seseorang dengan cara itu. Tujuan membuat resume untuk lamaran kerja adalah sebagai informasi tentang kualifikasi seseorang secara ringkas, singkat dan jelas.

pengerian resume
pengerian resume

Perbedaan resume dengan ringkasan

Bukan tidak biasa untuk mencocokkan antara resume dan ringkasan. Sebenarnya kedua istilah ini memiliki makna yang berbeda satu sama lain. Berikut ini perbedaannya:

Definisi resume / ringkasan / ringkuman

Daftar resume / rangkuman/ ringkasan adalah isi dari gagasan utama atau esensi esai / tulisan yang dilakukan dalam bentuk yang lebih pendek. Isi suatu resume tidak berbeda dengan gagasan gagasan utama dalam teks asli.

Memahami ikhtisar

Jika dilihat memang dari tujuannya, ringkasan ini juga merupakan ringkasan esai yang lebih pendek dari aslinya. Namun, ringkasan itu tidak mempertahankan urutan prinsip-prinsip yang membangun esai.

Baca juga : Contoh surat pengunduran diri

Dengan kata lain, seseorang dapat membuat deskripsi umum sesuai dengan pemahaman mereka tentang esai. Ringkasan penulis juga dapat menggunakan kata-kata sesuai pilihan mereka untuk menjelaskan esensi esai yang berbunyi.

Cara membuat resume

Membuat resume benar-benar tidak terlalu sulit karena didasarkan pada tulisan aslinya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat resume yang benar:

Baca naskah aslinya

Untuk menemukan dan memahami isi teks asli esai, tentu saja, kita harus membacanya sampai akhir. Membaca naskah / teks asli berulang kali akan membuat kita mengerti apa yang penulis maksudkan.

Selain itu, harus ada beberapa kata atau istilah dalam esai yang sulit dipahami. Pembuatan resume juga harus melibatkan sumber daya lain untuk memahami kata atau istilah yang sulit.

Temukan ide utama

Setelah membaca esai / tulisan berulang kali, tentunya kita akan menemukan ide utama atau pemikiran utama penulisan. Kita perlu mencatat ide-ide utama penulisan untuk membuat ringkasan yang tepat.

Baca juga : cara membuat CV

Dalam sebuah esai / tulisan, tidak semua paragraf berisi ide-ide dasar. Karena itu, penting untuk menemukan ide-ide utama secara teratur sehingga penulisan resume tidak meluas.

Tulis resume

Setelah menemukan ide utama esai / tulisan, tentu saja kami memiliki gambaran umum tentang resume. Perlu dicatat bahwa untuk membuat resume harus sesuai dengan teks / teks asli.

Penggunaan kata dan kalimat dalam resume juga harus menggambarkan konten teks asli. Namun, kita sebaiknya tidak menambahkan pendapat pribadi dalam resume, terutama jika pendapat pribadi itu bertentangan dengan teks aslinya. Direkomendasikan bahwa resume menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dicerna oleh siapa saja. Meskipun dalam teks asli ada banyak istilah atau kata-kata yang sulit dipahami, kita dapat menulisnya dalam bahasa yang lebih mudah di resume.

Menurut definisi resume itu sendiri, kalimat dalam resume tidak perlu panjang. Resume harus dibuat dalam bentuk ringkasan yang solid, tetapi mereka dapat mewakili konten teks asli.

Lanjutkan dengan baca ulang resume yang dibuat

Kemudian, setelah menyelesaikan resume, pembuat resume harus membacanya lagi untuk memverifikasi jika ada kesalahan penulisan. Beberapa hal yang perlu diverifikasi antara lain:

  • Penggunaan terhadap bahasa Indonesia baik dan benar
  • Adanya penggunaan terjadap ejaan yang benar
  • Penggunaan tanda baca yang baik dan benar.
  • Pastikan kesesuaian resume dengan teks asli

Ke empat langkah-langkah di atas adalah sebuah langkah yang terkonsep untuk dapat anda membuat sebuah resume yang benar-benar baik, sehingga hasilnya pun akan sangat baik dan berguna.

Di atas adalah penjelasan singkat tentang definisi resume, perbedaan resume dengan gambaran umum dan cara membuat resume yang baik dan benar. Semoga artikel ini akan bermanfaat untuk studi anda atau yang sedang ingin melamar pekerjaan.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close