bisnisTren Bisnisumum

Pengertian Strategi Pemasaran : Konsep Dan Media

Bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia ekonomi dan manajemen pasti mengerti apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran. Istilah ini sudah sangat lama dikenal, berperan untuk menentukan segmen pasar, marketing, promosi dan sebagainya. Kali ini ada banyak pembahasan yang akan dikupas berkaitan dengan strategi pemasaran.

Untuk mengetahui apa saja dan pengertian dari strategi pemasaran, mari simak penjelasannya seperti bahasan di bawah ini.

Pengertian Umum Strategi Pemasaran

Yang dimaksud dengan strategi pemasaran yaitu adalah cara untuk memasarkan suatu produk, baik itu barang dan juga jasa, dengan menggunakan pola rencana juga taktik tertentu sehingga produk tersebut dapat dijual menjadi lebih tinggi. Menurut beberapa sendiri seperti Kotler dan Amstrong yaitu sebuah logika pemasaran dimana dalam setiap unit bisnis berharap untuk dapat menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan para konsumen.

Pengertian Strategi Pemasaran : Konsep Dan Media
Pengertian Strategi Pemasaran : Konsep Dan Media

Strategi pemasaran baik itu untuk memperkenalkan sebuah produk dan juga jasa merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk mempromosikan produk secara lebih luas ke masyarakat. Nah, dalam memperkenalkan produk dan jasa tersebut tentulah membutuhkan beberapa langkah jitu agar produk dan jasa Anda bisa menguntungkan secara financial.

Baca juga : Strategi Marketing Bisnis

Berikut ketahui apa saja langkah dan ide untuk melakukan fungsi strategi pemasaran lebih optimal, simak penjelasannya:

1. Merumuskan Apa Tujuan Perusahaan

Para pelaku usaha tentu ingin melihat dengan jelas apa tujuan perusahaan bagi mereka. Dengan melakukan strategi pemasaran maka pelaku usaha akan terbantu dalam membuat detail tujuan juga misi yang akan dicapai, baik dalam waktu jangka pendek juga jangka panjang.

2. Meningkatkan Motivasi Dalam Melihat Masa Depan

Strategi pemasaran sendiri berfungsi untuk memotivasi manajemen perusahaan supaya mau mencari dan melihat masa depan dengan cara yang berbeda. Hal ini sangat penting guna menjaga kelangsungan perusahaan di masa mendatang. Dan mengetahui seberapa banyak keuntungan yang akan diperoleh nantinya.

3. Koordinasi Pemasaran Akan Lebih Efektif

Setiap perusahaan pasti memiliki banyak strategi pemasarannya untuk mengembangkan perusahaannya. Strategi pemasaran ini berfungsi untuk mengatur kemana darah jalannya perusahaan sehingga dapat  membentuk tim koordinasi yang lebih efektif dan juga tepat sasaran.

4. Pengawasan Kegiatan Pemasaran

Melalui strategi pemasaran maka perusahaan tentu akan memiliki standar prestasi kerja bagi setiap pekerjanya. Dengan demikian, pengawasan kegiatan dari para anggota akan lebih mudah ditinjau untuk mendapatkan mutu juga kualitas kerja yang efektif juga optimal. Karena kinerja dari anggota pekerja menentukan bagaimana perusahaan dapat berkembang.

Baca juga : Bisnis menguntugkan

Untuk itu perusahaan juga membutuhkan selain dari strategi juga adanya konsep yang matang untuk mengembangkan ide dari bagaimana proses pemasaran bisa dilakukan.

Konsep Strategi Pemasaran

Konsep Strategi Pemasaran

Para ahli marketing menjelaskan apabila kepuasan pelanggan merupakan kunci utama dari sebuah konsep pemasaran dan juga marketing strategy. Dengan kata lain, setiap perusahaan tentu memiliki cara tersendiri dalam melakukan proses pemasaran,  dimana sesuai dengan karakteristik dan kesanggupan masing – masing perusahaan.

Baca juga : Peluang Bisnis

Simak contoh di bawah ini mengenai apa saja konsep yang bisa dilakukan dalam strategi pemasaran:

1. Segmentasi Pasar

Setiap konsumen tentu akan memiliki kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda. Dalam hal ini Perusahaan harus bisa melakukan sebuah pengelompokkan pasar yang sifatnya heterogen menjadi satuan pasar yang bersifat homogen.

2. Market Positioning

Tidak ada perusahaan yang mampu menguasai seluruh pasar. Karena itu alasannya mengapa perusahaan harus memiliki sebuah pola spesifik agar bisa mendapatkan posisi kuat dalam pasar,  salah satu caranya yaitu dengan memilih segmen yang paling menguntungkan menurut perusahaan.

3. Market Entry Strategy

Konsep ini merupakan sebuah strategi perusahaan untuk bisa masuk ke dalam segmen pasar tertentu. Contoh beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

  • Dengan membeli perusahaan lain
  • Internal Development
  • Kerjasama dengan perusahaan lain yang dinilai menguntungkan

4. Marketing Mix Strategy

Marketing Mix yaitu sebuah kumpulan dari beberapa variabel yang dapat  digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi atas tanggapan sejumlah konsumen. Contoh dari beberapa variabel tersebut diantaranya;

  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion
  • Participant
  • Process
  • People Physical Evidence

5. Timing Strategy

Menggunakan pemilihan waktu dalam melaksanakan pemasaran juga sangat penting untuk diperhatikan oleh perusahaan. Perusahaan perlu melakukan berbagai persiapan yang baik dalam bidang produksi, juga bisa menentukan waktu yang tepat bagaimana baiknya untuk mendistribusikan produk ke masyarakat luas.

Contoh Strategi Pemasaran

Contoh Strategi Pemasaran
Contoh Strategi Pemasaran

Setelah Anda mengetahui apa saja konsep yang bisa dilakukan dalam strategi pemasaran. Kali ini ketahui pula beberapa contoh strategi pemasaran yang dapat dilakukan:

1. Partnership

Menggunakan marketing Partnership memiliki beberapa keuntungan, diantaranya adalah bisa berkolaborasi dengan pihak lain yang cukup kompeten. Strategi pemasaran ini dinilai lebih murah dan lebih berpeluang untuk sukses.

2. Bekerjasama dengan Influencer

Jangan anggap remeh kemampuan dari kinerja para influencer contoh seperti sekelas selebgram. Dari para influencer justru banyak memberikan pengaruh bagi penjualan Anda, juga pemasaran produk perusahaan. Dengan jangkauan follower yang banyak, disaat Anda mengontrak jasa influencer untuk mempromosikan produk Anda, tentu saja hal tersebut bisa mendatangkan keuntungan berlipat.

Baca juga : Digital Marketing

Jasa influencer juga bisa Anda tentukan dari jenis produk yang akan Anda pasarkan seperti jasa blogger, youtuber dan sebagainya.

3. Karyawan

Menggunakan keterlibatan karyawan juga bisa Anda coba dalam hal mempromosikan produk perusahaan. Selain menghemat biaya, tentu saja dengan adanya keterlibatan karyawan lebih dipercaya untuk bisa melakukan pekerjaan yang Anda inginkan.

Umumnya karyawan akan dengan senang hati untuk melakukan pekerjaan tersebut, seperti membuat video dan membagikannya melalui media sosial atau iklan. Hal ini jauh lebih efektif dan mudah.

4. Bijak Dalam Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan

Baik itu pelanggan baru atau lama, yang namanya menjalin hubungan bisnis pastilah dituntut untuk bisa memberikan pelayanan dan menjaga hubungan tetap baik. Karena pelanggan merupakan aset besar bagi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Baik keuntungan dalam arti uang juga brand image.

Baca juga : Wa web

Anda bisa mencari ide untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, juga memberikan reward kepada pelanggan yang dinilai setia bagi perusahaan Anda.

Media Dalam Memasarkan Produk

Media Dalam Memasarkan Produk
Media Dalam Memasarkan Produk

Penjelasan di atas dalam melakukan strategi pemasaran produk Anda, ada beberapa media yang bisa Anda coba. Berikut contoh bagaimana Anda memasarkan produk pada masyarakat umum:

1. Menggunakan Media Sosial

Social media merupakan alat  pemasaran yang paling ampuh untuk mempromosikan produk yang Anda jual karena hampir semua orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, sangat berperan aktif menggunakannya media satu ini. Dengan social media, maka perusahaan dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, bahkan sampai mendunia, dimana dengan biaya yang murah juga dengan penampilan yang tinggi.

2. Melalui Iklan Di Media Elektronik

Cara untuk memasarkan produk Anda juga bisa melalui media elektronik seperti televisi, radio, dan sebagainya. Melalui media ini juga sama seperti media sosial, karena bisa merambah ke berbagai kalangan yang bisa menyaksikan produk Anda. Tentu hal ini memerlukan adanya biaya yang cukup mahal karena Anda harus membayar jasa media elektronik tersebut.

3. Melalui Media Cetak

Selain media elektronik Anda juga bisa memanfaatkan media cetak untuk mempromosikan produk Anda. Walau dalam penggunaan media cetak saat ini sudah tidak zaman, namun tidak salahnya Anda mencoba. Dikarenakan biaya yang dikeluarkan cukup rendah dibandingkan Anda menggunakan media elektronik.

Baca juga : Contoh Surat Perjanjian

4. Melalui Door to Door

Untuk Anda yang memang memilih strategi untuk langsung bertemu muka ke pelanggan. Maka cara mudah dan bermodal sedikit, maka Anda bisa memasarkan produk Anda melalui door to door atau bertemu langsung pada pembeli. Keuntungan strategi pemasaran ini adalah Anda bisa mengetahui mengenai keluhan juga masukan  mengenai produk juga pelayanan yang Anda tawarkan. Sehingga Anda bisa mengetahui apa yang pembeli inginkan.

5. Melalui Brosur

Menyebarkan banyak brosur juga menjadi satu cara dalam memasarkan sebuah produk. Anda bisa memanfaatkan tenaga pekerja Anda menyebarkan brosur di lokasi yang strategis. Selain biaya yang murah, hal ini jauh lebih menguntungkan dan caranya hampir sama dengan door to door. Anda akan lebih tahu mengenai keinginan dari pelanggan Anda.

Demikianlah beberapa penjelasan singkat mengenai pengertian dan juga variabel yang berkaitan dengan strategi pemasaran yang bisa Anda ketahui. Selamat mencoba.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close