umum

Pengertian Virus Corona dan dengan Hal Pentingnya

Ada beberapa dari kita yang belum mengerti tentang pengertian virus corona. Seperti yang telah kita ketahui, saat ini virus corona menjadi momok yang menakutkan bagi dunia. Banyak negara yang sudah melakukan kebijakan lockdown demi menjaga kesehatan para warga negaranya. Namun tidak sedikit juga yang hanya memberlakukan social distancing.

Pandemik ini adalah fenomena yang nyata dan sudah memakan banyak korban. Maka dari itu kita harus menjaga diri agar tidak terluar dan menjadi korban selanjutnya. Dalam usaha menjaga diri ini, anda harus mengetahui hal-hal penting yang berhubungan dengan virus corona. Dimulai dari pengertian, gejala, dan lain sebagainya. Simak rangkuman di bawah ini mengenai informasi tentang virus corona.

pengertian virus corona Apa itu virus corona

Pengertian virus corona ialah sebuah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Hasil dari infeksi virus ini disebut covid-19. Tidak seperti penyakit pernapasan yang mudah disembuhkan, penyakit akibat infeksi virus ini dapat mengakibatkan kematian. Kebanyakan kasus korban, virus corona lebih rentan menyerang lansia. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa orang dengan usia muda juga terinfeksi virus ini.

Menurut beberapa sumber, virus corona yang disebut dengan covid-19 ini ditemukan pertama kali di kota wuhan, china pada akhir desember 2019 kemarin. Penyebaran virus ini tergolong cepat. Tidak membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan, virus ini sudah menjangkit korban di berbagai negara. Termasuk juga negara kita yaitu indonesia.

Gejala penyakit covid-19

Dilihat dari pengertian virus corona yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyakit ini termasuk penyakit yang berbahaya serta dapat mengakibatkan kematian. Sebelum anda terjangkit penyakit ini, ada baiknya anda mengetahui berbagai gejala penyakit tersebut. Gejala dari penyakit covid-19 ini ialah demam dengan suhu badan tinggi yaitu di atas 38 derajat celsius, batuk, dan sesak napas.

Baca Juga : 10 Wisata Virtual Indonesia, Alternatif Liburan di Masa PSBB

Gejala di atas biasanya muncul ketika sudah 2 hari hingga 2 minggu sejak anda tertular virus mematikan tersebut. Gejala tersebut bisa menjadi parah bahkan ada korban yang mengalami batuk berdahak atau batuk berdarah. Ketika imun tubuh anda cukup kuat dan kesehatan anda tidak sedang menurun, gejala tersebut bisa membaik dan anda tidak menderita penyakit covid-19.

Penyebab covid-19

pengertian Virus Corona

Setelah anda mengetahui pengertian virus corona dan gejala yang ditimbulkan dari penyakit akibat virus tersebut, kini anda perlu mengetahui penyebab dari penyakit covid-19. Selain mengakibatlan penyakit covid-19, virus ini juga bisa mengakibatkan pneumonia, mers, dan sars yang mana itu semua adalah penyakit pernapasan yang parah dan termasuk sulit untuk disembuhkan.

Munculnya virus membawa praduga dari berbagai pihak bahwa virus corona ditularkan dari hewan ke manusia. Kemudian virus ini juga menular dari manusia ke manusia yang lain. Diketahui bahwa seseorang bisa tertular virus ini karena meghirup percikan ludah atau droplet dari penderita dan memegang hidung atau mulut tanpa mencuci tangan setelah menyentuh benda yang terkena droplet dari penderita.

Baca Juga : Pengertian Mudik, Samakah dengan Pulang Kampung?

Dengan penyebab yang sudah dijelaskan, anda bisa mulai melakukan pencegahan. Ada baiknya anda menjaga jarak dengan orang lain, penderita yang sudah terkonfirmasi atau bukan. Karena penyakit ini sangat sulit dideteksi, bahkan oleh tenaga medis ahli sekalipun.

Demikian pengertian virus corona dan beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang virus tersebut. Semoga dengan adannya artikel ini, anda bisa jadi lebih hati-hati dan semakin menjaga kebersihan diri anda dan juga keluarga anda.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close