bisnisumum

Pengertian Workshop : Jenis, Kelebihan, Kekurangan Dan Ciri

Dalam dunia pendidikan, bisnis, kesehatan, industri dan juga hal yang berhubungan dengan ekonomi pasti mengenal kata workshop. Dimana tidak jarang dipakai terutama untuk semua pelaku usaha. Banyak sekali orang yang berkecimpung dalam dunia tersebut, workshop pastinya bukanlah suatu kata yang asing di telinga mereka. Karena bidang pekerjaan ini adalah bidang yang sangat sering mengadakan sekian banyak  acara pekerjaan workshop.

Namun hal ini akan jauh bertolak belakang dengan orang-  orang yang tidak menggeluti bidang tersebut sebelumnya. Kebanyakan orang awam hanya sekedar mendengar kata workshop saja tanpa memahami apa makna dari kata tersebut.Karena itu, berikut ini akan dibahas mengenai pengertian workshop yang sebenarnya seperti penjelasan di bawah ini:

Pengertian Workshop

Workshop, atau disebut dengan istilah lokakarya, berasal dari kata “work” yang dengan kata lain kerja, dan “shop” dengan kata lain toko. Dengan demikian, workshop yaitu tempat berkumpulnya para pribadi yang berkaitan juga berinteraksi satu sama lain dengan memaparkan usulan yang mereka miliki, supaya dapat menyelesaikan sebuah permasalahan yang terjadi.

Kata workshop juga bisa diartikan sebagai lokasi berkumpulnya sebanyak orang yang mempunyai latar belakang yang sama, lalu bertujuan untuk bertukar pikiran tentang suatu persoalan dengan teknik memberi usulan atau pendapat mengenai masalah tersebut.

Pengertian Workshop : Jenis, Kelebihan, Kekurangan Dan Ciri
Pengertian Workshop : Jenis, Kelebihan, Kekurangan Dan Ciri

Baca juga : Sertifikat Tanah

Sedangkan menurut keterangan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, workshop merupakan bertemunya dengan dilaksanakan untuk saling bertukar ilmu pengetahuan dan pengalaman salah satu para peserta yang mempunyai profesi atau kemahiran yang sama. Workshop bermanfaat untuk meningkatkan ilmu pengetahuan atau mendapatkan penyelesaian terbaik atas persoalan tertentu yang terjadi.

Ciri – Ciri Workshop

Berikut ini adalah beberapa ciri workshop yang perlu kamu ketahui:

  • Membahas permasalahan tertentu yang berasal dari peserta workshop itu sendiri.
  • Cara yang digunakan peserta workshop untuk menyelesaikan masalah adalah dengan bermusyawarah dan melakukan penyelidikan sebelumnya.
  • Setiap peserta diwajibkan untuk aktif saat berpartisipasi dalam kegiatan workshop, dengan cara memberi gagasan atau pendapat yang dimiliki, sehingga pada akhirnya mereka bisa berdiskusi dan menentukan solusi terbaik atas permasalahan tersebut.

Tata Pelaksanaan Workshop

Workshop
Workshop
  • Untuk tujuan dilaksanakan kegiatan workshop yang ingin dilakukan
  • Perumusan satu macam masalah pokok yang akan dibahas di workshop
  • Teknis pemecahan masalah yang selalu dikedepankan
  • Pengupasan pada akar permasalahan
  • menjalankan aktivitas diskusi lainnya
  • menentukan pemecahan masalah yang akan diambil

Baca juga : Pengertian Penelitian

Jenis – Jenis Workshop

1. Jenis-Jenis Workshop Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, workshop bisa dibedakan menjadi dua jenis:

Workshop Mengikat

Dimana hasil dari workshop ini bisa mengikat seluruh peserta yang hadir di pada acara tersebut. Contoh dari workshop mengikat adalah standarisasi ISO.

Workshop Tidak Mengikat

Hasil dari workshop ini tidak bisa mengikat seluruh peserta yang hadir di dalamnya. Peserta tidak diwajibkan untuk mengikuti hasil yang diperoleh kelak. Contoh workshop tidak mengikat yaitu workshop mengenai zat kimia yang terkandung dalam asap kendaraan.

Baca juga : Contoh Karya Ilmiah

2. Jenis Workshop Berdasarkan Pada Waktunya

Berdasarkan waktunya, workshop dibagi menjadi dua jenis yaitu:

Workshop Beruntun

Workshop beruntun merupakan jenis workshop yang dilakukan selama periode waktu tertentu. Contohnya dilakukan selama tiga hari berturut – turut.

Workshop Berkala

Workshop berkala merupakan jenis workshop yang dilakukan hanya dalam jangka waktu berkala seperti perminggu atau perbulan.

Kelebihan Workshop

  • Peserta workshop dapat memperoleh informasi atau keterangan teoritis yang mendalam mengenai permasalahan tertentu.
  • Peserta workshop memperoleh berbagai petunjuk praktis dalam melaksanakan tugasnya.
  • Peserta workshop dilatih untuk bersikap dan berpikir secara ilmiah.
  • Peserta workshop dilatih untuk mampu bekerjasama dengan orang lain.

Baca juga : Pengertian Evaluasi

Kekurangan Workshop

  • Membutuhkan persiapan yang relatif lama untuk melakukan sebuah workshop.
  • Memerlukan banyak tenaga dan juga menghabiskan biaya yang cukup besar.
  • Jika workshop dilaksanakan dalam sebuah sekolah, hal ini dapat mengganggu guru dalam kegiatan belajar mengajar siswa.
  • Bisa mengakibatkan perselisihan pendapat  yaitu ada pro dan kontra.

Tujuan Workshop

Tujuan Workshop
Tujuan Workshop

Tujuan dari workshop yaitu untuk memperoleh informasi melalui pengalaman secara langsung dan saling menyampaikan informasi.

Fungsi Workshop

  • Sebagai salah satu wadah dalam membangun kebersamaan , kemitraan , dan kerjasama antar peserta.
  • Media penyampaian masalah yang dihadapi, mendiskusikan dan merumuskan metode strategis, implementasi pemecahan sebuah masalah.
  • Mensosialisasikan sebuah program kerja.

Perbedaan Seminar dan Workshop

Seminar sendiri yaitu suatu pembahasan masalah secara ilmiah, walaupun topik yang dibahas adalah masalah sehari – hari. Sedangkan lokakarya yaitu suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusi yang terbaik.

Baca juga : Branding Era Digital

Manfaat Workshop

susunan Workshop
susunan Workshop

Dalam hal ini pada suatu acara workshop maka akan berkumpul banyak orang yang memiliki minat dan keahlian yang sama pada bidang tertentu,, mereka akan berkumpul untuk bisa mengikuti arahan dari ahli untuk membahas suatu permasalahan.

Dan tentunya workshop ini memiliki rangkaian kegiatan dalam pelaksanaannya,, umumnya rangkaian acara workshop seperti:

  1. Tujuan dilaksanakannya workshop.
  2. Permasalahan yang dibahas.
  3. Prosedur teknis workshop.
  4. Membahas permasalahan yang ada.
  5. Dan menentukan cara untuk memecahkan permasalahan yang akan dibahas.

Contoh Workshop

Adapun beberapa contoh workshop seperti yang dilakukan oleh lembaga pendidikan mengenai akreditasi atau workshop yang dilakukan oleh suatu lembaga usaha tentang cara memilih jenis usaha waralaba yang baik dan menguntungkan dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Contoh Workshop

Tata Pelaksanaan Workshop

Dalam setiap workshop umumnya panitia akan menjalankan acara workshop dengan mengikuti beberapa tahapan seperti berikut ini :

  1. Penjelasan mengenai tujuan pelaksanaan kegiatan workshop yang ingin dicapai.
  2. Perumusan berbagai macam masalah pokok yang di ingin dibahas dalam acara workshop tersebut.
  3. Penentuan prosedur teknis pemecahan masalah yang akan digunakan.
  4. Pengupasan permasalahan oleh beberapa orang pembicara.
  5. Perjalanan aktifitas diskusi.
  6. Menentukan pemecahan masalah yang akan diputuskan.

Susunan Acara Workshop

Berikut ini terdapat beberapa susunan acara workshop, yang terdiri atas:

Sambutan pihak pelaksana kegiatan workshop

Biasanya akan langsung disampaikan oleh ketua pelaksanaan kegiatan workshop. Isinya berupa pelaporan kegiatan workshop dan pelaporan akan berisi latar belakang dari pelaksanaan workshop itu sendiri, garis besar pelaksanaan workshop, dan lain sebagainya.

Pembukaan

Dalam acara ini, umumnya akan akan diikuti dengan upacara pembukaan yang langsung dipimpin oleh ketua pelaksana. Dan juga acara menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama.

Acara inti

Acara ini yaitu acara workshop yang akan langsung dipegang langsung oleh narasumber workshop. Penyampaian materi dengan memaparkan semua materi yang akan dibahas mengenai hal yang paling awal disampaikan. Di dalamnya nanti akan ada pelatihan juga praktik nyata dari materi yang disampaikan. Ada sub bab acara di dalam acara inti seperti, pemaparan tujuan utama tema workshop, pemateri akan menyampaikannya secara lugas, dan penentuan masalah yang baik dijadikan sebagai ajang perkenalan, karena peserta akan diajak untuk berpendapat.

Baca juga : Internet Marketing

Diskusi

Kegiatan diskusi juga masuk dalam acara inti, karena akan ada acara penyuluhan dan tukar pengalaman. Siapa saja pesertanya bisa menanyakan beberapa pertanyaan mengenai hal yang belum dipahami baik itu teori atau juga praktik.

Penutup

Ini adalah acara terakhir dalam kegiatan workshop. Dan akan diambil benang merah dari solusi masalah yang telah diskusikan melalui workshop.Nah, dengan demikian cukup jelas bukan?, mengenai penjelasan workshop singkat beserta lainnya. Semoga menjadi manfaat untuk kamu

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close