Uncategorized

Perkembangan Teknologi Informasi Dunia dari Masa ke Masa

Berkat perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat, saat ini dunia serasa berada dalam genggaman. Betapa tidak, cukup dengan hanya meletakkan smartphone di tangan, informasi apapun yang ada di seluruh penjuru dunia dapat dengan mudah kita akses.

Kita  bahkan dapat melakukan banyak hal, hanya dengan menggerakkan jemari, tidak ubahnya seperti tokoh Thanos dalam film Avengers yang merubah dunia cukup dengan menjentikkan jemari tangan.

Perkembangan teknologi informasi yang kita rasakan sekarang ini sudah barang tentu tidak begitu saja tercipta, melainkan melalui tahap demi tahap serta proses yang panjang dari masa ke masa.

Inilah sejarah perkembangan teknologi informasi dunia setelah melewati perjalanan panjang dari abad ke abad:

Masa Prasejarah (sampai dengan 3.000 SM)

Pada masa prasejarah, istilah teknologi masih belum dikenal dan manusia melakukan komunikasi dengan cara menyampaikannya dalam bentuk gambar pada dinding-dinding gua yang mereka tempati.

Perkembangan teknologi informasi  - Masa Prasejarah
Perkembangan teknologi informasi – Masa Prasejarah

Sistem komunikasi yang mereka lakukan kemudian berkembang dengan memakai bahasa isyarat, lalu menggunakan berbagai macam alat seperti menggunakan asap, menggunakan tanduk yang ditiup sebagai terompet, menggunakan kentongan sampai dengan memanfaatkan simbol-simbol menyerupai huruf  semacam pictograf.

Masa Sejarah (3000 SM – 1.400 M)

Pada masa sejarah, perkembangan teknologi informasi mulai melaju dengan cepat dan menjadi pondasi bagi teknologi yang lahir pada masa modern. Teknologi informasi yang berkembang pada masa ini diawali dengan digunakannya huruf heiroglyph dalam bentuk simbol-simbol oleh bangsa Mesir Kuna pada tahun 2.900 SM.

Perkembangan teknologi informasi - Masa Sejarah
Perkembangan teknologi informasi – Masa Sejarah

Penulisan simbol-simbol yang semula cukup sulit untuk dilakukan karena dituliskan pada kulit kayu, kulit binatang atau lempengan batu, menjadi semakin mudah sejak ditemukannya media kertas dengan memanfaatkan tumbuhan papyrus. Teknologi pembuatan kertas ini selanjutnya disempurnakan oleh bangsa China pada tahun 500 SM.

Masa Modern  91.400 M – Sekarang)

Perkembangan teknologi informasi pada masa modern diawali dengan diketemukannya mesin cetak oleh Jonathan Gutenberg pada tahun 1455. Selanjutnya Augusta Lady Byron pada tahun 1830 berhasil menemukan mesin analytical pengolah data untuk menulis program komputer.

Di tahun 1837 pengiriman pesan jarak jauh menggunakan kode morse diketemukan Samuel Morse setelah sukses mengembangkan mesin telegraf. Berlanjut dengan diciptakannya teknologi gambar bergerak yang menjadi cikal bakal film pada tahun 1861.

Perkembangan teknologi informasi  - Masa Modern
Perkembangan teknologi informasi – Masa Modern

Perkembangan teknologi informasi pada era modern disusul dengan penemuan penulisan bilangan desimal pada tahun 1876 oleh Melvyl Dewey. Kemudian Alexander Graham Bell menemukan perangkat telepon tahun 1877. Ditahun yang sama pula Edward Muybridge menemukan teknologi fotografi berkecepatan tinggi.

Media penyimpanan dengan menggunakan pita magnetis melengkapi perkembangan teknologi informasi di zaman modern yang ditemukan tahun 1899. Ditahun 1923 televisi tabung pertama ditemukan Zvorkyn yang disusul  terciptanya komputer elektronik pada tahun 1939 oleh Dr. John V Atanasoff.

Baca ini juga :

  1. Manfaat teknologi digital

Dalam dunia militer perkembangan teknologi informasi berlangsung dengan ditemukannya teknologi untuk pengiriman dan penerimaan dokumen militer tahun 1940. Pasca Perang Dunia II tepatnya tahun 1945 ditemukan sistem pengkodean memakai hypertext yang menjadi cikal bakal pembuatan website oleh Vannevar Bush.

Perkembangan Teknologi Informasi Dunia

Pengembangan teknologi komputer ENIAC I dalam sebuah instansi dilakukan pada tahun 1946 yang disusul dengan penemuan transistor tahun 1948 dan pengembangan transistor planar tahun 1957 oleh Jean Hoerni.

Baca ini juga :

  1. Aplikasi android terbaru
  2. Aplikasi android musik

Menyempurnakan perkembangan teknologi informasi di masa modern, tahun 1972 Ray Tomlison mengenalkan teknologi email untuk berkomunikasi jarak jauh, dan setelah melalui berbagai tahapan revolusi teknologi, antara tahun 1973 – 1990 internet mulai dikembangkan. Disaat itu pula DARPA menemukan protokol jaringan yaitu TCP/IP.

Selang beberapa tahun kemudian, yakni tahun 1986, sebuah server untuk alat koordinasi dikembangkan oleh IETF, diantaranya ARPANET, DDN dan Internet Gateway. Terakhir,  sepanjang tahun 1991 – sekarang perkembangan teknologi informasi mulai menyentuh berbagai sektor termasuk sektor bisnis dengan diperkenalkannya WWW alias World Wide Web oleh CERN tahun 1992.Perkembangan teknologi informasi yang melaju begitu cepat tersebut tentunya masih akan terus berkembang dengan beragam penemuan yang sebelumnya hanya menjadi impian. Jasa Seo

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close