bisnis

√ Inilah Daftar Perusahaan Keuangan di Indonesia [Lengkap]

Lembaga keuangan merupakan sebuah aktivitas dalam kehidupan sehari-hari untuk melayani jasa bidang keuangan, yaitu sebuah perantara dari pihak yang memiliki dana untuk diberikan kepada pihak yang defisit dana baik sektor rumah tangga, pemerintah dan juga swasta.

Sebutan lain dari lembaga keuangan yaitu sebagai intermediasi, sesuai kapasitasnya  untuk menghimpun dana dari masyarakat secara langsung sehingga dapat terbagi menjadi 2 yaitu lembaga keuangan depository dan lembaga keuangan non deposito.

Lembaga keuangan bisa menghimpun dana secara langsung dari masyarakat dengan bentuk simpanan deposito contohnya yaitu giro. Tabungan dan deposito lembaga yang menawarkan jasa seperti ini merupakan tugas bank.

Berikut ini contoh dari Daftar Perusahaan Keuangan di Indonesia.

1. Perusahaan Dana Pensiun

Perusahaan Dana Pensiun

Pengertian perusahaan dana pensiun adalah perusahaan yang memiliki kegiatan usaha dalam pengelolaan dana pensiun pada sebuah perusahaan.

Dana pensiun didapat dari hasil iuran yang dipotong dari gaji karyawan. Lalu dana yang sudah terkumpul lalu diusahakan melalui investasi ke sektor-sektor yang bisa menguntungkan perusahaan tersebut.

Baca juga : Pinjaman Online

2. Perusahaan Modal Ventura

Perusahaan Modal Ventura

Jenis perusahaan ini merupakan perusahan yang kegiatan utamanya mengandung resiko besar. Dimana kegiatan usahanya sering memberikan  pembiayaan yang berbentuk kredit bermasalah dengan perusahaan lain bidang mengelola kredit perusahaan yang membutuhkan.

Selama berjalanya sistem ini dengan jaminan yang begitu menyulitkan, kemudian menghambat dan memberatkan nasabah untuk mendapatkan modal.

Baca juga : Bank Indonesia

3. Perusahaan Anjak Piutang (factoring)

Perusahaan Anjak Piutang (factoring)

Perusahaan dimana kegiatan usahanya adalah mengambil alih pembayaran kredit suatu perusahaan. Dilakukan pengambilan kredit dengan langkah mengambil kredit yang mempunyai masalah dengan perusahaan lain dan bisa juga mengelola penjualan kredit perusahaan yang membutuhkan.

4. Leasing

Leasing

Leasing adalah suatu kegiatan yang bidang usahanya lebih untuk pembiayaan barang-barang modal yang dibutuhkan nasabah. Contoh ingin membeli motor secara kredit, maka kebutuhan untuk pembiayaannya bisa ditutup oleh perusahaan leasing tersebut.

Baca juga : Pengertian Leasing

5. Perusahaan Asuransi

Perusahaan Asuransi

Pengertian dari perusahaan asuransi adalah sebuah lembaga keuangan yang bergerak dalam usaha pertanggungan. Di setiap nasabah akan dikenakan polis asuransi yang menanggung kerugian atau resiko yang wajib dibayar dan diterimanya.

Dimana besarnya sebuah polis asuransi berdampak terhadap klaim yang akan diperoleh.

Baca juga : Perusahaan Asuransi Terbaik

6. Perusahaan Pegadaian

Perusahaan Pegadaian

Adalah suatu lembaga keuangan sebagai penyedia fasilitas pinjaman dengan jaminan tertentu milik nasabahnya. Seperti, ingin membeli  sebuah mobil  secara kredit, maka kebutuhan ini pembayaranya bisa ditutup oleh perusahaan leasing.

Banyak sekali masyarakat dengan ekonomi kelas menengah kebawah menjadikan pengadaian untuk dijadikan sarana peminjaman uang, namun apakah Anda tahu ada berapa produk yang sering digunakan dalam pengadaian saat ini.

7. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi Simpan Pinjam

Dalam koperasi simpan pinjam kegiatan usaha yang dilakukan hanya mengumpulkan dana dari para anggotanya dan lalu menyalurkan kembali dan tersebut kepada para anggota dan masyarakat umum.

8. Pasar Modal

Pasar Modal

Pengertian Pasar Modal adalah suatu tempat pertemuan dan sebagai tempat melakukan transaksi dia ntara pihak pemilik dana/penanam modal (investor) dengan pencari dana (emiten).

Proses jual beli yang dilakukan di pasar modal berupa jenis efek seperti obligasi dan saham. Diukur dari waktu modal yang diperjual belikan yaitu berupa modal jangka panjang.

9. Pasar Uang

Pasar Uang

Pengertian pasar uang adalah tempat mendapatkan dan investasi dana, hampir mirip seperti pasar modal.

Perbedaannya pada modal yang ditawarkan dimana untuk pasar modal modal yang ditawarkan berjangka waktu panjang dan untuk pasar uang modal modal yang ditawarkan berjangka pendek.

Pasar uang menggunakan media elektronik sebagai media transaksi sehingga kedua belah pihak atau nasabah tidak perlu datang langsung.

10. Bank Umum

Bank Umum

Bank umum adalah bank yang berfungsi dalam memberikan pelayanan mengenai seluruh jasa perbankan dan melayani segenap lapisan masyarakat, baik lembaga-lembaga atau bagi masyarakat perorangan.

11. Bank Sentral

Bank Sentral

Yang menjadi bank  sentral di Indonesia adalah Bank  Indonesia. Pengertian Bank Sentral merupakan bank yang memiliki fungsi sebagai bank sirkulasi, lender of the last resort dan bankers bank pada suatu negara.

Bank Indonesia lebih ditujukan untuk kepentingan pemerintah dan pihak lembaga perbankan. Tujuan utama dari bank sentral adalah untuk memenuhi serta memelihara kestabilan nilai rupiah.

12. BPR (Bank Pengkreditan Rakyat)

BPR (Bank Pengkreditan Rakyat)

BPR atau singkatan dari Bank Pengkreditan Rakyat adalah sebuah lembaga keuangan yang hanya bisa menerima simpanan  berupa deposito berjangka,  tabungan atau bentuk  lainnya yang disamakan sebagai usaha BPR.

Dikarenakan memang lokasi dari BPR lebih dekat dengan masyarakat  sehingga status BPR sendiri diberikan kepada Bank Desa, Bank Pasar, Lembaga Pengkreditan Desa, Badan Kredit Kecamatan dan lain sebagainya.

Baca juga : Pengertian Devisa

Demikian contoh dari Daftar Perusahaan Keuangan di Indonesia, semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close