umum

Daftar Tingkat Posisi Pangkat Di Perusahaan BUMN

Banyak perusahaan menggunakan berbagai metode untuk mengembangkan karier profesional seseorang yang bekerja bersama mereka, bahkan menentukan status karyawan dalam hal posisi, pangkat dan kelompok. Hirarki ini terjadi di semua organisasi, baik organisasi bisnis maupun organisasi sosial. Dalam organisasi non-komersial, ada istilah presiden, wakil presiden, bendahara dan lainnya. Sedangkan dalam organisasi bisnis ada istilah pribadi dan non-pribadi.

Berbagai istilah ketenagakerjaan tergantung pada bagaimana organisasi membuat definisi. Posisi, pangkat dan kelompok dalam struktur kerja menunjukkan cerminan perkembangan karier profesionalnya. Semakin tinggi posisi Anda, semakin kuatlah KAPASITAS Anda, serta peringkat atau kelas tertinggi yang Anda miliki, yang menjadi ciri tingkat karier Anda di perusahaan.

Tingkat Posisi Pangkat Di Perusahaan BUMN

KAPASITAS: potensinya terkait dengan pekerjaan, hubungan pribadi dan manajemen diri

Pangkat Perusahaan BUMN
Pangkat Perusahaan BUMN ilustrasi gambar Merdeka.com

KAPASITAS: kemampuan Anda dalam pekerjaan dilihat dari KINERJA

Daftar Tingkat posiisi pangkat di perusahaan BUMN atau bisa juga secara umum di perusahaan-perusahaan

Baca juga : Daftar Pangkat Polisi

Pada tiap-tiap perusahaan tentunya mempunyai cara untuk mendefinisikan lintasan profesional karyawannya. Istilah yang paling banyak digunakan adalah posisi, pangkat dan kelas. POSISI adalah fungsi kerja yang melekat pada setiap individu, sedangkan pangkat adalah fungsi struktur organisasi seseorang dan golongan adalah perangkat yang tentunya berkaitan pada masa kerja seseorang.

Posisi Pangkat BUMN
Posisi Pangkat BUMN ilustrasi gambar liputan6.com

Jabatan

Posisi dalam hierarki organisasi perusahaan dapat dibagi ke dalam kategori yang umum digunakan, yaitu: Staf, SPV, Manajer, General Manager, Direktur dan Komisaris.

  • STAFF
  • SUPERVISOR
  • MANAGER
  • GENERAL MANAGER

Pangkat

Ini adalah beberapa kategori Output dalam Struktur Organisasi Bisnis Umum:

1. Pangkat pada posisi STAFF

  • Junior staff
  • staf
  • Senior staff

2. Pangkat pada posisi SUPERVISOR

  • Junior SPV
  • SPV
  • Supervisor Senior

3. Pangkat di posisi MANAGER

  • Junior Manajer
  • Manajer
  • Senior Manajer

4. Klasifikasi di posisi GENERAL MANAGER

  • Deputi GM
  • GM
  • GM senior

5. Beri peringkat pada posisi DIREKTUR

  • Deputy Direktur
  • Direktur
  • Deputy Direktur Utama (vicw Presiden)
  • Direktur Utama (president director – CEO)

Pada organisasi baru dengan jumlah Tenaga Kerja yang relatif kecil, Posisi dapat mencerminkan Pangkat. Ini berarti bahwa tidak ada perbedaan rentang antara posisi yang sama. Karena struktur organisasi masih sederhana dan kecil. Dan seiring pertumbuhan organisasi, jangkauan akan diperbarui sesuai kebutuhan.

Golongan

Golongan merupakan deskripsi dalam bentuk NUMBER dan / atau HURUF yang dilampirkan pada posisi seseorang. Misalnya, kasir akan diberikan grup 1A, sedangkan kasir senior akan diberikan grup 1B. Deskripsi grup ini juga tergantung pada tingkat KOMPLEKSITAS organisasi perusahaan. Ada perusahaan yang memberikan peringkat (Rating) dalam bentuk angka dari 1 hingga 25 atau dalam bentuk huruf A sampai M atau kombinasi keduanya dari 1A hingga 5D.

Baca juga : Pangkat TNI indonesia

Seperti halnya Pangkat dan Pangkat, yang sebelumnya ditinjau, kelompok juga menjadi cerminan karier seseorang. Dua orang dengan posisi yang sama, yaitu Direktur dan Asisten Direktur peringkat, dapat memiliki kelompok yang berbeda, dibedakan dari Angka dan / atau Surat.

Daftar Tingkat Posisi Pangkat Di Perusahaan BUMN
Daftar Tingkat Posisi Pangkat Di Perusahaan BUMN

Distribusi jumlah kelompok dalam Posisi dan Peringkat akan semakin terlihat dari model Struktur Organisasi perusahaan.

Pangkat dan kelompok/golongan adalah cara bagi perusahaan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas sumber daya manusia perusahaan tidak hanya tercermin dalam Kompensasi dan Manfaat yang mereka berikan, tetapi juga dalam Struktur organisasi yang digunakan.

Posisi/jabatan, pangkat dan kelompok di tingkat direktur dan komisaris adalah puncak dari pencapaian dalam karir profesional. Nilai ekonomisnya dalam posisi ini sudah sangat tinggi, bahkan tanpa kisaran gaji tertentu.

Semua dilihat dari kinerja dan pengalaman yang dimiliki.

Posisi ini sangat strategis dan merupakan puncak karier profesional seseorang. Tingkat Direksi yang memuat Direktur, Direktur Wakil Presiden dan Direktur Administratif tidak bekerja sendiri, sehingga ada posisi Komisaris sebagai Penasihatnya. Ketika struktur posisi Komisaris sama, bisa sebagai Komisaris, Presiden Komisaris atau Komisaris Independen.

Baca juga : Daftar Pangkat PNS

Jabatan, pangkat dan kelas adalah cerminan dari lintasan profesional bagi Anda yang memilih profesi sebagai karyawan (karyawan). Dimulai dengan tingkat staf lapangan yang lebih rendah dan berakhir di tingkat tertinggi sebagai direktur bukanlah kisah yang kosong. Ada banyak contoh orang yang telah berhasil mengikuti jalur profesional mereka sejak awal pekerjaan mereka dan berakhir di posisi strategis.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close