Protokol Kesehatan Covid-19 Wajib di Ketahui

Protokol Kesehatan Covid-19 tentu menjadi hal yang penting bagi kita semua ketika dunia mulai bersiap untuk masuk ke kehidupan normal yang baru atau disebut dengan New Normal. Demi untuk tetap bisa menjalankan kehidupan dan roda ekonomi tetapi tetap harus memutus dan menghindari penyebaran virus corona ini, tentunya tata cara hidup yang benar wajib untuk diketahui.

Baca Juga : 8 Tren Makanan Terlezat Indonesia Yang Booming Saat Ini

Protokol Kesehatan Covid-19 merupakan aturan yang sudah disusun oleh pemerintah. Peraturan ini bukan hal yang baru, melainkan sudah disusun sejak terjadinya kasus pertama Corona yang ada di Indonesia. Protokol ini harus mulai diketahui, disadari, dilakukan dan disebarkan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Berikut Protokol Kesehatan Covid-19 harus dilakukan

Saat Merasa Tubuh Tidak Sehat

Protokol Kesehatan Covid-19

Protokol Kesehatan Covid-19 bisa dilakukan mandiri secara pribadi mulai dari kapanpun. Misalnya contoh yang pertama adalah ketika tubuh terasa sedang tidak enak badan, demam, batuk,  pilek ataupun merasa sesak napas hingga tenggorokan terasa gatal atau sakit.

Pertama yang dilakukan adalah istirahat dirumah terlebih dahulu. Namun, jika tubuh tidak segera membaik maka penderita dihimbau untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan. Ketika pergi ke fasyankes juga harus memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19 seperti menggunakan masker, etika batuk/bersin dijaga dan sebaiknya hindari menggunakan transportasi umum.

Badan Terasa Sehat tetapi Melakukan perjalanan Dari luar Daerah

Protokol Kesehatan Covid-19

Badan sehat memang sering disepelekan bahkan dianggap jika tidak perlu melakukan Protokol Kesehatan Covid-19. Padahal sebenarnya apabila seseorang merasa sehat tetapi memiliki riwayat 14 hari yang lalu ke tempat dengan tranmisi lokal covid-19 maka harus melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

Dan apabila tidak pernah bepergian tetapi merasa melakukan kontak secara langsung pada orang yagn sudah terkonfirmasi positif corona, Protokol Kesehatan Covid-19 adalah juga dengan melakukan karantina mandiri.

Karantina mandiri ini juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Harus melakukan berbagai protokol misalnya seperti harus tetap menggunakan masker selama dirumah dan bertemu dengan kerabat lain dirumah, menggunakan peralatan makan terpisahkan dari anggota keluarga lain, alat mandi yang juga dipisah dari keluarga lain dan tempat tidur yang terpisah dari keluarga yang lain.

Dinyatakan sebagai ODP

Protokol Kesehatan Covid-19

ODP atau Orang Dalam Pemantauan adalah orang yang memiliki gejala panas atau gangguan saluran pernapasan yang ringan. Selain itu, ODP juga memiliki riwayat pernah mengunjungi ataupun tinggal di daerah yang rawan akan penularan virus covid-19 ini.

Protokol Kesehatan Covid-19 untuk ODP biasanya diminta untuk mengisolasi sendiri secara mandiri ataupun dikarantina tergantung bagaimana diagnosa kesehatannya. Ketika melakukan isolasi mandiri maka yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengkarantina secara mandiri dirumah.

Protokol kesehatan itu antara lainnya adalah tidak berkumpul terlebih dahulu dengan keluarga yang ada dirumah. Tidak makan secara bersamaan, di jam yang sama dan tempat yang sama dengan keluarga lain yang sedang makan. Alat yang digunakan juga harus terpisah, hal ini mengurangi resiko penularan dari covid-19 ini.

Baca Juga : 8 Cara Covid 19 Tidak Menular Di Kantor Yang Wajib Diketahui

Apabila ODP merasa kondisi tubuhnya tidak lekas membaik untuk segera memeriksakan dirinya ke rumah sakit. Ataupun ketika ada gejala lain sebagai peserta yang mulai dirasakan semakin parah untuk segera membawa dirinya ke rumah sakit.

Ditempat Belanja / pasar

Protokol Kesehatan Covid-19
Pedagang menggunakan penutup muka melayani pembeli di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (1/5/2002). Kemendag menyiapkan pedoman bagi penyelenggara kegiatan perdagangan untuk diterapkan saat berlangsungnya new normal, para pedagang di pasar rakyat diwajibkan nenggunakan masker, face shield, dan sarung tangan selama beraktivitas. SP/Joanito De Saojoao.

Selama pandemic corona ini tentu kita membutuhkan berbagai macam kebutuhan yang membuat kita harus pergi ke pasar ataupun tempat perbelanjaan lainnya dimana pasti akan bersinggungan dengan orang banyak. Protokol Kesehatan Covid-19 nya adalah dengan melakukan screening ketika akan masuk ke dalam gedung/ lokasi, menggunakan masker 3 lapis, selalu cuci tangan dan hindari kerumunan ataupun bersenggolan dengan orang lain.