Kesehatan

Protokol Kesehatan Ibu Hamil Yang Wajib DiKetahui

Protokol kesehatan ibu hamil kini cukup diperketat dimasa pandemic Covid – 19. Ibu hamil memiliki resiko cukup besar jika tertular dengan virus covid – 19 karena akan berpengaruh juga terhadap kesehatan janin yang dikandungnya.

Baca Juga : 5 Pemain Sepak Bola Terkaya Ini Mengejutkan Anda

Mungkin memang sampai dengan saat ini tidak ada bukti dan juga riset yang menjelaskan apakah anak di kandungan dapat tertular dari ibunya. Sejak wabah, virus tidak erdeteksi pada ASI. Namun untuk mengantisipasi hal tersebut tetap saja perlu adanya protokol kesehatan ibu hamil diantaranya adalah sebagai berikut :

Fasilitas yang Terpisah Dengan Pasien Umum

Jika akan melakukan cek ke rumah sakit ibu hamil juga perlu menghindari virus Covid – 19 dengan mendapatkan fasilitas terpisah dari pasien suspek atau terkonfirmasi Covid-19. Hal yang tak kalah pentingnya adalah bagi ibu hamil harus melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari infeksi virus corona baru.

Dengan adanya fasilitas yang menyediakan ruangan khusus cek bagi ibu hamil tentunya juga akan memberikan kenyamanan bagi ibu hamil tersebut agar tidak merasa khawatir saat akan melakukan pengecekan.

Namun akan lebih baik, jikalau pada saat seperti ini ibu hamil melakukan pengecekan di rumah sakit ataupun dokter kandungan khusus yang membuka praktek sendiri atau bisa juga dengan mendatangkan dokter ke rumah agar ibu hamil juga tidak perlu ke rumah sakit.

Mencuci Tangan

Protokol kesehatan ibu hamil juga tetap menerapkan protocol kesehatan yang umum ini dengan sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir dengan waktu minimal 20 detik. Jika tidak ada wastafel pencuci tangan ataupun dalam kondisi yang urgent maka sebaiknya tetap gunakanlah cairan pembersih tangan (minimal 60% alkohol), bila sabun

dan air mengalir tidak tersedia.

Etika dan Tata Cara Dalam Batuk

Ketika batuk dan bersin bagi ibu hamil juga tetap menerapkan etika dalam protokol kesehatan ibu hamil  yaitu dengan tutup mulut dan hidung dengan siku terlipat saat batuk atau bersin atau gunakan tisu, yang langsung dibuang ke tempat sampah setelah

digunakan. Setekah itu lakukan lagi cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau cairan pembersih tangan

Menerapkan Social Distancing

protokol kesehatan ibu hamil

Saat berada di rumah sakit atau di luar bagi ibu hamil juga sanat penting dalam menjaga jarak sngat minimal 1 meter. Hal ini juga sangat berlaku bagi siapapun, namun bagai ibu hamil sangat penting memperhatikan hal ini agar tetap melindungi bayi yang dikandungnya terhindar dari virus covid – 19

Menerapkan Hidup Bersih

protokol kesehatan ibu hamil

Pada masa pandemi yang terdapat banyak virus dimana – mana, kita tidak pernah tau apa saja yang sudah kita sentuh itu beresiko terdapat virus atau tidak di dalamnya. Maka dari itu sangat penting untuk menerapkan hidup bersih denga tidak menyentuh wajah karena mulut, hidung dan mata adalah pintu masuk virus, karena tangan kita belum tentu dalam keadaan bersih.

Baca Juga : Tips Membakar Kalori dengan Tidur Dapat Kecilkan Lingkar Pinggang

Maka dari itu juga pemerintah menganjurkan untuk menghindari bersalaman dan sebagai penggantinya adalah dengan melambaikan tangan, bersalaman dengan menggunakan siku atau dengan memberikan senyuman.

Menjaga Asupan Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuhnya, karena dalam tubuhnya juga terdapat janin yang juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Bagi ibu yang sedang hamil tidak hanya harus menerapkan protokol kesehatan ibu hamil namun juga harus terus makanbergizi, cukup minum dan selalu berkonsultasi dengan dokter atau bidan dalam hal makanan yang perlu dikonsumsi.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close