OlahragaKesehatan

Ragam Trend Sepeda Era Milenial Yang Patut Diketahui

Trend sepeda

Novriadi.com – Trend sepeda di era milenial menjadi banyak peminat belakangan ini, setiap orang tentu memiliki ragam kegiatan olahraga yang menurutnya asyik, sehat dan juga menyenangkan. Bersepeda salah satunya, olahraga satu ini saat ini bisa dibilang sedang naik daun dikalangan banyak orang. Tidak hanya lansia saja namun juga bagi anak mudah zaman now.

Bersepeda tidak hanya sekedar untuk menyehatkan badan saja, sekarang ini bersepeda juga sudah menjadi gaya hidup masa kini. Sudah banyak komunitas pecinta sepeda dengan beragam jenisnya. Selain menjadi ajang berkumpul dan hangout barang, bersepeda juga bisa menghilangkan rasa jenuh dan stress selama kamu beraktivitas seharian.

Tidak banyak yang tahu mengenai sejarah sepeda dan apa saja hal menarik mengenai kegiatan bersepeda. Simak ulasan kerennya berikut ini

Sejarah Asal Muasal Trend Sepeda

Sepeda

Sepeda yang saat ini sering kita gunakan berawal ditemukan oleh seorang yang bernama Baron Karl Drais von Sauerbronn atau yang dikenal dengan sebutan nama Karl Drais. Karl Drais yang lahir pada tanggal 29 April 1785 di Karlsruhe, Jerman. Pada saat itu Karl bekerja sebagai seorang pengawas hutan, yang mana zamannya kegiatan untuk melakukan tugasnya begitu berat dan membutuhkan media kerja yang lebih fleksibel dan bisa dibawa kemana – mana.

Dari situlah awal mula Karl mencetus untuk membuat satu media yang mampu menunjang aktivitasnya di dalam hutan. Dengan ide yang dimilikinya ia mampu membentuk beberapa besi menjadi sebuah transportasi yang bernama sepeda. Dimana bentuk awal dari sepeda yang diciptakan oleh Karl Drais ini yaitu berbentuk sepeda beroda tiga tanpa terpasang pedal.

Baca juga: 8 olahraga di rumah agar tetap bugar

Dengan hasil karyanya ini Karl Drais memulai perjalanan pertamanya pada 12 Juni 1817, dimulai dari kota Manheim ke kota Schwetzinger Relaishaus, lalu ia melakukan perjalanan berikutnya dari kota Gernsbach ke kota Baden. Mulai dari sanalah penemuan Karl banyak dan trend sepeda dikenal publik, karena keunikan dan juga kegunaannya yang menarik di zamannya membuat karya Karl mulai diproduksi secara massal dan dipasarkan di wilayah Eropa.

Sejarah Trend Sepeda Di Indonesia

Sejarah sepeda di Indonesia sendiri dimulai pada masa kolonial Belanda. Orang – orang Belanda membawa sepeda buatan Eropa sebagai alat transportasi saat melakukan penjajahannya di Indonesia. Namun sayang pada zaman Belanda hanya orang tertentu saja yang bisa menggunakan moda transportasi ini.

Dahulu sepeda disebut dengan istilah Jengki atau Yankee. Istilah ini dibawah oleh bangsa Amerika pada tahun 1960an. Di Indonesia sendiri saat pemerintahan Soekarno semua sepeda yang diproduksi oleh negara Eropa dan Amerika dilarang diperjualbelikan di tanah air. Namun tidak dengan sepeda buatan dari Cina.

Pada saat itu sepeda buatan Cina mulai merambah di Indonesia dan dikenal dengan sepeda sepeda antik, sebutan lain dari sepeda ini yaitu sepeda kumbang dan sepeda sundung. Sebagai alat transportasi rakyat yang mudah, cepat dan terjangkau kala itu.

Dengan perkembangan maka mulailah muncul sepeda-sepeda modern yang dimulai pada tahun 1980-an di Indonesia seperti contoh sepeda gunung (Mountain Bike), sepeda perkotaan (Road Bike), sepeda anak dan sepeda lipat (Folding bike). Dimana Mountain bike merupakan sepeda modern yang banyak diminati masyarakat Indonesia sampai saat ini. Sepeda ini pertama kali diperkenalkan oleh Joe Breeze yaitu seorang perancang khusus sepeda dari Amerika.

Dari sanalah sepeda mulai merambah tidak hanya sebagai kebutuhan moda transportasi namun juga menjadi gaya hidup saat ini. Ditambah lagi dengan jenis sepeda saat ini menarik dan memiliki manfaat. Hal tersebut yang menjadi trend sepeda di era milenial seperti saat ini menjadi cukup meningkat.

Jenis Trend Sepeda

Untuk mengetahui apa saja trend sepeda di era milenial saat ini, kamu bisa meninjau dari penjelasan dan contoh berikut ini.

Sepeda Dengan Fungsi Khusus

Jenis sepeda ini umumnya hanya digunakan untuk kegiatan olahraga bersepeda saja. Dimana fungsinya memiliki fungsi berbeda dari sepeda harian yang umum digunakan banyak orang. Untuk tahu apa saja jenisnya berikut simak contoh yang bisa kamu kenal.

1. Sepeda BMX

 Sepeda BMX

Untuk kamu yang pernah melihat acara olahraga ekstrim, maka, sepeda ini akan menjadi media yang digunakan. Karena sepeda ini memang dirancang untuk menunjukkan kemampuan atraksi dalam rintangan ekstrim dan bisa bermanuver secara menarik. Umumnya jenis sepeda ini terbilang sepeda dengan aktivitas menantang.

2. Sepeda Gunung atau MTB

Sepeda Gunung

Jenis sepeda ini memang yang terbilang paling popular di Indonesia. Jenis sepeda ini dapat digunakan untuk melewati berbagai macam jalan, baik jalan berlubang dan jalanan berlumpur. Sepeda yang dilengkapi suspensi empuk sehingga akan sangat nyaman digunakan melewati jalanan yang tidak merata. Ukuran ban biasanya cukup besar dan dilengkapi dengan ulir ban yang bergerigi, tujuannya agar pengendara dapat menyeimbangkan sepeda ketika berada di jalanan dengan daya cengkeram yang lebih kuat.

3. Sepeda Balap

 Sepeda Balap

Jenis sepeda satu ini, memiliki desain yang dirancang untuk mengikuti balapan. Dimana sepeda ini menjadi salah satu jenis sepeda yang memiliki harga cukup tinggi. Hal ini karena dari segi inovasi dan jenis bahan yang digunakan sangat tangguh. Bahan yang digunakan pada sepeda ini menggunakan bahan yang sangat ringan dan hampir seluruh spare part memiliki kombinasi serat karbon dan aluminium handal.

4. Sepeda Tandem

Sepeda Tandem

Dilihat dari namanya jenis sepeda satu ini cukup unik, karena dalam satu rangka sepeda memiliki 2 pasang pedal juga dua kursi utama. Bahkan beberapa sepeda tandem memiliki sampai 3 kursi dan 3 pasang pedal. Hal ini bertujuan semakin banyaknya pedal pada sepeda, maka dapat menghemat banyak energi. Contoh sepeda yang biasanya ditemui di tempat hiburan keluarga.

Sepeda Sehari – hari

Berbeda dengan sepeda yang digunakan sehari – hari oleh banyak orang. Ada beberapa jenis yang bisa digunakan sebagai moda transportasi atau sekedar berolahraga ringan.

1. City Bike

Seperti namanya, sepeda ini biasanya dapat kamu jumpai di perkotaan yang memang memiliki moda transportasi sepeda. Ciri khas sepeda jenis ini yaitu memiliki keranjang di bagian depannya. Dan umumnya dipakai oleh wanita. Desainnya yang cantik dan desain rangka yang rendah, sehingga memudahkan para wanita menggunakan rok untuk menaikinya. Jenis sepeda ini bisa ditemui di kota di Eropa, Amerika dan Jepang. Di pada bagian belakang, terdapat jok sepeda tambahan yang berfungsi untuk membonceng.

2. Touring Bike and Commuter Bike

sepeda touring

Jenis sepeda ini umum digunakan untuk berkendara jarak jauh. Namun dapat juga digunakan untuk berkeliling dengan jarak dekat. Dilengkapi dengan lampu penerangan yang  berfungsi untuk berkendara di malam hari. Rangka sepeda yang sangat kuat dan mampu menahan beban berat. Sepeda yang sangat praktis dan memiliki fitur keamanan handal.

3. Sepeda Lipat atau Seli

Sepeda Lipat

Berikutnya trend sepeda di era milenial lain yaitu jenis sepeda Brompton adalah jenis sepeda lipat. Sepeda yang memang dirancang agar penggunanya dapat lebih mudah dalam membawanya kemana – mana. Dengan membawa sepeda ini karena biasanya ditujukan untuk orang yang cukup memiliki mobilitas tinggi. Dimana dengan menggunakan alat transportasi umum seperti KRL atau bus. Sehingga sepeda ini akan sangat hemat tempat saat didalam angkutan umum dan juga praktis.

4. Fixie Bike

Sepeda fixie

Sebutan fixie diambil dari kata fixed. Karena pada sepeda ini digunakan jenis gear sepeda yang berbeda dari sepeda pada umumnya. Jika pada sepeda biasa, kamu akan tetap melaju kencang jika pedal sepeda dibiarkan diam, untuk di sepeda ini, pedal akan tetap berputar mengikuti putaran sepeda. Dan di sepeda ini tidak terdapat rem tangan, cukup saat mengerem, tahan putaran pedanya, maka sepeda akan berhenti.

Untuk manfaat dari bersepeda tentunya kamu sudah mengetahuinya, bukan?. Trend sepeda akan menjadi hal menarik selain dilihat dari segi manfaat. Semoga ulasan mengenai trend sepeda di era milenial menjadi manfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close